Hai bunda, selamat ya atas kelahiran bayi tercintanya. Sekarang si kecil sedang dalam masa menyusu ya, pasti menyenangkan. Bisa dibilang sekarang ini adalah moment paling bahagia buat keluarga bunda. Tapi bunda, perlu bunda tahu saat kita sedang dalam masa menyusui, biasanya kita mudah sekali mengalami masalah rambut rontok.

Rambut rontok pada ibu menyusui adalah hal wajar. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormone secara dratis pada ibu menyusui pasca melahirkan. Bunda dulu mengandung, sekarang telah melahirkan, wajar kan kalau hormone berubah. Tapi tenang saja, masalah rambut rontok pasca melahirkan tidak akan mengakibatkan kebotakan. Malah akan kembali normal pada 6 sampai 12 bulan berikutnya.

Perawatan Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui

Akan tetapi biarpun tidak akan mengakibatkan kebotakan. Tentunya membuat ibu merasa terganggu. Oleh karena itu ada baiknya ibu mulai memperhatikan dan melakukan perawatan rambut rontok. Perawatan rambut rontok pada ibu menyusui yang tepat adalah sebagai berikut:

  1. Memotong rambut menjadi lebih pendek

Memotong rambut bisa menjadi cara untuk mengatasi rambut rontok. Ibu dengan potongan rambut yang baru akan memberikan tampilan ibu menjadi lebih fresh. Lagipula akan lebih mudah dalam menata rambut dan tidak kerepotan saat merawat bayi yang baru lahir.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan

Baca Juga : Lakukan 5 Perawatan Tubuh Wanita Hamil Ini Agar Penampilan Tetap Terlihat Cantik dan Menarik
  1. Mengkonsumsi daging merah dan kacang-kacangan

Disarankan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi daging merah yang tinggi dengan vitamin B12, zat besi dan asam lemak essesial. Kandungan tersebut bagus untuk pertumbuhan rambut dan nutrisi untuk ASI buah hati. Sedangkan kacang-kacangan mengandung zat besi yang juga bagus untuk mengatasi rambut rontok agar tidak parah.

  1. Menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai

Ibu juga bisa menggunakan produk perawatan rambut untuk mengatasi kerontokan rambut yang cukup parah. Ada baiknya ibu menggunakan produk shampoo dan kondisioner yang bebas bahan kimia dan aman digunakan untuk ibu hamil/menyusui.

  1. Mengkurangi tingkat kestressan

Biasanya ibu pasca melahirkan akan mengalami stress karena perubahan status mereka (baby blues syndrome). Stress yang berlebihan akan menyebabkan rambut rontok lebih parah. Sebaiknya ibu mengkurangi tingkat kestressan yang ada. Ibu bisa mencoba untuk lebi rileks dalam menjalani peran sebagai ibu baru bagi buah hati.

  1. Memperlakukan rambut dengan lembut

Memperlakukan rambut dengan lembut dapat mengurangi tingkat kerontokan rambut. Perlakukan rambut dengan lembut misalnya mengaplikasikan gaya rambut tanpa tekanan. Ibu harus mengurangi mengepang, menguncir, mengikat kuda dengan terlalu kencang. Sebaiknya ibu menguncir rambut dengan tidak terlalu kencang agar rambut tidak mudah rontok. Pastikan ibu menyisir dengan lembut terutama saat rambut masih basah. Rambut basah cenderung mudah rapuh sehingga mudah rontok.

  1. Mengurangi pemakaian pengering (hair dryer) dan pelurus rambut (catok)

Agar rambut ibu terhindari dari kerusakan yang parah, maka ibu harus mengurang pemakaian hair dyer dan catok. Jika rambut ibu masih basah, ibu bisa mengeringkan dengan menggunakan handuk lembut. Ibu bisa menepuk-nepuk rambut ibu dengan pelan hingga rambut ibu kering.

Baca Juga : 4 Jenis Minyak Perawatan Rambut Rontok Dan Kering

Baca Juga : 8 Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Dengan Bahan Alami
  1. Mewarnai rambut

Mewarnai rambut bisa menjadi cara untuk mengatasi kerontokan rambut. Tampilan rambut yang berwarna akan menutupi berkurangnya rambut akibat kerontokan. Lagipula tampilan rambut yang berbeda akan memberikan kesan lebih cantik. Serta meningkatkan mood ibu sehabis melahirkan dan saat menyusui.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut rontok pada ibu menyusui. Yang pasti bunda harus rajin membersihkan rambut, sesekali berilah rambut vitamin. Bisa membeli di apotek, bisa pula menggunakan produk alami seperti lidah buaya.