Tampil cantik adalah hak yang dimiliki oleh setiap wanita. Untuk dapat tampil cantik banyak berbagai cara dilakukan oleh para wanita, salah satunya dengan menggunakan makeup. Pada dasarnya langkah-langkah makeup sama, namun sedikit yang membedakan yaitu trik dalam makeup agar hasil makeup sesuai bentuk wajah. Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa setiap manusia memiliki bentuk wajah yang berbeda.

Bentuk wajah manusia pada umumnya digolongkan menjadi 6 bentuk yaitu bentuk wajah oval, wajah bulat, wajah lonjong, wajah persegi dan wajah hati. Agar hasil makeup menjadi sempurna, kita harus mengetahui trik dalam bermakeup yang sesuai dengan bentuk wajah. Inilah cara agar kita dapat tampil cantik dengan trik makeup sesuai bentuk wajah.

Makeup Sesuai Bentuk Wajah 

  1. Bentuk Wajah Oval
Makeup

Sumber Gambar : instagram.com @tyrabanks

Sangat beruntung jika kamu termasuk wanita yang memiliki bentuk wajah oval karena bentuk wajah ini dianggap sebagai bentuk wajah yang ideal. Trik makeup sesuai bentuk wajah oval yaitu :

  • Untuk bentuk wajah oval tidak memerlukan penekanan shading pada bagian rahang, shading cukup digunakan pada bagian hidung agar terlihat lebih mancung dan pada bagian pipi untuk menonjolkan bentuk pipi yang indah.
  • Buatlah alis dengan bentuk alis yang natural agar tidak mengubah bentuk wajah kamu. Bentuk alis mengikuti alis yang sudah ada sehingga mencegah bentuk alis menjadi aneh dan berlebihan.
  • Hindarilah riasan wajah yang berlebihan. Pada saat makeup buat kamu si pemilik bentuk wajah oval pilihlah satu bagian dari wajahmu yang ingin lebih ditonjolkan, seperti jika kamu ingin lebih menekankan makeup pada bagian mata maka untuk bagian bibir gunakan lipstick dengan warna-warna yang natural, begitu pula sebaliknya.
  • Untuk penggunaan blushon, kamu bisa mengaplikasikan blushon secara merata pada bagian pipi.
Baca Juga : Mau Jadi Makeup Artist? Ini Dia Suka Duka Menjadi Makeup Artist

Baca Juga : 9 Langkah Makeup Wajah Bulat Agar Tirus
  1. Bentuk Wajah Bulat
Makeup

Sumber Gambar : intagram @emmastone.official

Jika kamu adalah wanita yang memiliki bentuk wajah bulat mungkin kamu akan terkesan terlihat lebih gemuk dan memiliki pipi yang chubby. Gunakanlah makeup agar dapat membuat wajahmu terlihat lebih ramping. Trik makeup sesuai bentuk wajah bulat yaitu :

  • Bentuklah shading pada bagian pipi dan rahang, hal ini dapat membuat tampilan wajah menjadi terlihat lebih ramping dan tirus.
  • Ketika membetuk alis mata, usahakan agar bentuk alismu tidak terlalu panjang dan lebar. Hal ini dapat membuat wajah terlihat semakin lebar.
  • Untuk riasan pada bagian mata, gunakan eyeshadow yang berwarna gelap atau smoky eyes agar bentuk matamu terlihat tajam namun tetap natural.
  • Untuk penggunaan blushon, pilihlah warna blushon yang terkesan soft seperti warna pink muda untuk diaplikasikan pada pipimu. Hal ini untuk menghindari agar bentuk pipi tidak terlihat lebih tebal.
  • Pada bagian bibir, gunakanlah lipstick dengan warna yang lembut seperti pink muda, peach atau warna lipstick yang sama dengan warna bibirmu.
  1. Bentuk Wajah Lonjong
Makeup

Sumber Gambar : instagram.com @sarahjessicaparker

Bentuk wajah lonjong adalah bentuk wajah yang lebih panjang dari pada bentuk wajah oval. Untuk kamu yang memiliki bentuk wajah lonjong makeup yang natural dan terlihat lembut sangat cocok untukmu. Trik makeup sesuai bentuk wajah lonjong yaitu :

  • Buatlah bentuk wajahmu terkesan menjadi lebih pendek dan lebar. Berikan shading pada bagian dagu untuk membuat kesan wajah terlihat lebih pendek dan pada bagian pipi berilah highlight dengan menggunakan bedak berwarna terang untuk memberi kesan pipi yang lebar.
  • Pada bagian alis mata, hindarilah bentuk alis yang kecil dan pendek karena akan membuat tampilan wajahmu terlihat semakin lonjong atau panjang.
  • Untuk makeup pada bagian mata, gunakanlah eyeshadow pada bagian sudut mata dibaurkan dengan halus dan sedikit melebar. Pilihlah warna eyeshadow yang terang.
  • Pilihlah warna blushon yang gelap untuk menyamarkan bentuk rahangmu yang panjang. Cara pengaplikasiannya yaitu arahkan blushon dengan menggunakan kuas dimulai dari telinga hingga dagu dengan teknik mendatar.
  • Untuk bagian bibir, gunakan warna lipstick yang lebih berwarna seperti merah marun, merah, cokelat dan cokelat muda.
  1. Bentuk Wajah Persegi
Makeup

Sumber Gambar : instagram.com @angelinajolieofficial

Untuk kamu wanita yang memiliki bentuk wajah persegi, kamu cenderung memiliki tulang rahang yang terlihat sangat jelas atau menonjol. Trik makeup sesuai bentuk wajah persegi yaitu :

  • Gunakan shading pada bagian dahi yang lebar dan rahang yang menonjol. Kemudian gunakan juga highlight pada bagian tengah dahi, dagu dan bagian bawah mata.
  • Pada bagian alis mata, bentuklah alis mata sedikit melengkung supaya membantu agar tampilan wajahmu tidak terlihat datar.
  • Untuk riasan pada bagian mata, pilihlah eyeshadow dengan warna yang natural seperti cokelat muda atau mungkin kamu bisa menggunakan warna eyeshadow yang sama dengan warna kulitmu.
  • Pada bagian pipi gunakanlah blushon warna gelap membentuk segitiga ke arah hidung dan melebar pada pipi.
  • Agar hasil makeup terlihat lebih sempurna, pada bagian bibir kamu dapat menggunakan warna lipstick yang terang dan cerah.
Baca Juga : Ikuti Langkah Mudah Makeup Natural Pria, Agar Kamu Menjadi Tampan Seperti Idol Korea

Baca Juga : Buat Kalian Yang Ingin Menjadi Makeup Artist, Inilah Cara Menjadi Makeup Artist Yang Profesional
  1. Bentuk Wajah Hati
Makeup

Sumber Gambar : intagram.com @lucylawlessofficial

Bagi kamu wanita yang memiliki bentuk wajah hati, kamu memiliki bagian dagu yang sempit dan pada bagian dahi lebih lebar dari pada bagian pipi dan dagu. Trik makeup sesuai bentuk wajah hati yaitu :

  • Lakukan shading pada bagian tepi dahi dan bagian pelipis, arahkan sampai ke pipi bagian atas. Pada bagian tengah dahi, dagu dan bawah mata diberi highlight.
  • Pada bagian alis mata, kamu dapat membuat bentuk alis mata yang tebal dengan lengkungan yang agak lurus.
  • Selanjutnya pada riasan bagian mata, kamu dapat menggunakan eyeshadow dengan warna-warna yang natural. Namun pada pengaplikasian eyeshadow jangan terlalu lebar.
  • Untuk penggunaan blushon, hindari penggunaan blushon secara berlebihan. Pilihlah blushon warna gelap agar tulang pipimu terlihat lebih pendek.
  • Kamu dapat menggunakan lipstick dengan warna yang sesuai dengan warna bibirmu. Namun kamu juga dapat menggunakan lipstick dengan warna terang agar tampilan bibirmu terlihat cantik dan manis.

Nah itulah cara agar kita dapat tampil cantik dengan trik makeup sesuai bentuk wajah. Jadi alangkah baiknya jika dalam bermakeup kita juga tahu dan mengerti tentang bentuk wajah kita. Dengan begitu makeup yang dihasilkan akan terlihat lebih cantik dan proposional.