Selama ini kita mengetahui bahwa buah-buahan merupakan salah satu makanan yang dikenal menyehatkan bagi tubuh. Namun ternyata tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh saja. Buah-buahan juga berguna sebagai masker wajah yang alami. Sebenarnya ada banyak jenis buah-buahan yang dapat dijadikan sebagai masker wajah. Masker yang terbuat dari buah juga bisa menyehatkan kulit wajah tanpa harus khawatir ada efek samping yang bisa ditimbulkan.

Sebelum menggunakan masker wajah dari buah, Anda perlu memerhatikan beberapa hal seperti memakai buah-buahan yang telah dibersihkan maupun dikupas kulitnya, menghaluskan buah-buahan tersebut, hingga mengaplikasikan masker dengan rileks. Lalu untuk jenis buah-buahannya, Anda bisa menggunakan beberapa jenis buah seperti pisang, tomat, anggur, pepaya, timun, dan masih banyak  lainnya. Berikut ini merupakan beberapa masker alami dari buah yang bisa dicoba.

1. Masker anggur untuk kulit yang berjerawat

Buah anggur yang selama ini dikenal enak tersebut ternyata dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk penghilang jerawat. Untuk membuat masker wajah alami dari anggur caranya cukup mudah. Pertama, haluskan buah anggur hingga merata. Setelah halus, aplikasikan anggur tersebut ke permukaan kulit wajah. Lalu biarkan masker anggur tersebut hingga mengering di wajah. Setelah masker tampak mengering, segera bersihkan dengan memakai air.

2. Masker tomat untuk kulit yang berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan tomat sebagai masker buah alami yang bisa mengatasi kulit berminyak. Cara menggunakan masker tomat ini juga cukup mudah. Pertama peras buah tomat tersebut, kemudian aplikasikan pada kulit wajah Anda. Biarkan saja biji tomat menempel di wajah Anda karena biji tersebut dapat memberikan efek scrub pada saat wajah dibasuh dengan memakai air.

Baca Juga Ini : Kenali Jenis-Jenis Kulit Wajah Agar Mudah Merawat Wajah

Baca Juga : Tips Cantik Walaupun Gendut

3. Masker pepaya agar kulit bersinar

Apabila Anda mendambakan kulit yang bersinar, Anda bisa memakai masker pepaya agar kulit menjadi lebih bersinar. Sebaiknya kupas pepaya yang telah matang, kemudian haluskan hingga menjadi bubur pepaya. Aplikasikan bubur pepaya tersebut pada wajah. Lalu pijat-pijat kulit wajah yang telah memakai masker tersebut. Biarkan masker tersebut kurang lebih selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu bersihkan masker tersebut dengan memakai air.

4. Masker timun untuk kulit yang kering

Timun merupakan salah satu jenis buah atau sayuran yang bisa mengatasi kulit kering. Anda bisa menggunakan ketimun untuk mendinginkan kulit kering. Untuk membuat masker timun ini, Anda bisa mengolahnya menjadi jus timun, lalu airnya dioleskan pada wajah dan leher. Biarkan masker hingga mengering secara natural. Jika sudah mengering, bersihkan masker tersebut.

5. Masker pisang untuk cleansing

Untuk membuat masker pisang, Anda memerlukan bahan-bahan seperti pisang yang telah dikupas, lemon, dan madu. Lalu untuk membuatnya cukup mencampurkan lemon, madu, dan pisang yang telah dihaluskan. Setelah itu aplikasikan masker tersebut di wajah kurang lebih selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan masker tersebut dengan menggunakan air. Kemudian tambahkan lemon untuk mengatasi kulit yang berjerawat.

6. Masker kiwi untuk kulit yang gelap

Untuk membuat masker kiwi, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti buah kiwi dan yoghurt. Jadikan buah kiwi hingga mirip dengan sup yang kental, kemudian tambahkan satu sendok yoghurt. Setelah itu tempelkan pada kulit wajah sambil dipijat juga kurang lebih selama 20 menit, setelah itu bersihkan dengan menggunakan air

7. Masker stroberi untuk kulit yang kusam

Masker stroberi bisa dibuat dari stroberi dan air. Hancurkan stroberi dengan menambahkan air, kemudian aduk keduanya hingga merata. Setelah itu aplikasikan masker stroberi tersebut pada kulit wajah.

8. Masker dari buah-buahan campuran untuk kulit yang sehat

Anda bisa membuat masker alami dari campuran buah-buahan yang segar dengan cara dibersihkan dan dihaluskan terlebih dahulu. Gunakan masker dari campuran buah-buahan tersebut dengan cara memijat di wajah. Lalu biarkan masker tersebut hingga meresap.

Itu tadi beberapa masker alami dari buah-buahan yang dapat dicoba. Membuat masker buah sebenarnya tidak sulit bukan? Terlebih lagi jika buahan-buahan yang dipakai mudah ditemukan di pasar maupun supermarket. Harga buah-buahan ini juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan masker yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Selain membuat sehat, masker ini juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih rileks. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat masker alami ini? Apabila ada waktu senggang di rumah, coba sempatkan untuk membuat masker alami dari buah.

Baca Juga : 10 Tips Cantik Ala Citra Kirana, Ini Rahasia Cantiknya