Cara Membuat Suara Merdu Saat Membaca Al Quran

Memiliki suara yang bagus merupakan anugrah yang diberikan Allah SWT. Akan lebih baik jika anugerah tersebut dimanfaatkan untuk hal baik seperti berdakwah atau melantunkan ayat suci al-qur’an. Namun untuk anda yang ingin melantunkan ayat suci al-qur’an dengan baik meskipun memiliki suara pas-pasan, ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk belajar Alquran. Berikut beberapa cara membuat suara merdu saat membaca al quran.

Cara Membaca Al quran dengan Merdu

  1. Melatih Makhorijul Huruf

Secara bahasa, makharijul huruf artinya adalah tempat keluarnya huruf. Maksudnya adalah tempat keluarnya huruf ketika diucapkan melalui lisan yang akan menimbulkan lafal, bunyi atau suara. Makharijul huruf hijaiyah bisa berada di rongga mulut, tenggorokan, pangkal lidah, langit-langit mulut, atau hanya di bibir saja. cara membuat suara merdu saat membaca al-qur’an bisa anda awali dengan melancarkan pengucapan-pengucapan huruf hijaiyah saat melantunkan ayat suci al-qur’an. Jika anda sudah bisa mengucapkan huruf hijaiyah dengan benar, membaca al-qur’an dengan merdu menjadi lebih mudah bukan?

  1. Melatih Kekuatan Suara

Kekuatan suara dan nafas juga harus anda latih loh. Seperti yang sudah anda ketahui, membaca ayat al-qur’an tidak boleh berhenti sembarangan dan harus dalam satu tarikan nafas. Anda tidak boleh menghentikan bacaan di tengah ayat. Itulah mengapa anda harus melatih nafas anda. kekuatan suara dan nafas dapat anda lakukan dengan melakukan latihan teknik pernapasan. Ada banyak cara untuk latihan teknik pernapasan salah satunya adalah dengan meniup lilin dari jarak jauh (sekitar 1,5 meter). Anda juga bisa menambahkan latihan teknik pernafasan perut untuk memperkuat nafas anda,

  1. Melatih Teknik Vibrasi

Teknik vibrasi merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk memperindah suara termasuk saat membaca al-qur’an. Teknik vibrasi juga bisa berfungsi sebagai unjuk ekspresi saat anda melantunkan ayat suci al-qur’an. Beberapa langkah agar anda bisa melatih vibrasi adalah dengan menempatkan tangan di dada (ulu hati) kemudian saat menyanyikan lagu, tekan dan lepas ulu hati anda beberapa kali. Rasakan suara anda bergetar ketika menyanyikan lagunya.

  1. Melatih Nada Tinggi

Nada tinggi bukan hanya bisa dinyanyikan orang berbakat loh. Nada tinggi masih bisa dilakukan dengan latihan rutin. Untuk melatih nada tinggi, anda bisa melakukan langkah berikut ini:

  • Cobalah untuk bernafas dengan rileks
  • Sering-seringlah memijat otot wajah dan rahang bagian bawah. Hal ini bisa merilekskan ketegangan rahang saat melakukan nada tinggi.
  • Lakukan gerakan memutar leher dan bahu hal ini bisa membantu merilekskan otot.
  • Rilekskan lengan saat mulai menarik suara.
  • Cobalah untuk melakukan nada tinggi dengan rileks dan tidak memaksa.
  1. Nikmati Suara Anda

Untuk mendapatkan nada tinggi saat melantunkan ayat suci al-qur’an, anda harus menikmati suara anda. lakukan sebaik mungkin yang anda bisa. Tidak perlu memaksa, tidak perlu meniru, tidak perlu membandingkan dengan orang lain. Lakukan saja semampu anda dan serileks mungkin. Jika anda menikmati suara anda, orang lain yang mendengarkan pun bisa menikmati suara anda.

Nah itulah tadi beberapa cara membuat suara merdu saat membaca al quran. Yang paling penting dari semua cara membuat suara merdu saat membaca al quran adalah konsisten, rajin dan bersungguh-sungguh dalam berlatih suara. Selain itu, anda juga harus percaya diri atas latihan anda. Semoga penjelasan diatas dapat membantu dan semoga langkah belajar anda selalu bernilai ibadah dan mendapat ganjaran dari Allah SWT. Semangat belajar!

mua parasayu