Begini Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama

Setiap warga negara Indonesia pasti memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan Indonesia. Karena ini akan jadi salah satu sumber cara mencari NIK KTP berdasarkan nama ataupun no KTP. Sobat Parasayu pun akan mengalami situasi yang sama ketika mengurus berbagai dokumen nantinya.

Biasanya nomor induk ini tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). NIK adalah deretan 16 digit nomor unik sebagai identitas masing-masing warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar di database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Nomor NIK memiliki fungsi dan peran penting dalam keseharian pemiliknya.

NIK biasanya diperlukan sebagai ketentuan wajib keperluan administrasi untuk mengurus berbagai keperluan penting seperti pendaftaran nomor handphone, pembuatan rekening bank, pesan tiket kereta api, dan lain-lain. Tetapi karena panjangnya nomor induk ini pastinya pemiliknya sendiri pun susah untuk mengingat-ingat. Hal ini pun menjadi masalah apalagi kalau ternyata KTP kamu terselip atau hilang di saat ada keperluan penting dan harus segera digunakan. Di saat emergensi seperti ini pasti akan terbesit pertanyaan apakah ada cara mencari NIK KTP berdasarkan nama?

Saat ini banyak cara tersedia untuk mengetahui NIK tanpa harus repot, karena sekarang masyarakat tidak perlu lagi berkunjung langsung ke kantor sipil untuk memperoleh informasi yang diperlukan. Hanya perlu menggunakan smartphone saja jadi tidak akan mengganggu kegiatan kamu sehari-hari. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengetahui Nomor Induk Kependudukan kamu:

  1. Cara mencari NIK KTP Melalui Whatsapp atau SMS

Cara mencari Nomor Induk Kependudukan yang pertama ini adalah yang termudah dan terpraktis. Saat ini hampir mayoritas orang pasti memiliki smartphone yang terhubung dengan internet atau wifi dan aplikasi WhatsApp sudah bukan hal asing lagi bagi warga Indonesia, yang menggunakan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pengecekan NIK melalui WhatsApp dapat dicoba dengan mengirimkan format sebagai berikut:

nama lengkap sesuai dengan KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota (contoh: John Smith,1234567891011121, kelurahan Mawar/kecamatan Melati/kota Bekasi)dan kirim ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479.

Apabila handphone yang digunakan tidak memiliki akses ke data internet atau wifi, tidak perlu khawatir karena cara cek NIK KTP juga bisa dilakukan melalui pesan singkat atau SMS dengan format SMS sebagai berikut:

Cek#KTP#NIK (contoh: Cek#KTP#1234567891011121) kemudian kirim ke nomor milik Disdukcapil Kemendagri 0815-3636-9999.

Meskipun balasannya tidak langsung diterima oleh pengirim, namun kamu tidak perlu menunggu lama untuk menerima balasan sesuai dengan permohonan yang dikirim, cara ini pun tidak mengeluarkan biaya yang besar.

  1. Cara Mencari NIK KTP melalui Facebook dan Twitter

Saat ini banyak kantor pemerintah yang memiliki akun media sosial. Salah satu nya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau yang disingkat dengan nama Dukcapil. Dukcapil memiliki dua akun resmi di media sosial, akun tersebut ada di Facebook dan Twitter, dengan dibuatnya akun media sosial ini harapan untuk memudahkan hubungan pemerintah dengan masyarakat dan sebaliknya. Kamu bisa memilih salah satu akun media sosial yang sesuai dengan akun yang kamu miliki. Akun Facebook resmi dari Dukcapil adalah ‘Ditjen Dukcapil’ sedangkan untuk akun Twitter yang resmi adalah @ccdukcapil.

Selain untuk kritik dan saran kamu juga bisa cari NIK KTP dengan mengirim pesan pribadi atau messenger di salah satu dari kedua media sosial tersebut. Dengan format seperti berikut:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan.

Kenapa melalui messenger? Kenapa tidak di post di halaman depan saja? Karena kalau post di depan tidak aman ya, informasi data diri kamu yang penting bisa saja dicuri dan disalahgunakan oleh orang lain dan akan merugikan kamu nantinya..

  1. Cara Mencari NIK Melalui Call Center Dukcapil

Apabila kamu sudah melakukan cara-cara mencari Nomor Induk Kependudukan KTP tersebut diatas tetapi tidak segera mendapatkan jawaban, Dukcapil juga memiliki Call Center Halo Dukcapil dengan menelpon di hotline di nomor 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. Cara ini tidak dianjurkan karena selain menghabiskan banyak pulsa untuk sekali telepon, Call Center Dukcapil ini sering kali mendapat kritik dari masyarakat karena terus sibuk dan tidak adanya respon dari petugas dan sayangnya tidak ada keterangan yang jelas jam berapa saja layanan ini beroperasi. Namun bila kamu berhasil terhubung dengan petugas call center Dukcapil, kamu bisa mendapatkan langsung NIK dan informasi lain yang kamu butuhkan dengan segera.

Dan perlu diketahui bahwa, kamu tidak bisa mendapatkan NIK hanya dengan menyebutkan nama saja ya. Karena tidak adanya bukti bahwa penelepon adalah pemilik identitas tersebut sehingga untuk menghindari tindakan pencurian identitas petugas yang akan merugikan kamu petugas akan meminta kamu untuk menyebutkan nomor Kartu Keluarga dan beberapa pertanyaan lainnya untuk mengkonfirmasi kebenaran identitas.

  1. Cara Mencari NIK melalui Email

Selain melalui pesan singkat, media sosial dan call center cara mencari NIK juga bisa dilakukan dengan mengirimkan surat elektronik atau email ke alamat callcenter.dukcapil@gmail.com. Kamu tidak perlu menulis surat yang panjang dan bertele-tele. Tulis saja format yang sudah ditentukan oleh Dukcapil ke badan email seperti berikut ini:

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan

Seperti cara mencari NIK menggunakan WhatsApp atau SMS, Balasan untuk email pun tidaklah langsung bisa kamu terima jadi kamu harus sabar menunggu, biasanya permintaan kamu akan diproses oleh petugas Dukcapil dalam 1 x 24 jam di hari kerja.

  1. Cara Cek NIK online melalui Situs Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil

Untuk memudahkan dan memberikan pilihan kepada masyarakat akses pencarian NIK KTP secara online juga dapat dilakukan di situs yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kamu dapat mengaksesnya melalui alamat situs di https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/.

Cara yang harus dilakukan adalah buka situs dengan mengetikkan alamat di browser pilihan pengguna atau cari di Google, setelah masuk ke halaman depan kemudian cari menu e-KTP dan isikan NIK pengguna dan tekan tombol enter. Apabila data KTP memang benar sah dan tersimpan dalam database Dukcapil, kamu kemudian akan diarahkan menuju halaman yang berisi data diri lengkap seperti yang tercantum di dalam KTP.

  1. Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama

Apakah ada cara mencari NIK KTP berdasarkan nama saja? Jawabnya adalah tidak ada. Mengingat data berupa Nomor Induk Kependudukan dan nama seseorang sangat penting, informasi ini bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, maka perlindungan terhadap data ini juga harus dijadikan perhatian dan diharapkan untuk berhati-hati dalam memberikan informasi diri..

Meskipun kamu tidak bisa mencari NIK menggunakan nama saja tapi kamu tetap bisa melakukan cara mencari NIK dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, jangan lupa untuk menyiapkan data pendukung seperti nomor KK untuk mengkonfirmasi permintaan dan identitas kamu kepada petugas.

Dengan mengetahui cara-cara mencari NIK KTP secara online dengan tanpa harus pergi ke kantor Dukcapil, diharapkan masyarakat dapat menerapkan cara ini untuk mempermudah menyelesaikan masalah tanpa harus mengganggu kegiatan sehari-hari.

mua parasayu