Kecantikan

Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

manfaat daun afrika untuk kecantikan

Dengan nama latin Vernonia amygdalina, daun Afrika jadi salah satu bahan pengobatan tradisional yang umum digunakan di Afrika Barat. Namun karena khasiatnya, daun ini sekarang sudah dikenal secara mendunia dan mulai ditanaman secara massal di berbagai tempat di Indonesia.

Daun afrika mengandung berbagai komponen yang dapat digunakan sebagai antibakteri, antijamur, antivirus, antioksidan dan lainnya. Zat-zat itulah yang punya peran untuk obat dalam tubuh. Tapi ternyata ada banyak manfaat daun afrika untuk kecantikan lho. Yuk simak ulasan berikut:

Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan

1. Mengobati Jerawat

1 10 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Jerawat jadi salah satu permasalahan kulit yang banyak dialami orang. Umumnya jerawat muncul karena produksi minyak di wajah yang berlebih berkolaborasi dengan bakteri penyebab jerawat. Jadi untuk mengatasi masalah jerawat, bisa dimulai dari menghilangkan bakteri lebih dulu.

Hasil dari berbagai penelitian menyatakan, daun Afrika ini mengandung banyak senyawa flavonoid yang punya aktivitas sebagai anti bakteri. Jadi tidak heran kan kalau daun afrika ini sering disebut sebagai obat herbal ampuh untuk mengatasi jerawat?

  • Caranya, dengan membuat masker dari daun afrika lebih dulu. Jemur daun afrika di bawah sinar matahari sampai kering. Proses ini mungkin bisa sampai berhari-hari apalagi kalau sedang musim hujan.
  • Kalau mau lebih cepat, kamu bisa memasukkan daun afrika ke oven bersuhu 150 – 160 derajat celcius. Daun afrika yang sudah kering lalu ditumbuk dan simpan di tempat yang rapat dan kering.
  • Masker dibuat dengan mencampurkan bubuk daun afrika dengan sedikit air. Air sendiri boleh diganti dengan madu untuk memaksimalkan fungsi antibakterinya.
  • Untuk obat jerawat, oleskan masker di jerawat membandel, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

2 9 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Setelah jerawat membandel hilang, masalah serius yang harus dihadapi adalah munculnya bekas-bekas jerawat di wajah. Biasanya bekas jerawat muncul dengan noda hitam yang susah hilang dan bikin penampilan jadi tidak oke.

Dari mana noda hitam itu terbentuk? Pada saat jerawat muncul, bakteri masuk ke pori-pori dan membuat kulit meradang. Peradangan hebat akan merusak kolagen dan lemak di bawah kulit, jadi muncullah bekas jerawat tersebut.

Daun afrika sendiri mengandung senyawa flavonoid, saponin dan alkaloid yang memapu meningkatkan kepadatam kolagen. Dengan kepadatan kolagen meningkat, maka proses penyembuhan luka akan lebih cepat sehingga bekas jerawat jadi lebih cepat pudar.

  • Untuk menghilangkan bekas jerawat ini, pakai masker daun afrika di wajah selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
  • Hasilnya tentu tidak instan jadi kamu harus rajin melakukannya setiap hari sampai didapat kulit kinclong bebas bekas jerawat.

3. Mencerahkan Kulit

3 8 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Kulit putih dan cerah memang jadi dambaan banyak orang, nggak heran kalau banyak produk pemutih wajah laris diburu di pasaran. Sayangnya, kadang beberapa produk menimbulkan efek samping untuk beberapa orang. Alih-alih cerah, kulit malah memerah atau justru lebih gelap karena reaksi yang tidak diinginkan.

Proses menggelapnya kulit dipengaruhi oleh melanosit yang menghasilkan melanin, sebuah pigmen yang menyebabkan warna gelap di kulit. Aktivitasnya dipengaruhi oleh aktivitas reseptor α-andrenergik.

Menurut penelitian, daun afrika dapat menghambat aktivitas reseptor  α-andrenergik tersebut dalam menghasilkan melanosit di kulit. Sehingga pigmen warna gelap di kulit akan tidak mudah terbentuk dan kulit lebih cerah secara perlahan.

Meski begitu, kamu harus ekstra bersabar untuk mendapatkan kulit cerah dari perawatan ini. Dari hasil penelitian di Nigeria, daun afrika dapat menghasilkan efek cerah di kulit setelah enam bulan pemakaian secara rutin. Selain mencerahkan, daun afrika juga memiliki zat-zat antioksidan, antibakteri dan anti parasit yang dapat membersihkan infeksi kulit.

Selain sebagai masker, kamu bisa mengkonsumi daun afrika dalam bentuk jus, direbus atau dimakan langsung sebagai sayuran pendamping makanan pokok. Rasanya memang pahit minta ampun saat dimakan langsung, tapi akan berubah manis setelah dicuci dengan air.

4. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

4 9 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Daun afrika atau yang disebut dengan bitter leaf ternyata sudah diproses sedemikian rupa dan dijual sebagai cream untuk melembabkan dan menghasilkan kulit. Daun afrika disebut dapat meningkatkan penurunan lemak di kulit sehingga tekstur kulit akan lebih baik.

Kandungan berbagai vitamin dalam daun afrika dapat menghambat terjadinya pembetukan radikal bebas yang merusak kulit, sehingga manfaat daun afrika untuk kecantikan adalah untuk meregerasi sel dan kulit jadi lebih sehat.

5. Mencegah Penuaan Dini

5 7 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Sering dengar kan kalau radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan sel dan memiliki efek tidak baik untuk kulit? Saat terpapar radikal bebas akibat sinar matahari, polusi, dan lain-lain, sel kulit akan cepat rusak sehingga kulit terlihat lebih tua.

Untuk melawan radikal bebas ini, diperlukan zat antioksidan salah satunya vitamin C. Vitamin C akan menhindarkan kerusakan sel kulit dan secara tidak langsung ikut berperan dalam menghambat proses penuaan dini.

Daun afrika memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Namun kamu harus berhati-hati dalam pengolahannya agar zat yang diinginkan ini tidak rusak. Misalnya, vitamin C akan rusak pada suhu 75 derajat Celsius tapi masih aman di suhu 45 derajat. Sehingga, kamu harus menghindari pengeringan daun dengan oven untuk menjaga kandungan vitamin C tetap aman.

6. Menyuburkan Rambut

6 7 - Secara Ilmiah, Ini Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan dan Cara Pengunaanya

Kandungan zat-zat dari daun afrika ini ternyata tidak cukup hanya untuk kulit saja, namun juga bisa untuk menyuburkan rambut lho.  Daun afrika mengandung lebih dari 20 persen protein yang ternyata baik untuk pertumbuhan rambut. Karena itu, manfaat daun afrika untuk kecantikan adalah membuat rambut terlihat lebih berkilau dan tetap hitam.

Di Nigeria sendiri, jus daun afrika sudah umum digunakan untuk mencegah rambut rontok dan meningkatkan kesuburan rambut. Namun ada juga yang menyiramkan jus daun afrika ke rambut setelah keramas, sebelum dioleskan kondisioner rambut.

Dengan banyakanya produk kecantikan yang dijual bebas, tak ada salahnya kembali ke produk-produk alami untuk memberikan hasil maksimal dan bebas efek samping. Toh ada banyak sekali manfaat daun afrika untuk kecantikan yang terbukti secara ilmiah sangat aman.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén