Ada banyak sekali bentuk perawatan rambut kering dan rusak. Berbagai merek sampo pun banyak yang beredar di pasaran dengan tagline: ampuh mengatasi rambut kering dan rusak. Lalu manakah cara mengatasi rambut kering dan rusak yang paling tepat?

Memiliki rambut yang indah adalah idaman, baik bagi laki-laki ataupun perempuan. Apabila rambut yang indah biasanya erat kaitanya dengan rasa kepercayaan diri seseorang. Kamu wanita yang punya rambut lurus terurai, pasti senang sekali menunjukkan keindahan rambut kamu ketika kamu jalan-jalan. Sayangnya, rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Ia sangat mudah merespon apa saja yang terjadi di dalam tubuh.

Termasuk ketika kamu dalam keadaan stress, banyak pikiran, dan seterusnya, rambut akan meresponya dengan kerontokan. Lalu lama kelamaan akan menyebabkan rambut jadi kering dan rusak.

Bentuk Perawatan Untuk Rambut Kering dan Rusak

Cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rambut kering dan rusak adalah dengan melakukan beberapa perawata, salah satu bentuk perawatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Perawatan dengan bahan alami

Saat ini banyak dipasaran menawarkan produk sampo dengan berbagai jenis dan fungsinya. Kadang ada beberapa diantara kita yang cocok sehingga ketika mengalami masalah rambut kita tinggal menggunakan produk tersebut. Namun, bagaimana dengan kamu yang tidak cocok?

Kamu bisa mengatasi masalah rambut kering dan rusak dengan menggunakan bahan alami untuk menyuburkan dan merawat rambut. Sebagai contohnya, kamu bisa gunakan: Santan, Kemiri, Lidah buaya, minyak essensial, Putih telur, dan seterusnya.

Ada banyak sekali produk ciptaan tuhan yang ampuh mengatasi rambut kering dan rusak. Lidah buaya misalnya, ampuh merawat dan menyuburkan rambut dengan memberikan vitamin pada rambut.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Faktor Keturunan

Baca Juga : Mengatasi Rambut Rontok Usia 40 Dengan Bahan Alami
  1. Biasakan mencuci rambut secara teratur

Banyak mencuci rambut akan mengurangi kandungan minyak yang berada dirambut. Sehingga mengakibatkan rambut lama untuk tumbuh. Namun, jika kita jarang mencucinya akan menyebabkan rambut menjadi kering dan akhirnya menjadi rusak. Oleh karenanya alangkah baiknya cuci rambut selama 4-5 hari 1x. Ini adalah waktu yang efektif untuk mencuci rambut agar selalu terawat.

Ketika mencuci rambut, usahakan sekaligus menggunakan vitamin rambut. Kamu bisa gunakan bahan alami, atau bisa juga gunakan shampoo yang terbuat dari bahan alami. Jangan hanya mencuci rambut tanpa tambahan bahan apapun.

  1. Pakai conditioner

Biasanya untuk mengurangi rambut kering kita bisa menggunakan conditioner shampo yang sesuai dengan shampo yang sebelumnya kita beli. Karena kandungannya tidak akan jauh berbeda dengan kandungan nutrisi shampo yang biasa kita gunakan.

Nah penggunaan conditioner juga bagus untuk mengurangi kerusakan pada rambut. Biasanya konditioner mengandung nutrisi yang bagus untuk rambut. Dengan catatan, jika kamu tidak cocok pada produk tertentu, jangan diteruskan.

  1. Gunakan Vitamin rambut

Vitamin rambut saat ini banyak kita temui di toko-toko terdekat. Kandungan vitamin akan bagus untuk membuat rambut tampak halus dan berkilau. Kita bisa memilih jenis vitamin rambut yang sesuai dengan kebutuhan kita. Harganya juga sangat terjangkau untuk semua golongan.

  1. Gunakan Jilbab

Jilbab mampu membantu rambut kita agar terhindar dari debu jalanan. Yang mana debu ini akan menyebabkan rambut rusak dan mudah kering. Gunakan Jilbab ketika kita hendak keluar rumah sehingga kita akan memiliki rambut yang sehat, hitam berkilau.

Baca Juga : 8 Tips Melakukan Perawatan Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab

Baca Juga : 4 Perawatan Rambut Rontok Di Salon Yang Dapat Kamu Lakukan
  1. Hindari styling rambut

Saat ini banyak salon yang memberikan pelayanan perawatan rambut. Sebisa mungkin hindari pemakaian alat-alat salon yang akan menyebabkan rambut kehilangan nutrisi dan kelembapannya. Gunakan saja perawatan salon yang hanya menutrisi bukan menambah dengan alat-alat yang bisa mengeluarkan panas.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan untuk rambut kering dan rusak, kamu bisa pilih menggunakan perawatan dari bahan alami.