Hai teman Parasayu, tahukah kamu kecantikan seorang wanita tidak hanya terletak pada pakaian yang dikenakan, bentuk tubuh sempurna, halusnya kulit? Juga tidak pula pada kepiawaian mereka berdandan.  Melainkan pada cara wanita memandang dunia. Selain itu, kecantikan juga bisa ditentukan lewat batinnya, hatinya, sikap dan perilakunya.

Konsep kecantikan semacam ini, erat kaitanya dengan cantik dari dalam atau inner beauty. Parasayu pernah membahasnya pada salah satu tulisan tentang cantik inner beauty. kebalikan dari konsep cantik inner beauty adalah outer beauty atau cantik yang lebih mengedepankan kecantikan secara fisik.

Tips Cantik Lahir Dan Batin

Bahasa lain inner beauty dan outer beauty adalah cantik dari lahir dan batin. Keduanya akan memancarkan kecantikan yang murni dari dalam jiwa. Jika seorang wanita cantik secara lahir dan batin tentu menjadi panutan yang baik bagi anak dan cucunya. Oleh karena itu kita sebagai wanita harus cantik secara lahir dan batin dengan cara sebagai berikut:

  1. Dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa

Kedekatan kita pada Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dalam keimanan yang terus terjaga juga merupakan aset kecantikan yang tidak ternilai. Kita mewujudkan kecantikan ini lewat menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Tentunya hal ini akan membuat batin kita merasa tenang dan damai. Cantik dari batin semacam ini membuat kita akan terlihat bagitu cantik untuk kabanyakan orang.

  1. Bertutur kata yang baik dan bertingkah laku sopan

Selain itu untuk tampil cantik secara lahir dan batin, ada baiknya kita bertutur kata yang baik. Hindari berkata kasar atau mengumpat. Tentunya bertutur kata yang baik membuat keindahan bibir pada kita tercipta. Kita juga harus bertingkah laku sopan kepada semua orang. Menghormati yang tua dan menghargai yang muda.

Baca Juga : Tetep Cantik Meski Pakai Kacamata Dengan 7 Tips Cantik Berkacamata

Baca Juga : Tips Cantik Tanpa Dandan Yang Wajib Kamu Coba
  1. Pendidikan dan ilmu

Kita juga bisa memperkaya diri dengan menimba ilmu sebanyak mungkin baik melalui pendidikan formal dan non formal. Sebab pendidikan dan ilmu sangat penting bagi wanita. Agar kita bisa hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. tak mungkin perempuan terlihat begitu cantik tanpa pikiran yang matang dan isi kepala yang luas.

  1. Merawat kecantikan wajah dan tubuh

Kita juga harus pandai merawat wajah dan tubuh agar tampil cantik. Perawatan wajah meliputi : membersihkan wajah, menggunakan masker wajah, dan merias wajah dengan dandanan yang sesuai. Sedangkan perawatan tubuh meliputi: membersihkan tubuh (mandi) dan melakukan lulur. Jadi selain memiliki kecantikan batin, kamu juga akan memiliki kecantikan lahir.

  1. Berbuat kebaikan ke semua orang

Kamu juga harus berbuat kebaikan ke semua orang. Usahakan tingkah lakumu berdasarkan hati yang tulus. Tentunya akan mencerminkan kecantikan batin yang sebenarnya.

  1. Mata digunakan untuk melihat hal yang baik

Mata yang sering digunakan untuk melihat hal yang baik akan membuatnya tampak menawan dan berkilau. Sedangkan mata yang biasa digunakan untuk maksiat akan terlihat lesu dan tidak menawan.

Baca Juga : 7 Tips Cantik Dengan Es Batu Ala Parasayu

Baca Juga : Tips Cantik Berhijab Buat Kamu Perempuan Sholihah
  1. Memiliki rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa menghindarkan diri kita dari penyakit hati. Rasa syukur pula membuat hati lebih tentram. Jika hati kita tentram tentunya kecantikan batin kita akan terlihat.

  1. Selalu tersenyum kepada semua orang

Kita harus selalu tersenyum kepada semua orang. Kita juga harus ramah. Hindari kelihatan arogan, hanya untuk disegani. Pasalnya hal itu hanya akan menutupi kecantikan batin dan lahir kamu saja.

Selain itu, tips cantik lahir dan batin juga bisa diperlengkap dengan perlakuan yang baik pada diri sendiri. Tidak mungkin kita bisa cantik, bila kita tak bisa memperlakukan diri sendiri dengan bijak dan baik.