Makna Mendalam dari Rias Pengantin Jawa

Anda pasti sudah pernah melihat bagaimana riasan pengantin Jawa yang tegas namun kalem dalam waktu yang bersamaan. Rias pernikahan adat jawa dapat terlihat dari adanya paes ageng yang menghiasi kepala pengantin. Paes merupakan lekukan-lekukan di bagian dahi pengantin perempuan yang menyatu dengan rambut. Namun tahukah anda bahwa paes tidak bisa digambar sembarangan dan memiliki makna mendalam di dalamnya? Simak makna yang terkandung dalam paes rias pengantin jawa pada artikel di bawah ini.

Paes dalam Rias Pengantin Jawa

mua parasayu

Lukisan paes dalam rias pengantin Jawa biasanya dibuat dari campuran malam (lilin) dengan pewarna hitam atau hijau pekat. Namun sekarang, paes bisa dibuat dengan produk-produk make up yang dijual dipasaran, jadi dapat dipastikan aman untuk kulit. Paes merupakan tradisi rias pengantin adat Jawa sejak dulu. Kehadirannya bukan tanpa alasan. Setiap garisnya melambangkan do’a-do’a untuk kehidupan pengantin di masa mendatang. Apa saja sih makna yang terkandung dalam paes?

  1. Gajahan

Pembahasan akan dimulai dari gambar paes yang paling tengah. Lekukan yang paling lebar dan berada di tengah dahi disebut dengan gajahan. Gajahan ini bermakna kemuliaan perempuan. Dan mengandung harapan bahwa di kehidupan pernikahannya, perempuan akan selalu dihormati dan ditinggikan derajat hidupnya.

  1. Pengapit

Di sisi gajahan, terdapat 2 lekukan lagi. kedua lekukan tersebut lebih runcing dan tajam. Hal ini mengandung makna dan harapan agar pengantin bisa menjalani kehidupan dengan lurus, mulus dan tanpa rintangan berat.

  1. Penitis

Di sisi pengapit terdapat lekukan mirip seperti gajahan namun ukurannya lebih kecil. Ini melambangkan bahwa dalam menjalani kehidupan berumah tangga, perempuan harus memiliki cara efektif untuk memecahkan berbagai masalah dan memiliki tujuan dalam setiap langkah.

  1. Godheg

Lekukan yang terakhir bernama godheg yang berada di dekat telinga. Lekukan ini memiliki harapan agar pengantin selalu bertindak bijaksana dalam setiap langkah dan bisa introspeksi diri.

mua parasayu

  1. Cithak

Selain paes, rias pengantin Jawa biasanya juga menghadirkan cithak. Cithak merupakan tanda belah ketupat yang berada di tengah dahi di tengah alis. Cithak ini melambangkan kesetiaan dan mengharapkan pengantin bisa fokus pada pasangan dan kehidupan rumah tangganya saja.

  1. Alis Menjangan

Rias pengantin Jawa biasanya juga menampilkan alis dengan tampilan unik mirip dengan tanduk rusa. Saat ini, riasan alis menjangan sudah jarang dilakukan. Alis menjangan ini memiliki harapan agar perempuan yang menikah bisa meneladani sifat rusa yaitu cerdik, cerdas dan anggun.

  1. Sanggul Bokor Mengkurep

Tidak hanya paes, sanggul merupakan hal yang khas dari rias pengantin Jawa. Sanggul yang paling terkenal adalah sanggul bokor mengkurep yang ditutupi dengan rajutan bunga melati segar. Sanggul bokor mengkurep memiliki makna agar perempuan dapat hidup mandiri dan selalu bersyukur atas apapun yang dianugerahkan oleh Tuhan.

  1. Cunduk Mentul

Cunduk mentul adalah hiasan emas-emasan yang diletakkan diatas kepala pengantin wanita. Biasanya diantara rambut asli dan sanggul. Cunduk mentul tampak seperti matahari dengan harapan agar kehidupan pernikahan pengantin akan selalu disinari matahari dan kebahagiaan. Hiasan ini selalu dipasang dalam jumlah ganjil seperti 5, 7 atau 9.

Make Up Artist Rias Pengantin Jawa

mua parasayu

Karena tidak dapat digambar sembarangan, paes juga harus digambar oleh make up artist yang berpengalaman. Bahkan terkadang, terdapat tradisi bahwa perias pengantin Jawa harus melakukan puasa terlebih dahulu agar pengantin terlihat ‘manglingi’ (terlihat berbeda). Salah satu Make Up Artist yang bisa anda sewa untuk rias pengantin adat adalah MUA Parasayu. Parasayu adalah make up artist pengantin yang telah berpengalaman mendandani banyak pengantin jawa. Anda bisa melihat sendiri beberapa testimoni dan galeri dari MUA Parasayu di website mereka mua.parasayu.net. Parasayu juga memiliki harga yang terjangkau dan paket pernikahan terbaik yang bisa anda sesuaikan dengan budget anda.

Nah itulah tadi artikel mengenai makna mendalam dibalik rias pengantin Jawa. Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan anda. Semoga bermanfaat!