7 Makanan Khas Kepulauan Riau Legendaris Penggugah Selera

Kepulauan Riau merupakan salah satu tempat yang menjaga penuh keelokan serta keasrian dari berbagai segi sudut pandang. Termasuk kuliner, banyak wisatawan lokal berlomba-lomba agar dapat mencicipi berbagai ragam hidangan unik nan lezat. Bahkan jadi salah satu kuliner nusantara yang paling banyak diburu. Berikut akan dibahas rekomendasi 7 makanan khas Kepulauan Riau yang patut untuk dicoba.

  1. Gulai Ikan Patin

makanan khas kepulauan riau

gambar via google.com

Apa rekomendasi pertama untuk makanan daerah dari Kepulauan Riau? Yakni Gulai Ikan Patin, salah satu ciri khas olahan berbahan dasar ikan patin. Gulai Ikan Patin menjadi ciri khas tersendiri untuk hidangan daerah Kepulauan Riau. Sebab citarasa asam manis unik yang begitu lezat dan gurih.

Kaya akan kandungan protein, Gulai Ikan Patin umumnya diburu oleh wisatawan dari luar daerah untuk memperkaya asupan daya tahan tubuh. Tak perlu risau dengan kandungan lemak didalamnya, sebab Gulai Ikan Patin ini termasuk hidangan rendah lemak yang sehat.

  1. Ikan Selais Asap

makanan khas kepulauan riau

gambar via google.com

Selanjutnya untuk poin kedua terdapat olahan ikan laut yakni Ikan Selais Asap. Hidangan khas daerah Kepulauan Riau ini umumnya dicari oleh para wisatawan pemburu kuliner karena ciri khas daging. Daging yang dimasak pada hidangan tersebut memang bercita rasa khas pedas dan gurih.

Bagi Anda yang berminat mencicipi hidangan Ikan Selais Asap, tak perlu khawatir apabila kehabisan. Sebab untuk produksi ikan selai di Kepulauan Riau cukup banyak dan melimpah. Anda hanya perlu menyiapkan tenaga yang cukup baik untuk mengonsumsi hidangan ini. Hidangan yang cukup baik dalam menggugah selera makan

  1. Asam Pedas Baung

makanan khas kepulauan riau

gambar via google.com

Masih membahas tentang olahan ikan laut, selanjutnya terdapat hidangan Kepulauan Riau berupa Asam Pedas Baung. Sesuai dengan namanya Asam Pedas Baung, masakan ini didominasi dengan citarasa asam pedas yang gurih dan nikmat. Ikan Baung menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan makanan ini.

Tekstur dari ikan baung sendiri lembut dan kenyal sehingga nikmat saat dikonsumsi jangka panjang. Tak perlu khawatir bagi Anda yang sedang diet. Kandungan protein yang terdapat pada hidangan ini cukup tinggi serta rendah lemak. Ciri khas lain dari Asam Pedas Baung yakni kuah yang berwarna merah menyala sehingga menggoda lidah.

  1. Roti Canai

makanan khas kepulauan riau

gambar via google.com

Jika sebelumnya dibahas mengenai makanan yang berbobot berat, tidak ada salahnya untuk beralih mencoba makanan ringan. Di Kepulauan Riau, Roti Canai disajikan dengan kari daging kambing atau domba. Saat roti dicicipi, baiknya disantap bersamaan dengan kuah kari daging. Begitu nikmat sama halnya dengan Roti Canai buatan India.

  1. Mie Lendir

Mie Lendir

gambar via google.com

Bagi Anda yang terdengar asing dengan istilah makanan satu ini, yakni Mie Lendir. Tidak perlu risau dengan penampilan serta kualitas rasanya. Mie Lendir terbuat dari bahan dasar mie kuning serta telur dan tauge. Selain itu terdapat pula pelengkap seperti kacang tanah, rempah-rempah, serta ubi yang menambah cita rasa nikmat tersendiri.

  1. Ikan Salai Tamban

Ikan Salai Tamban

gambar via google.com

Kembali berbicara mengenai olahan ikan. Terdapat hidangan khas dari Kepulauan Riau yakni Ikan Salai Tamban. Berbahan dasar ikan salai, hidangan ini memiliki ciri khas asam manis yang unik. Anda tak perlu khawatir dengan kandungan lemak didalamnya. Sebab hidangan Ikan Salai Tamban cukup rendah lemak untuk dikonsumsi.

  1. Mie Tarempa Lembab

Mie Tarempa Lembab

gambar via google.com

Yang terakhir untuk rekomendasi makanan khas Kepulauan Riau, terdapat Mie Tarempa Lembab. Mie unik dengan cita rasa penyajian mie gepeng dan rebusan ikan tongkol kecil.

pop up mua parasayu 02