Kisah Inspiratif Islami yang Membuat Hatimu Bergetar

Membaca kisah inspiratif islami adalah salah satu cara untuk selalu mengingat Allah SWT. Mengapa? Kenapa dalam setiap kisah inspiratif islami, pasti terdapat amanat yang baik. Membaca kisah inspirasi islami juga dapat menambah wawasan anda terhadap ilmu-ilmu keislaman. Untuk itu, pada artikel ini akan dituliskan beberapa kisah inspiratif islami yang mungkin bisa memotivasi anda. Selamat Membaca.

Kisah Inspirasi Islami Tentang Kehidupan

Pada suatu hari, hiduplah petani tua yang juga memiliki pohon mangga di dekat sawahnya. Ia mendapati beberapa buah mangganya siap dipanen. Namun karena tidak membawa tangga, si petani tua memutuskan untuk memanen mangga esok hari saja.

Keesokan harinya, si petani tua datang kembali ke sawah sambil membawa tangga. Namun ia mendapati beberapa mangga matangnya telah hilang dan dicuri orang. Petani tua itu pun terlihat sedih dan murung. Salah satu teman si petani tua bertanya padanya.

“Apakah kau sedih karena manggamu dicuri orang? Tidak perlu bersedih, kau masih memiliki mangga yang lainnya”

“Aku tidak bersedih karena manggaku dicuri. Aku sedih karena pencuri itu pastilah dalam keadaan terdesak, kelaparan dan tidak memiliki uang untuk makan. Dia masih harus pergi kesini malam-malam dan memanjat pohon mangga yang tinggi ini dengan digigit semut”.

Teman si petani tua itu pun terkejut. Betapa baiknya hati temannya ini. Bukannya marah atau sedih karena mangganya dicuri, si petani tua justru sedih dan prihatin atas keadaan si pencuri.

Akhirnya, si petani tua itu meninggalkan tangga di pohon mangganya dan menuliskan sebuah pesan pada kertas yang digantung disana.

Keesokan harinya, ada seorang anak kecil yang datang dengan beberapa lembar uang ke rumah si petani tua dan mengatakan bahwa ia menyesal telah mencuri mangga si petani tua. Anak kecil itu tersentuh akan kebaikan si petani tua yang meninggalkan tangga di pohon mangga dan menuliskan pesan “Ambilah sesukamu. Datanglah padaku jika kau lapar”.

Mereka Pun saling bercerita dan si anak kecil berjanji untuk mencari uang dengan cara yang halal saja.

Kisah Inspiratif Islami tentang Sedekah

Pada suatu hari, hidup seorang ibu 3 anak yang pekerjaannya adalah tukang angkat barang di pasar. Ibu itu telah ditinggal mati suaminya karena sakit. Hari itu sangat terik, si ibu bekerja dari pagi dalam keadaan lapar karena tidak memiliki beras. Hingga sore hari, uangnya hanya terkumpul untuk membeli seekor ikan asin dan satu bungkus nasi. Dengan penuh syukur, si ibu segera pulang untuk memberikan nasi dan ikan asin itu pada anak-anaknya.

Namun di tengah jalan, si ibu ternyata melihat seekor kucing tergeletak di jalan dalam keadaan sekarat karena kelaparan. Tanpa pikir panjang, si ibu memberikan seekor ikan asin itu pada si kucing agar nyawanya selamat dan menganggapnya sedekah. Nantinya, dia akan menggoreng saja nasi tersebut dan mencampurnya dengan garam agar sedikit terasa.

Ternyata sesampainya dirumah, si ibu terkejut mendapati banyak sembako di depan. Bahkan anak anaknya sedang asik bercengkrama sambil memakan roti isi coklat. Rupanya, pak Kades memberikan semua sembako dan roti itu pada si ibu dan anak-anaknya karena kucing kesayangan pak kades kembali ke rumah setelah hilang selama 10 hari.

Pesan yang bisa diambil dari kisah tersebut adalah, teruslah bersedekah karena Allah pasti akan membalasnya ratusan kali lipat, meskipun sedekah anda hanyalah kepada kucing.

Demikian kumpulan beberapa kisah inspiratif islami yang mungkin dapat memotivasi anda. semoga dapat anda jadikan bacaan di waktu luang yang bermanfaat.