Pengobatan kemoterapi pada pasien kanker sering menimbulkan efek samping seperti rambut rontok, mual, juga hilang nafsu makan. Kemoterapi sendiri merupakan pengobatan yang efektif dalam mengatasi kanker serta menghilangkan gejala-gejalanya. Potensi efek samping hendaknya tidak menyurutkan niat pasien untuk melakukan pengobatak kembali.

Memang terlihat jelas bahwa efek samping pengobatan kanker berbeda antar pasien dengan pasien lainnya. Untuk radioterapi misalnya, efek sampingnya hanya akan terjadi pada bagian tubuh mana yang di radioterapi. Namun efek samping dari pasien kanker yang sering terjadi khususnya setalah menjalani kemoterapi adalah rambut rontok.

Tips Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Pasalnya setelah kemoterapi rambut akan mulai rontok dari seluruh kepala. Hal ini tak lepas dari proses kemoterapi yang memang begitu panas. Tetapi tenang saja, rambut yang rontok tadi akan tumbuh kembali setelah selesai menjalai pengobatan. Namun biasanya akan lebih tipis dibandingkan sebelumnya. Nah berikut tips cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi.

  1. Menutup kepala dengan menggunakan gel yang dingin atau es selama perawatan

Tips pertama adalah dengan menutup kepala menggunakan gel dingin atau es batu selama masa perawatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi obat kemoterapi yang diserap oleh kantung-kantung rambut. Sehingga dapat mencegah kerusakan kantung rambut yang menghindarkan kamu dari kerontokan. Walaupun memang cara ini tidak sepenuhnya akan langsung mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi. Tips ini hanya berfungsi sebagai pencegahan saja.

Baca Juga : 6 Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Rusak

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Faktor Keturunan
  1. Mencukur habis rambut
Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Sumber Gambar : ok-magazin.de

Mendengarnya saja mungkin sudah ekstrim. Namun hanya dengan cara inilah rambut kamu akan tumbuh kembali dengan lebih rata setelah selesai menjalani pengobatan. Bagaimanapun, selama masa kemoterapi rambut pasti akan rontok. Itu adalah hal yang tidak bisa kamu hindari. Ketimbang rambut rontok secara perlahan, lebih baik kamu cukur habis biar tumbuhnya lebih rapi dan lebat.

  1. Menggunakan penutup kepala
Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Sumber Gambar : natividadlorenzo.com

Tips selanjutnya adalah menggunakan penutup kepala. kamu dapat menggunakan topi atau yang lain. Nah dengan menggunakan topi, scraf atau yang lainnya dapat melindungi kepala kamu. Terutama jika kamu sedang mengalami radioterapi dibagian kepala. Setidaknya, proses ini akan membuat kulit kepala kamu labih dingin. Sehingga bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut setelah masa kemoterapi.

  1. Menggunakan wig yang lembut
Mengatasi Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Sumber Gambar : islamidia.com

Tips terakhir adalah menggunakan wig yang lembut. Namun untuk pasien yang menjalani radioterapi dibagian kepala, pastikan kamu telah memilih wig yang tidak mengiritasi kulit kepala. karena bagian ini sangat sensitive.

Selain rambut rontok, efek samping yang dialami pasien adalah mual dan kurangnya selera makan. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti.

  • Makanlah meskipun sedikit, sesering mungkin dan pelan-pelan saja
  • Hindari makanan yang berlemak
  • Minumlah air dingin saat makan
  • Makanlah makanan yang tidak menimbulkan bau menyengat, dan hidangkan dalam suhu ruang
  • Untuk menghilangkan rasa mual yang hebat, makanlah makanan cari seperti jus. Atau makanan yang diblender dan mudah diserap seperti roti bakar dan galantine
  • Cobalah menarik napas panjang dan melakukan relaksasi tiap kali kamu merasakan mual yang hebat

Nah itulah tips cara mengatasi rambut rontok akibat kemoterapi. Kita tahu bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang ditakuti semua orang. 85% pengidap kanker tidak berhasil berjuang melawan penyakitnya. Itu sebabnya bahwa kita harus memberikan semangat dan motivasi pada para pasien yang sedang berjuang melawan penyakitnya. Salah satunya adalah dengan melakukan kemoterapi yang menyebabkan kerontokan pada rambut, mual, dan hilangnya selera makan mereka. Mungkin itu saja yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan see you.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Karena Obat

Baca Juga : 8 Produk Vitamin Perawatan Rambut Rontok Yang Bagus Untuk Kamu Coba