Apa yang ada di dalam benak kalian ketika mendengar kata “makeup artist”? Yaa makeup artist adalah sebuah profesi yang sekaligus pekerjaan didunia seni yang medianya adalah tubuh manusia khususnya wajah. Seorang makeup artis dapat merubah penampilan seseorang menjadi lebih baik. Namun dulu pekerjaan sebagai makeup artist sering dipandang sebelah mata, bahkan banyak istilah-istilah yang sekiranya menganggap sepele pekerjaan ini seperti panggilan “tukang makeup”, “tukang rias”, “tukang dandanin”. Tapi sekarang ini profesi sebagai makeup artist sedang banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan semakin modern dan berkembangnya dunia kecantikan. Tentunya tidak sulit untuk menjadi seorang makeup artist, namun bagaimana cara menjadi makeup artist yang profesional?

            Buat kalian yang ingin menjadi makeup artist, inilah cara menjadi makeup artist yang profesional.

Cara Menjadi Makeup Artist Yang Profesional

  1. Memiliki Skill Yang Baik

Cara menjadi makeup artist yang profesional tidaklah sulit, namun juga tidak dapat dikatakan mudah. Pertama dan yang penting kita sebagai makeup artist harus memiliki skill atau kemampuan yang baik dalam dunia makeup. Terus mau balajar dan tidak mudah merasa puas dengan skill yang sudah dimiliki adalah jiwa sejati dari seorang makeup artist. Dengan skill yang baik otomatis orang-orang yang akan sendirinya mengecap kita sebagai makeup artist yang profesional. Yang terpenting jangan pernah kita merasa sombong terhadap apa yang sudah kita miliki, karena profesi sebagai makeup artist adalah sebuah pekerjaan yang menjual jasa, jadi diperlukan sikap ramah terhadap orang lain.

Baca Juga : Langkah Mudah Remaja Agar Dapat Tampil Cantik Dengan Makeup Natural Untuk Remaja

Baca Juga : Langkah Mudah Tampil Cantik Meskipun Sedang Berolahraga Dengan Makeup Saat Berolahraga
  1. Up To Date Terhadap Dunia Makeup

Salanjutnya cara menjadi makeup artist yang profesional adalah kita harus up to date terhadap dunia makeup. Kita harus rajin dalam mengikuti perkembangan dan hal-hal apa saja yang terbaru di dunia makeup. Sebagai seorang makeup artist yang profesional, kita harus mengetahui produk-produk makeup, mengetahui kelebihan dan kekurangan berbagai jenis merk makeup, dan mengetahui makeup-makeup yang lagi in atau banyak diminati di dunia kecantikan sekarang ini. Dengan begitu ketika ada klien yang bertanya, kita dapat menjelaskan dengan baik sehingga tentunya kita terlihat sangat profesional.

  1. Ontime Saat Bekerja

Langkah cara menjadi makeup artist yang profesional berikutnya yaitu ontime saat bekerja atau tepat waktu. Sebisa mungkin kita harus menghindari dari keterlambatan waktu. Lebih baik kita datang terlebih dahulu dan menunggu klien dari pada kita yang ditunggu. Dengan datang ontime saat bekerja tentunya akan menambah nilai kita sebagai seorang makeup artist yang profesional.

  1. Bekerja Sesuai Dengan Kesepakatan

Salah satu cara menjadi makeup artist yang profesional adalah bekerja sesuai dengan aturan dan kesepakatan. Tentunya sebelum kita bekerja kita pasti terlebih dahulu melakukan kesepakatan kepada klien kita. Di dalam kesepakatan itu terdapat point-point apa saja yang kita kerjakan. Dan ketika kita sedang makeup klien, kita harus bekerja sesuai kesepakatan yang ada. Memang terdengar sangat kaku, namun dengan begini para klien akan menghormati dan menghargai kita, karena untuk menjadi makeup artist yang profesional kita juga harus dihormati dan dihargai oleh klien.

  1. Memiliki Management Yang Baik

Memiliki management yang baik merupakan salah satu cara menjadi makeup artist profesional. Ketika kita sudah menjadi makeup artist tentunya kita bekerja tidak sendiri. Tidak sedikit makeup artist yang dalam menjalankan profesinya memiliki teman kerja seperti asisten. Biasanya asisten seorang makeup artist profesional terdiri dari asisten yang mengurusi jadwal serta pembayaran klien dan asisten makeup atau hairdo. Dengan memiliki management yang baik mengurangi resiko kita dari jadwal makeup yang bentrok dan pembayaran telat dari klien. Selain itu dengan memiliki asisten makeup atau hairdo dapat membantu pekerjaan kita agar dapat selesai dengan tepat waktu dan hasilnya tentu memuaskan.

Baca Juga : Tampil Cantik Ketika Kuliah Dengan Makeup Natural Kuliah

Baca Juga : Ingin Tampil Cantik Ketika Pergi Kondangan? Inilah Langkah Mudah Makeup Untuk Kondangan
  1. Selalu Memberikan Yang Terbaik Untuk Setiap Klien

Tolak ukur dari apakah kita telah menjadi seorang makeup artist profesional adalah dilihat dari kepuasan klien terhadap hasil kerja kita. Dengan begitu cara menjadi makeup artist yang profesional yaitu selalu memberikan yang terbaik untuk setiap klien. Jangan pernah kita membeda-bedakan klien, berilah hasil makeup terbaikmu pada setiap klien sehingga klien kita merasa senang. Dengan begitu tentunya akan membuat hubungan jangka panjang antara kita dank lien.

  1. Berpenampilan Rapih Saat Bekerja

Penampilan kita adalah cerminan dari sifat dan kepribadian kita. Berpenampilan rapih saat bekerja merupakan cara menjadi makeup artist yang profesional. Seringnya sebagai seorang makeup artist kita memiliki jam kerja yang tidak menentu. Mau jam berapapun kita bekerja, kita harus selalu tampil rapih. Biasakanlah membersihkan diri sebelum bekerja makeup, gunakan pakaian yang sopan, dan yang sederhana namun banyak terlupakan yaitu gunakanlah wewangian ketika bekerja sehingga membuat nyaman klien. Karena kita bekerja di dunia kecantikan, tentunya kita juga harus tampil cantik, saat bekerja gunakanlah makeup yang sesuai dan jangan berlebihan, kemudian tatalah rambut kita dengan baik. Dengan berpenampilan cantik tentunya menambah rasa kepercayaan klien terhadap kita.

  1. Memiliki Kepribadian yang Baik

Karena kita bekerja menjual jasa yaitu jasa makeup maka kita harus memiliki kepribadian yang baik. Langkah terakhir cara menjadi makeup artist yang profesional inilah yang menentukan bagaimana kedepannya hubungan kita dengan klien kita, apakah akan bertahan lama atau hanya sekedar sekali saja. Mungkin kita memiliki skill yang baik, namun apabila tidak di barengi dengan kepribadian yang baik tentunya dapat membuat klien kita kapok dan tidak mau lagi menggunakan jasa makeup kita. Rajin tersenyum dan bersikap ramah merupakan kunci sukses sebagai seorang makeup artist profesional.

Baca Juga : Tampil Cantik Dihari Bahagia Dengan Makeup Natural Muslimah

Baca Juga : 7 Langkah Praktis Makeup Dasar Untuk Pemula Layaknya Profesional

            Nah buat kalian yang ingin menjadi makeup artist, itulah cara menjadi makeup artist yang professional.