7 Teknik Renang Gaya Bebas yang Benar

Pecinta olahraga renang memang sangat banyak bahkan pertandingan renang menjadi salah satu olahraga yang di tunggu-tunggu. Salah satu teknik berenang yang cukup diminati oleh perenang adalah teknik renang gaya bebas. Renang gaya bebas sesuai namanya tidak memiliki atau menuntut posisi khusus.

Melihat orang yang berenang menggunakan teknik renang crawl stroke atau gaya bebas memang sangat menakjubkan. Bahkan orang yang menguasai teknik gaya bebas ini cukup jarang. Sehingga mempunyai kemampuan berenang dengan gaya bebas menjadi salah satu impian banyak orang terutama bagi orang-orang yang memang hobi berenang.

Selain itu berenang dengan gaya bebas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sehingga jika Anda ingin menguasai teknik berenang dengan gaya bebas pastikan Anda menyimak artikel ini hingga akhir.

Bagaimana Cara Melakukan Teknik Renang Gaya Bebas dengan Aman?

Melakukan teknik renang gaya bebas dengan aman menjadi salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan oleh para perenang khususnya bagi para pemula agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya yang sering terjadi adalah cedera otot tubuh. Bagaimana sih cara melakukan teknik berenang dengan gaya bebas itu? Langsung saja simak penjelasan lengkap berikut ini:

  1. Teknik meluncur dari atas kolam renang

Salah satu teknik awal yang harus diperhatikan sebelum berenang atau menjatuhkan diri ke dalam air adalah posisi awal tubuh sebelum masuk ke air atau kolam renang. Posisi tubuh sebelum masuk ke air harus membungkuk dengan salah satu kaki baik kanan maupun kiri maju ke depan.

  1. Teknik meluncur di dalam air

Selain meluncur dari atas kolam renang Anda juga dapat meluncur dengan posisi tubuh sudah berada di dalam air atau kolam renang. Teknik meluncur di dalam air yaitu dengan berdiri di dalam kolam dan badan menempel di pinggiran kolam kemudian salah satu telapak kaki menempel pada pinggiran kolam.

Untuk badan harus membungkuk dengan kepala menghadap ke bawah dan posisi tangan lurus ke depan sehingga badan sejajar dengan permukaan air. Terakhir lakukan dorongan dengan kaki yang menempel pada pinggiran kolam tersebut dengan kuat sehingga tubuh akan meluncur ke depan.

  1. Posisi tubuh di dalam air

Setelah melakukan gerakan meluncur maka posisi tubuh haruslah sejajar dengan kolam baik bagian kaki, tangan, sampai dengan kaki. Dimana istilah ini juga sering disebut dengan streamline.

  1. Teknik lengan dalam gaya bebas

Bagi para pemula yang ingin belajar renang dengan gaya bebas wajib mengetahui teknik-tekniknya salah satunya yaitu teknik gerakan lengan. Jika ingin melatih teknik ini Anda dapat melakukannya dengan 2 cara yaitu latihan ditempat dengan meminta bantuan orang lain untuk menahan kaki Anda dan yang kedua yaitu dengan meluncur.

  1. Teknik gerak kaki gaya bebas

Teknik kaki pada renang gaya bebas ini cukup mudah yaitu dengan cara meluruskan kaki mulai paha sampai ujung kaki kemudian gerakkan secara bergantian ke bagian bawah dan sejajar dengan permukaan air secara bergantian. Jika Anda masih pemula dapat melakukannya dengan berpegangan pada pinggir kolam maupun meminta bantuan orang lain.

  1. Pengambilan nafas renang gaya bebas

Kapan sih pengambilan nafas dilakukan ketika berenang dengan gaya bebas? Pengambilan nafas dilakukan saat posisi kepala miring. Satu hal lagi yang harus diperhatikan dimana pengambilan nafas sendiri Anda dapat memilih salah satu arah yaitu kanan atau kiri.

  1. Teknik koordinasi antara gerakan dan juga pernapasan

Teknik koordinasi mulai dari gerakan lengan, kaki, kepala dan juga pernapasan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam berenang dengan gaya bebas.

Demikian itu adalah 7 teknik renang gaya bebas yang harus diperhatikan khususnya bagi pemula agar Anda dapat berenang dengan benar, aman dan juga menyenangkan.