Menurut banyak orang, rambut kering dan ikal lebih susah diatur dibandingkan rambut lurus. Sebab rambut ikal cenderung memiliki kondisi lebih kering dan rapuh. Tidak heran jika pemilik rambut ikal cenderung terlihat berantakan dan banyak mengalami masalah rambut seperti rambut rontok.

Namun sebenarnya rambut kering dan ikal bisa diatur asalkan kita melakukan perawatan rambut yang tepat. Hal ini tentunya akan menjadikan rambut ikal milikmu terlihat lebih cantik alami. Oleh karena itu, simaklah perawatan rambut kering dan ikal dari parasayu berikut ini:

  1. Menggunakan shampoo bebas kandungan sulfat

Shampoo dengan kandungan sulfat akan mengikis minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kusut dan cenderung mudah rontok. Sehingga shampoo ini tidak cocok untuk rambut kering dan ikal. Sebaiknya pemilik rambut kering dan ikal menggunakan shampoo bebas kandungan sulfat. Biasanya terdapat tulisan ”sulfate free” pada sediaan shampoo bebas sulfat. Namun alangkah lebih baiknya jika kamu hanya berkeramas dengan menggunakan air saja. Pasalnya air juga cukup membersihkan kotoran.

  1. Menggunakan kondisioner rambut yang bebas silicon

Penggunaan kondisioner setelah keramas memang mengembalikan kelembutan dan kelembaban rambut. Akan tetapi kondisioner yang mengandung silicon akan meninggalkan residu. Lama kelamaan residu ini akan menumpuk dan menyebabkan rambut menjadi kering dan juga kusam. Sebaiknya kamu menggunakan kondisioner rambut yang bebas silicon.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan
  1. Merapikan rambut

Kamu juga bisa merapikan ujung rambut yang pecah-pecah dan rusak agar tampak lebih sehat. Singkirkan rambut rusak akibat salah menggunakan produk perawatan rambut sebelumnya. Rapikan rambut dengan sisir dengan tingkat kerapatan yang rendah.

  1. Jangan sering berkeramas

Terlalu sering berkeramas pada rambut kering dan ikal hanya membuat rambut menjadi bertambah kering. Jadi sebaiknya batasi frekuensi berkeramas. Cukup berkeramas 1-2 kali seminggu. Jika tidak bisa, kamu hanya membersihkan kulit kepala saja menggunakan shampoo kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa selalu gunakan kondisioner sehabis keramas.

  1. Jangan disisir

Rambut kering dan ikal jika disisir akan membuatnya mengembang dan terlihat susah diatur. Kamu bisa menyisir rambut menggunakan jari tangan atau sisir bergigi jarang. Bisa juga kamu melakukan penyisiran rambut saat rambut berkondisioner lalu setelahnya kamu bisa membilasnya. Selanjutnya tunggu rambut mongering secara alami tanpa bantuan alat pengering rambut/hair dryer. Boleh juga kamu sisir, asal sisirnya tidak terlalu rapat.

  1. Hindari menggunakan hair dryer

Penggunaan hair dryer merusak rambut ikal. Pasalnya hembusan angin dari hair dryer membuat tekstur ikal menjadi buyar dan mengembang berantakan. Kamu bisa menyiasatinya dengan menambah diffuser (corong) pada mulut hair dyer. Agar hembusan angin berhembus lembut pada rambut ikal dan teksturnya tidak rusak.

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe Lengkap Dengan Caranya

Baca Juga : Beberapa Obat Alami Perawatan Rambut Rontok dan Cara Pemakaiannya
  1. Jangan terlalu sering melakukan catok atau blow

Rambut ikal dan kering boleh sesekali dilakukan catok atau blow. Namun jika terlalu sering (setiap kali habis keramas) yang ada rambut menjadi lebih kering dan rusak. Lama-kelamaan bentuk rambut ikal berubah karena terlalu sering ditarik. Bentuknya menjadi tidak ikal, tidak bergelombang maupun lurus sehingga malah terlihat sangat berantakan.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut kering dan ikal yang bisa kamu lakukan sendiri. Usahakan untuk selalu menambah vitamin rambuh, entah itu dengan bahan yang kamu dapat dari apotek atau bisa juga dari bahan alami seperti menggunakan lidah buaya dan lainya.