Korea atau yang disebut juga dengan negeri gingseng saat ini sedang populer sekali dikalangan masyarakat luas khususnya di Indonesia. Berbagai aspek dari negara korea ini sedang ramai2nya disukai oleh khususnya remaja wanita di Indonesia. Dari kebudayaannya, kulturnya, serial dramanya, artis2 K-Pop nya, gaya dan fashionnya, serta makeup nya. Makeup ala korea memiliki ciri khas yaitu makeup yang natural dan terlihat glowing, biasa kita sebut dengan makeup natural gaya korea.

Makeup natural gaya korea itu memiliki ciri khas yang mendasar yaitu:

  • Menggunakan BB Cream atau CC Cream

Makeup natural gaya korea menggunakan BB cream atau CC cream. BB cream merupakan singkatan dari Blemish Balm atau Beauty Blam, sedangkan CC merupakan singkatan dari Colour Correcting. Pada intinya fungsi BB cream dan CC cream sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan memoles wajah dan memperbaiki tampilan kulit wajah. Namun yang membedakannya yaitu kandungan yang ada didalamnya. BB cream memiliki fungsi yang sama seperti foundation namun dengan formula tekstur yang lebih ringan dari foundation, tetapi lebih pekat dibandingkan dengan pelembab berwarna. BB cream sangat cocok digunakan untuk makeup sehari-hari karena hasilnya sangat alami seperti tidak memakai alas bedak apapun tapi mampu menutup kekurangan wajah dengan baik CC cream adalah formula yang lebih ringan dibandingkan BB cream atau foundation pada umumnya yang memiliki fungsi menyamarkan perbedaan warna kulit pada wajah, kemerahan atau iritasi, hiperpigmentasi, menyamarkan garis – garis halus atau kerutan dan membuat wajah tampak bercahaya.

  • Sebisa Mungkin Menghindari Contouring

Makeup natural gaya korea memiliki ciri hasil makeup yang natural dan tampak lebih halus sehingga jarang sekali menggunakan shading yang tebal. Namun apabila memang harus diperlukan shading pada bagian hidung, tulang pipi dan tulang rahang, sebaiknya menggunakan shading luar dan pengaplikasiannya secara halus dan tipis2.

  • Kesan Makeup Glowing dan Efek Dewy

Makeup natural gaya korea memiliki ciri makeup yang glowing yaitu makeup yang memiliki hasil akhir berkilau dan bercahaya, selain itu juga memiliki hasil makeup dewy atau basah. Untuk mendapatkan hasil makeup yang glowing dengan menggunakan loose powder dan highlighter. Sedangkan untuk mendapatkan hasil makeup dewy dengan menyemprotkan facial mist setelah makeup selesai.

Setelah kita mengetahui ciri – ciri dasar makeup natural gaya korea, inilah langkah-langkah cara makeup natural gaya korea, yaitu :

  1. Aplikasi Makeup Dasar
  • Langka pertama yang dilakukan pada makeup natural gaya korea adalah membersihkan kulit wajah. Selanjutnya aplikasi penggunaan BB cream atau CC cream secara merata diseluruh permukaan kulit wajah. Apabila terdapat kantung mata bisa menggunakan concealer pada area kantung mata.
  • Setelah itu aplikasikan bedak, bedak yg digunakan adalah bedak tabur atau loose powder. Ratakan hasil bedak menggunakan brush agar hasilnya tetap natural.
Baca Juga : 8 Langkah Mudah Makeup Natural Hijabers Yang Dapat Kamu Coba

Baca Juga : 8 Rahasia Perawatan Kulit Tubuh Orang Korea Tampil Tetap Cantik
  1. Makeup Bagian Mata
  • Setelah makeup dasar selesai, selanjutnya kita beralih ke makeup bagian mata. Untuk makeup natural gaya korea pemilihan warna eye shadownya adalah warna – warna terkesan natural seperti warna pastel dan warna soft. Makeup mata yang terkesan sendu dan innocent lebih disukai oleh wanita korea.
  • Setelah itu penggunaan eyeliner dengan garis tipis pada bagian dalam kelopak dan menjadi semakin lebar pada bagian luar akan memberikan kesan mata menjadi lebih lebar.
  • Selanjutnya gunakan maskara yang memberi efek bulu mata telihat bervolume. Bila ingin menggunakan bulu mata, gunakan bulu mata yang tipis agar mata terkesan tetap natural. Sebelum aplikasi maskara dan pemasangan bulu mata, terlebih dahulu bulu mata dijepit agar bulu mata menjadi lebih lentik.
  • Langkah berikutnya adalah membentuk alis dengan pensil alis. Bentuk alis yang disukai oleh wanita korea adalah lurus, tidak terlalu melengkung tinggi, tidak terlalu tebal dan terlihat natural. Untuk mendapatkan hasil tampilan tersebut gunakan pinsil alis berwarna coklat untuk membentuk bingkai alis, lalu sikat alis dengan eyebrow brush.
  1. Makeup Akhir (Finishing)
  • Setelah selesai makeup pada bagian mata selanjutnya aplikasi blush on pada area tulang pipi. Pilihlah warna – warna nude atau netral. Bila ingin memberikan kesan cerah alami bisa menggunakan blush on berwarna pink muda atau orange muda secara tipis – tipis.
  • Selanjutnya pengaplikasian lipstik, pilihlah warna – warna lipstik yang cerah seperti warna pink. Apabila kamu memiliki bentuk bibir yang tipis gunakan lipstik jenis glossy, sedangkan apabila kamu memiliki bentuk bibir yang tebal gunakan lipstik jenis matte.
  • Untuk sentuhan akhir memberikan kesan glowing atau berkilau, aplikasikan highlighter menggunakan brush pada tulang pipi bagian atas, dagu, dan sedikit di tulang hidung. Kemudian untuk memberikan efek dewy atau basah, semprotkan facial mist ke wajah setelah makeup selesai.

Nah mudah bukan untuk dicoba makeup natural gaya korea. Untuk menambah cantik kamu bisa menata rambutmu. Biasanya orang korea lebih suka dengan tatanan rambut di curly, lurus, atau diangkat ke atas seperti membuat gaya hair bun dengan sentuhan messy. Kemudian pilihlah busana yang cantik dan lucu sesuai image wanita korea.

Baca Juga : 7 Langkah Mudah Makeup Natural Untuk Sekolah Yang Dapat Kamu Lakukan