7 Makanan Khas Sulawesi Tengah yang Bakal Bikin Lidah Bergoyang

Keanekaragaman di wilayah Sulawesi menjadi salah satu faktor utama hadirnya ciri khas nan unik. Beberapa daerah khususnya di Sulawesi Tengah menghadirkan cita rasa khas dari sebuah kuliner. Jika Anda merupakan pemburu makanan yang aktif berwisata, terutama yang memburu kuliner nusantara khas Indonesia. Berikut akan dibahas makanan khas Sulawesi Tengah yang patut untuk dicoba.

  1. Kaledo

makanan khas Sulawesi Tengah

gambar via google.com

Apa itu Kaledo? Kaledo sendiri merupakan istilah dari Kaki Lembu Donggala (Kaledo) yang diolah menjadi hidangan berupa sup buntut. Hanya saja Kaledo ini berbahan dasar kaki lembu serta disajikan dengan ubi-ubian. Di daerah Sulawesi Tengah, Kaledo menjadi salah satu kuliner yang wajib dicicipi karena kenikmatannya.

Jika Anda hendak mencoba hidangan Kaledo, kunjungi Rumah Makan, Kaledo Abadi di Jalan Diponegoro No.75. Satu porsi Kaledo hanya dipatok sekitar Rp 37.000 saja. Cita rasa yang lembut nan gurih, membuat Kaledo banyak diburu oleh para wisatawan baik dari kalangan lokal maupun internasional.

  1. Uta Kelo

makanan khas Sulawesi Tengah

gambar via google.com

Selanjutnya terdapat rekomendasi hidangan khas dari Sulawesi Tengah bernama Uta Kelo. Uta Kelo sendiri merupakan makanan tradisional sekaligus ciri khas dari suku Kaili, Palu. Berbahan dasar santan dengan potongan ikan dan pisang kepok membuat masakan ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda.

Jika Anda berkunjung ke daerah Palu, tak ada salahnya untuk mencoba mencicipi Uta Kelo. Cukup menyiapkan Rp 15.000 per porsi. Anda dapat menyantap hidangan Uta Kelo dengan segala kenikmatannya. Anda tidak perlu risau dengan hasil yang akan diperoleh, sebab Uta Kelo memiliki nikmat yang tiada tara.

  1. Uta Dada

makanan khas Sulawesi Tengah

gambar via google.com

Jika sebelumnya telah membahas tentang Uta Kelo, selanjutnya akan diulas mengenai Uta Dada. Berbeda halnya dengan Uta Kelo, Uta Dada sendiri merupakan masakan bersantan dengan hidangan utama berupa ayam bakar beraneka macam bumbu. Uta Dada cocok dinikmati ketika musim penghujan tiba di sore hingga malam hari nan dingin

Jika Anda berminat untuk mencicipinya, berkunjunglah ke Rumah Makan Pandanjese di Jalan Uve Numpu Nomor 62, Kelurahan Donggala Kodi, Palu. Cukup menyiapkan kisaran dana sebesar Rp 35.000- Rp 50.000 saja, Anda dapat merasakan nikmatnya salah satu kuliner asli dari kota Palu ini.

  1. Nasi Jagung

nasi jagung

gambar via google.com

Poin keempat terdapat nasi jagung. Jika mendengar namanya mungkin terlalu biasa bagi para penikmat kuliner. Namun jangan salah, ternyata nasi jagung milik Sulawesi Tengah memiliki keunikan tersendiri. Bahan dasar jagung tua ini dihidangkan dengan sayur kelor atau wempol (asem), sehingga menambah cita rasa yang nikmat nan lezat.

  1. Kue Paranggi

Kue Paranggi

gambar via google.com

Beralih dari makanan berat, Anda dapat mencoba untuk menikmati camilan berupa Kue Paranggi. Kue Paranggi merupakan jajanan ringan yang berbahan dasar gula merah, soda kue, minyak, serta tepung terigu. Umumnya Kue Paranggi dapat dijadikan sebagai buah tangan bagi para wisatawan.

  1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta

gambar via google.com

Penggemar olahan ikan laut wajib mencoba kuliner Binte Biluhuta. Kuliner ini hadir dengan campuran ikan serta udang yang telah diolah. Ciri khas dari cita rasa Binte Biluhuta yakni asam manis pesan bercampur menjadi satu. Cukup siapkan dana sebesar Rp 10.000- Rp 17.000 per porsi untuk menyantap Binte Biluhuta ini.

  1. Tosu-Tosu Katue

makanan khas Sulawesi Tengah

gambar via google.com

Yang terakhir untuk rekomendasi makanan khas Sulawesi Tengah hadir pula Tosu-Tosu Katue. Berupa hidangan sate kerang yang unik dengan ciri khas rempah asli Nusantara.

Nah, itu dia makanan khas Sulawesi Tengah yang tidak kalah nikmat dari kuliner daerah lain. Jika kamu sempat mencicipi masakan dari sana tentunya kamu bakal mengetahui citarasa yang dirasakan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu akan dunia makanan nusantara.

mua parasayu