Kali ini kita ulas sedikit masalah yang cukup jarang kita temui, yakni mengatasi rambut rontok karena gen. rambut merupakan bagian tubuh yang bisa dilihat secara kasat mata oleh manusia. Bagi kaum perempuan, rambut menjadi mahkota yang penting untuk dijaga dan dirawat keindahannya.

Seringkali permasalahan rambut bermunculan baik laki-laki maupun perempuan. Masalah rambut yang pada umumnya terjadi adalah rambut rontok. Untuk anda yang mempunyai rambut tebal dan lebat, kerontokan rambut tidak begitu menjadi masalah besar, berbeda lagi dengan orang yang mempunyai rambut tipis dan sukar untuk tumbuh lebat. Akan menjadi masalah hebat tentunya.

Genetik Bisa Menjadi Penyebab Rambut Rontok

Sebenarnya jika kita mau menelusuri lebih dalam tentang akar permasalahan rambut rontok, tidak hanya disebabkan oleh shampoo yang tidak cocok, penyakit tertentu, kurang vitamin dan stress, tetapi juga karena faktor genetik yang merupakan warisan keturunan. Beberapa orang di dunia dapat mengalami masalah rambut rontok akibat dari genetik yang diturunkan oleh keluarganya. Banyak diantara kita yang tidak tahu, bahwa ternyata genetik juga termasuk salah faktor penyebab rambut rontok. Bagi anda yang mengalami hal tersebut tentu tidak bisa menghindarinya tapi harus mengatasinya.

Tentu rambut rontok karena faktor genetik berbeda dengan rambut rontok biasa. Dimana rambut rontok karena genetik, biasanya lebih sulit untuk di atasi karena pada dasarnya kondisi akar rambut yang lemah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Gen

Banyak usaha yang dilakukan demi merawat  rambut, mulai dari hal sederhana keramas, memotong, creambath, pemberian vitamin secara rutin, sampai perawatan yang mengeluarkan budget tinggi menjadi pilihan setiap orang. Nah, bagaimana dengan rambut rontok karena gen? Apa bentuk perawatan yang paling tepat? Setidaknya kita  bisa meminimalisir dan mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini:

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan merupakan asupan bagi manusia yang mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Sama halnya dengan kesehatan rambut, memerlukan nutrisi yang baik dari makanan. Makanan yang bergizi dapat menjadi penanganan dari dalam untuk mengatasi rambut rontok. Vitamin yang terkandung pada makanan dapat terserap secara alami oleh tubuh manusia. Untuk menjaga kesehatan rambut anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran seperti kacang-kacangan, tiram, dan buah-buahan sperti buleberry dan alpukat.

  1. Masker lidah buaya

Bagi anda tumbuhan lidah buaya sudah sangat familiar, kandungan yang ada di dalamnya kaya akan manfaat terutama untuk perawatan rambut. Ini bisa menjadi alternatif untuk anda dalam menangani rabut rontok. Cara menggunakannya juga cukup mudah, lidah buaya yang sudah cukup besar di belah dua, kemudian ambil sarinya, lalu balurkan pada seluruh rambut kepala sambil dipijat ringan. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih.

  1. Perawatan dengan minyak kemiri

Kemiri termasuk rempah-rempah yang bisa digunakan untuk memasak. Sudah tidak asing lagi tentunya untuk anda semua.  Sekarang banyak prodak perawatan yang mengandung minyak kemiri, jadi anda tidak perlu repot-repot membuat sendiri di rumah. Selain menambah keindahan rambut, kemiri juga dapat memperkuat akar rambut. Perawatan yang dilakukan secara rutin bisa menurunkan kerontokan rambut anda.

  1. Kurangi penggunaan hair dryer

Kesibukan yang anda alami, seringkali membuat anda mengggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut. Padahal penggunaan hair dryer yang berlebihan dapat memperparah ramut rontok. Nah, jangan sampai karena mengejar waktu anda mengorbankan kesehatan rambut anda sendiri. Lebih baik memakai handuk untuk mengeringkan rambut, itu pun harus pelan-pelan, karena rambut dalam kondisi basah cenderung rapuh.

  1. Konsultasi ke dokter

Selain melakukan penanganan dari dalam dan luar, untuk mengatasi rambut rontok karena gen, anda bisa sesekali konsultasi pada dokter kecantikan. Ini sangat membantu anda tentunya, dokter bisa merekomendasikan multivitamin yang anda butuhkan. Selain itu, anda mempunyai keuntungan untuk terhindar dari resiko penanganan yang salah.

Hanya dengan 5 untuk mengatasi rambut rontok karena gen di atas, kita bisa meminimalisir kondisi kerontokan tidak semakin parah. Juga, cara di atas perlahan-lahan bakan menjadikan akar rambut semakin lebih kuat.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut

Baca Juga : 3 Cara Efektif Perawatan Rambut Kering Dengan Cara Tradisional Sejak Dulu

Baca Juga : 5 Perawatan Rambut Kering Pada Anak Yang Perlu Bunda Perhatikan