7 Cara Gerakan Kaki Renang Gaya Bebas

Ketika berenang tentu saja ada bagian-bagian tubuh yang harus bergerak sehingga dapat mengambang di air dan tubuh bergerak. Selain itu bagian-bagian tubuh yang bergerak juga sangat bergantung pada gaya renang apa yang dipilih. Misalkan Anda memilih gaya bebas maka bagian tubuh yang juga sangat penting diperhatikan yaitu gerakan kaki. Bagaimana cara melakukan gerakan kaki renang gaya bebas dan bagaimana pula teknik renang gaya bebas yang benar? Kita akan bahas selanjutnya ya.

Cara Melakukan Gerakan Kaki Renang Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan salah satu cabang renang yang pertama kali dilombakan di London Inggris pada tahun 1844. Sejak saat itu renang gaya bebas menjadi salah satu gaya favorit para pecinta olahraga renang.

Ketika berenang maka koordinasi seluruh anggota tubuh yang bergerak sangat dibutuhkan. Selain itu olahraga renang juga menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak manfaatnya seperti efektif untuk menurunkan berat badan, mengurangi stress, solusi penderita kolesterol dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak sekali manfaat yang diambil dari olahraga renang gaya bebas? Ketika melakukan olahraga renang dengan gaya bebas banyak sekali anggota badan yang bekerja salah satunya yaitu kaki.

Cara melakukan gerakan kaki renang gaya bebas ini juga tidak sembarangan, bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasan lengkap berikut ini:

  1. Gerakan kaki ketika meluncur

Ketika akan berenang dengan gaya bebas sudah pasti gerakan pertama yang harus dilakukan adalah meluncur. Apa fungsi kaki pada gerakan meluncur ini? Pada gerakan meluncur fungsi kaki sebagai pendorong tubuh untuk meluncur.

Dalam gerakan meluncur maka posisi badan harus berdiri dan menempel pada pinggiran kolam dengan salah satu telapak kaki menempel pada pinggiran kolam. Dimana telapa kaki yang menempel pada pinggiran kolam inilah yang berperan untuk mendorong tubuh meluncur ke depan.

Ketika melakukan gerakan meluncur Anda harus memastikan bahwa dorongan pada kaki sudah kuat sehingga tubuh Anda akan meluncur jauh ke depan.

  1. Kaki lurus setelah meluncur

Ketika berenang dengan gaya bebas maka posisi kaki harus benar-benar lurus setelah gerakan meluncur dilakukan atau setelah dorongan tubuh dilakukan. Sehingga pada posisi ini seluruh anggota badan mulai dari kepala sampai kaki lurus dan pastinya harus sejajar dengan permukaan air.

  1. Kaki lurus dengan bagian lutut ke bawah bergerak

Setelah tubuh sudah sejajar, maka gerakan kaki selanjutnya yang harus dilakukan untuk renang gaya bebas yaitu terpusat pada bagian lutut ke bawah. Hanya pada bagian lutut kebawah saja yang digerakkan secara perlahan seperti orang sedang berjalan sedangkan bagian lutut ke atas tetap lurus.

  1. Gerakan kaki untuk bergerak maju

Ketika akan bergerak maju ke depan maka bagian kaki yang sangat berperan adalah sendi pergelangan kaki. Dimana sendi pergelangan kaki harus digerakkan secara perlahan dan bergantian sehingga akan membuat tubuh terdorong ke depan.

  1. Gerakan kaki kanan dan kiri bergantian

Ketika melakukan gerakan kaki untuk renang gaya bebas maka pastikan kaki kanan dan juga kiri bergerak keatas dan ke bawah secara bergantian. Dimana hal ini tentu saja membutuhkan latihan yang rutin agar koordinasi antara kaki bagus.

  1. Koordinasi gerakan kaki dan lengan

Setelah Anda sudah menguasai gerakan kaki maka langkah selanjutnya yaitu menguasai gerakan lengan. Dimana koordinasi antara gerakan kaki dan juga lengan serta kepala dalam olahraga renang gaya bebas ini sangat penting.

  1. Latihan gerakan kaki

Jika Anda ingin latihan gerakan kaki renang gaya bebas, maka pastikan Anda melakukan latihan secara rutin. Dimana latihan dapat berpegang pada pinggir kolam, sambil meluncur atau meminta orang lain untuk memegang tangan Anda. Semoga bermanfaat.

mua parasayu