Tubuh manusia membutuhkan perawatan agar sehat dan tampak cantik. Sehingga tubuh dapat digerakkan sesuai keinginan. Begitu juga dengan wanita saat hamil. Banyak perubahan yang akan dialami seorang wanita ketika hamil. Mulai dari bertambahnya berat badan, membengkaknya badan yang kadang membuat stres, juga peningkatan produksi hormon yang akan membuat emosi dan mood wanita hamil naik turun.

Perawatan Tubuh Saat Hamil

Ada kegiatan asyik yang bisa diikuti seorang wanita hamil. Senam hamil. Selain merupakan kegiatan yang akan membantu mempermudah persalinan juga mengasyikan. Tapi yang namanya senam pasti sedikit banyak menguras tenaga dan lainya. Tentu tubuh Anda harus tetap dijaga dan dirawat ya. Seperti hal-hal berikut yang harus Anda perhatikan.

  1. Lakukan seperti biasa

Tubuh Anda saat hamil mengalami perubahan. Meski semakin sehat akan mudah beradaptasi dengan perubahan itu, jangan langsung memforsis diri sendiri untuk berolahraga dengan banyak. Cukup lakukan seperti biasa. Melakukan senam hamil seminggu sekali, sekadar jalan-jalan, yoga, atau menari. Yang pasti olahraga tidak berbahaya bagi janin asal kuantitas dan kualitas olahraga tidak terlalu berat.

Baca Juga : Inilah 7 Cara Perawatan Tubuh Yang Halal Bagi Muslimah

Baca Juga : Lakukan 4 Tips Cantik Ketika Hamil BIiar Bisa Tetap Cantik Mengesankan
  1. Konsumsi kalori yang cukup

Tubuh akan membakar kalori yang cukup banyak saat berolahraga. Untuk bergerak saja membutuhkan banyak kalori saat hamil. Untuk itu agar tubuh tidak lemas, Anda perlu mengonsumsi kalori yang cukup. Selain untuk kesehatan bayi, juga kesehatan Anda. Ingat, Anda senam hamil untuk tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan menuju kemudahan proses kelahiran. Bukan untuk diet. Jadi, tak apa mengonsumsi banyak kalori.

  1. Gunakan tabir surya

Melakukan senam hamil apapun itu jenis olahraga yang Anda pilih, berarti Anda akan keluar rumah dan terpapar matahmari. Untuk itu gunakan tabir surya agar melindungi kulit dari terpapar matahari. Gunakan saat mau senam saja ya. Karena kandungan aksibenzon dan avobensone yang ada pada tabir surya dapat mempengaruhi perkembangan janin.

  1. Abaikan jerawat yang tumbuh

Perubahan produksi hormon akan menyebabkan jerawat berkembang biak. Ditambah dengan aktifitas senam hamil yang bisa membuat produksi keringat berlebih. Yang membuat produksi jerawat semakin tinggi. Saat jerawat tumbuh, abaikan saja. Cukup bersihkan wajah seperti biasa untuk mengurangi tumbuhnya jerawat. Hindari penggunaan obat jerawat. karena kandungan retinol A, benzoil peroksida, accutane, hidrokortison, salicylic memberikan dampak buruk bagi perkembangan janin. Seperti bayi lahir cacat, keracunan, komplikasi hingga kematian bayi.

  1. Perawatan kulit dan rambut seperti biasa

Jika Anda biasa menggunakan pelembab, bb cream, foundation, lipstik, dan segalanya gunakanlah seperti biasa. Yang terpenting kandungan dalam alat make up Anda tidak ada yang berbahaya bagi pertumbuhan janin. Jika Anda ragu, bisa konsultasi dengan dokter. Begitu juga dengan perawatan rambut. Pasti lepek dan kusut karena senam hamil yang memproduksi keringat berlebih di kepala. lakukan keramas atau perawatan rambut seperti biasa.

Baca Juga : Lakukan 5 Perawatan Tubuh Wanita Hamil Ini Agar Penampilan Tetap Terlihat Cantik dan Menarik

Baca Juga : 7 Perawatan Tubuh Ibu Hamil Yang Harus Diperhatikan Untuk Kebaikan Ibu dan Bayi Dalam Kandungan
  1. Lakukan senam hamil secara bertahap agar tubuh beradaptasi

Saat hamil tubuh akan beraktifitas dua kali lipat dari biasanya. Bahkan bisa mengalami masalah tubuh seperti pusing, sakit punggung, kaki bengkak dan lain-lain. Agar tubuh selalu sehat dan bugar, lakukan senam hamil secara bertahap. Mulai dari bulan pertama berlatih pernapasan. Karena kebanyakan wanita hamil mengeluhkan napas yang semakin berat. Mulai dari mengambil napas pelan melalui hidung lalu hembuskan secara perlahan. Memasuki bulan kedua Anda bisa berjalan-jalan di pagi hari selama tiga puluh menit. agar tubuh tidak kram. Begit seterusnya. Jangan memaksakan tubuh. Bisa juga dikonsultasikan dengan dokter kandungan agar tubuh selalu sehat dan bugar selama masa kehamilan.

Itulah beberapa bentuk Perawatan Tubuh Saat Hamil yang bisa anda lakukan. Yang pasti jangan melakukan senan kehamilan secara berlebihan ya. Lakukan sewajarnya saja dan sebaiknya ada instruktur yang menemani.