Cara Mudah Belajar Baca Alquran untuk Pemula

Belajar Al-Qur’an memanglah tidak mudah. Karena memang al-qur’an menggunakan bahasa arab yang bukan bahasa ibu anda sekalian. Namun anda tidak boleh berputus asa karena Allah telah menjanjikan pahala dan ganjaran yang besar bagi siapapun yang belajar alquran. Nah untuk anda yang mau belajar al-qur’an, berikut ada beberapa cara mudah belajar baca alquran.

Cara Mudah Belajar Alquran

  1. Memilih Guru yang Tepat

Dalam cara mudah belajar baca alquran (atau ilmu apapun itu) anda harus memilih guru yang tepat. Carilah guru yang fasih membaca al-qur’an, terutama orang yang memang sudah ahli dalam bidangnya untuk mengajar mengaji. Anda juga harus memilah guru mengaji anda memiliki sanad ilmu yang jelas, yang mengantarkan anda pada ulama’ terpercaya agar nantinya anda tidak tersesat atau salah jalan. Anda juga bisa memilih guru mengaji yang nyaman ketika anda belajar, agar anda bisa belajar dengan tenang dan menyenangkan. Adanya guru mengaji juga akan membantu anda untuk belajar dengan konsisten dan terarah.

  1. Menghafal Huruf Hijaiyah

Seperti saat belajar membaca pada umumnya, untuk bisa membaca al-qur’an dengan lancar dan benar anda harus menghafal huruf hijaiyah terlebih dahulu. Huruf hijaiyah adalah huruf yang ada dalam bahasa arab yang menjadi bahasa asli al-qur’an, tidak bisa diubah, ditambah ataupun dikurangi dan anda wajib mempelajarinya dengan benar. Ada 29 huruf hijaiyah yang wajib anda hafalkan.

  1. Memahami Tanda Baca (Harakat)

Setelah mempelajari huruf hijaiyah, langkah selanjutnya untuk belajar al-qur’an adalah dengan mengenal tanda baca yang ada dalam bahasa Arab. Tanda baca ini disebut dengan harakat dan berfungsi untuk menentukan pengucapan (seperti huruf vokal a, i, dan u) dalam kata bahasa arab. Terdapat harakat fathah (pengucapan A), kasrah (pengucapan I), dhammah (pengucapan u) dan sukun (pengucapan konsonan tanpa vokal). Terdapat juga harakat tanwin yang menandai pengucapan an, in, dan un tergantung dimana tanwin itu terletak. Untuk lebih jelasnya, anda bisa mempelajarinya bersama dengan guru mengaji anda ya!

  1. Mempelajari Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari cara membunyikan huruf, panjang pendeknya huruf, dan memberikan penekanan pada huruf tertentu. Ada 12 hukum utama bacaan tajwid yang wajib anda ketahui. Hukum tersebut terbagi atas hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, hukum idgham dan hukum mad. Tajwid akan mengajarkan anda cara membunyikan huruf, panjang pendeknya huruf, dan memberikan penekanan pada huruf tertentu dengan cara yang tepat.

  1. Belajar membaca dari Surat Pendek

Jika anda sudah mahir menghafal huruf hijaiyah, memahami tanda baca dan ilmu tajwid, anda bisa mulai belajar membaca al-qur’an dari sesuatu yang mudah misalnya dari membaca dan menghafalkan surat pendek. Selain untuk belajar, menghafalkan surat-surat pendek juga penting karena anda bisa mengamalkannya ketika sholat.

  1. Konsisten dan rajin

Terapkan niat dalam hati anda untuk selalu membaca al-qur’an dan tiada hari tanpa membaca al-qur’an. Semakin sering anda membaca al-qur’an, maka semakin cepat anda bisa lancar membaca al-qur’an. Buatlah jadwal untuk membaca al-qur’an agar anda konsisten.

  1. Bersungguh-sungguh dan Tekun

Meskipun sulit, belajar membaca al-qur’an harus dilakukan dengan bersungguh sungguh, rutin dan tidak mudah berputus asa. Jangan lupa bahwa pahala selalu mengalir bagi siapapun yang belajar membaca al-qur’an. Teruslah berikhtiar dan memperbaiki niat untuk beribadah kepada Allah SWT.

Nah itulah tadi beberapa cara mudah belajar membaca alquran terutama bagi anda para pemula. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda dalam belajar membaca al-qur’an. Tetap semangat dan selamat belajar!

mua parasayu