Rambut merupakan mahkota bagi wanita, rambut yang sehat membuat kita menjadi lebih percaya diri dan menambah cantik penampilan kita. Namun bagaimana rambut kita jika mengalami kerusakan? Rambut kering merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada rambut kita. Banyak sebab yang menjadikan rambut kita menjadi kering, seperti sering melakukan smootihing, meluruskan rambut dengan bahan kimia, sering menggunakan hair dryer dan masih banyak lagi. Melakukan perawatan rambut kering dengan bahan alami dapat menjadi solusi bagi kita untuk memulihkan rambut yang rusak.

Perawatan Rambut Kering Dengan Bahan Alami

Banyak cara untuk melakukan perawatan rambut, dari cara modern sampai dengan cara tradisonal  kita bisa melakukan perawatan rambut yang dapat menjadikan rambut kita sehat dan kuat. Namun pada pembahasan kali ini kitta akan memberikan beberapa cara melakukan perawatan rambut kering dengan bahan alami yang dapat kamu coba dirumah. Untuk lebih lanjutnya simak dibawah ini ya.

  1. Menggunakan Alpukat

Buah alpukat sering kita konsumsi menjadi minuman yang menyegarkan, namun dibalik itu alpukat juga baik lho untuk membuat rambut kita menjadi lembab. Caranya cukup mudah yaitu alpukat dijadikan masker rambut, untuk pembuatan masker rambut dari alpukat juga sangat mudah sekali. Pertama-tama siapakan buah alpukat secukupnya, kemudian belah alapukat tersebut, lalu ambil daging buah alpukat tersebut, haluskan buah alpukat tersebut, setelah itu oleskan buah alpukat tersebut pada bagian rambut dan kulit kepala, diamkan beberapa saat, setelah itu cuci bersih rambut kamu.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya dapat menjadi salah satu cara dalam melembabkan rambut kamu. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya dapat memberi nutrisi bagi rambut dan membuat rambut kamu menjadi lebih kuat dan sehat. Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut kering juga cukup mudah yaitu siapakan lidah buaya secukupnya, setelah itu potong menjadi beberpa bagian untuk memudahkan mengambil gel dari lidah buaya, kemudian belah tengah lidah buaya tersebut untuk mengambil gel lidah buaya, pisahkan gel lidah buaya pada mangkuk, setelah itu oleskan gel lidah buaya tersebut pada rambut dan kulit kulit rambut, diamkan beberapa saat, kemudian keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan sisa dari gel lidah buaya. Dengan rutin menggunakan cara tersebut, rambut kamu akan lembab kembali.

Baca Juga : 12 Produk Perawatan Shampoo Untuk Perawatan Rambut Rontok Parah

Baca Juga : 8 Faktor Penyebab Rambut Menjadi Rontok Yang Harus Kamu Ketahui
  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik untuk menguatkan dan melembabkan rambut yang kering. Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat menutrisi rambut sehingga dapat melembabkan rambut kamu. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu pertama-tama siapkan minyak zaitun secukupnya, kemudian oleskan pada rambut dan kulit rambut, pijat dengan lembut agar minyak meresap, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas bersih rambut kamu. Dengan rutin menggunakan minyak zaitun, rambut kamu akan cepat menjadi lembab dan juga dapat menguatkan rambut kamu.

  1. Menggunakan Masker Madu

Madu tidak hanya baik untuk kesehatan dan kecantikan, madu juga bisa kita gunakan dalam melakukan perawatan rambut. kandungan yang terdapat dalam madu dapat menutrisi rambut kita sehingga menjadikan rambut kita lembab kembali. Cara menggunakan madu untuk perawatan rambut kering juga cukup mudah yaitu, siapkan madu secukupnya, basahi terlebih dahulu rambut kamu, setelah itu oleskan madu pada kulit rambut dan rambut, pijat secara lembut, kemudian tutupi rambut menggunakan handuk atau sejenisnya, diamkan beberapa saat, setelah itu keramas dengan shampoo untuk menghilangkan sisa madu yang berada pada rambut. lakukan secara rutin agar rambut cepat kembali lembab.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Menggunakan cuka apel dapat menjadi solusi dalam melakukan perawatan rambut kering menjadi lembab kembali. Menjadikan cuka apel sebagai conditioner rambut alami dapat membuat rambut kembali lembab, cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit rambut dan juga dapat mencegah ketombe dan gatal pada rambut kita. Cara menggunakan cuka apel untuk perawatan rambut kering juga cukup mudah yaitu, siapkan cuka apel secukupnya, setelah itu oleskan pada rambut dan kulit rambut, pijat dengan lembut agar meresap dikulit kepala, kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu bilas bersih rambut kamu.

  1. Menggunakan Mayones

Mayones dapat menjadi salah satu cara dalam melakukan perawatan rambut kering, kandungan yang terdapat pada mayones dapat melembutkan dan menyehatkan rambut kita. Cara menggunakan mayones untuk perawatan rambut kering juga cukup mudah yaitu, siapakan mayones secukupnya, basahi terlebih dahulu rambut kamu, oleskan mayones pada rambut dan kulit rambut, setelah itu tutupi rambut kamu dengan handuk atau shower cap, diamkan beberapa saat, kemudian bilas bersih rambut kamu.

  1. Menggunakan Kuning Telur dan Air

Rambut kering karena kurangnya nutrisi pada rambut, dengan menggunakan kuning telur dan air dapat menutrisi rambut dan menjadikan rambut menjadi lembab. Cara menggunakan kuning telur dalam melakukan perawatan rambut kering juga cukup mudah yaitu, siapkan kuning telur secukupnya, siapkan mangkuk, campurkan kuning terlu dan air dalam mangkuk, aduk sampai merata dan terlihat seperti pasta, setelah itu oleskan pada rambut dan kulit rambut, diamkan beberapa saat, kemudian keramas menggunakan shampoo agar kotoran menghilang pada rambut.

  1. Menggunakan Yogurt, Madu dan Telur

Cara terakhir untuk melembabkan rambut yaitu dengan yogurt, madu dan telur. Campuran ini dapat membuat rambut kita kembali lembab dan menyehatkan rambut yang rusak. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu, siapkan yogurt secukupnya, siapakan madu secukupnya, siapakan telur secukupnya, siapakan wadah mangkuk, campurkan ketiga bahan tersebut dalam satu mangguk, kemudian aduk hingga merata, setelah itu oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit rambut, diamkan beberapa saat, kemudian keramas menggunakan shampoo agar membersihkan kotoran yang masih menempel pada rambut dan juga menghilangkan aroma yang tidak sedap pada rambut.

Nah itu dia 8 cara untuk perawatan rambut kering dengan bahan alami yang dapat kamu coba untuk melembabkan rambut kamu kembali. Dengan rutin melakukan perawatan rambut menggunakan bahan alami, rambut kamu akan kembali sehat dan lembab. Semoga informasi ini bermanfaat ya dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : 5 Cara Modern Untuk Melakukan Perawatan Rambut Rontok Dan Rusak