Cara Membuat Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA

Salah satu dokumen penting yang jadi syarat menikah di KUA yang perlu dipersiapkan saat Anda hendak menikah adalah surat pernyataan belum menikah untuk KUA. Surat pernyataan belum menikah merupakan persyaratan wajib bagi Anda  yang ingin  menikah. Namun banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membuat surat pernyataan belum menikah untuk KUA. Apakah Anda salah satunya? Jika ya, simak pembahasan lengkapnya di sini!

makeup pernikahan adat sunda

Persyaratan Pembuatan Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA

Sebelum membahas cara membuat Surat Pernyataan Belum Menikah, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Untuk persyaratannya sendiri antara lain :

  1. Surat Pengantar dari RT dan RW
  2. Fotokopi e-KTP Pemohon dan dua orang saksi
  3. Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  4. Surat pernyataan belum menikah dari kelurahan yang ditandatangani oleh lurah atau kepala desa setempat.
  5. Surat pernyataan belum menikah yang ditandatangani oleh orang tua/wali, dua orang saksi, dan RT/RW yang dilengkapi dengan materai 6000.

Prosedur Pengurusan Surat Pernyataan Belum Menikah

Jika semua persyaratan telah Anda miliki, tahapan selanjutnya adalah mengurus surat pernyataan belum menikah untuk KUA. Langkah -langkah pembuatannya antara lain :

  • Datanglah ke kecamatan sesuai dengan domisili atau alamat KTP Anda dengan membawa semua berkas persyaratan yang diperlukan,
  • Cek ulang apakah berkas yang Anda bawa sudah lengkap atau belum,
  • Berikan berkas Anda ke petugas kecamatan dan utarakan bahwa Anda ingin membuat Surat Pernyataan Belum Menikah.
  • Setelah itu petugas kecamatan akan mengecek kelengkapan berkas Anda.
  • Jika berkas Anda telah sesuai, petugas akan memproses berkas Anda dan membuat surat pernyataan belum menikah yang nantinya akan ditandatangani oleh camat setempat.

mua parasayu

Setelah semua langkah pembuatan Surat Pernyataan Belum Menikah dilakukan kini Anda hanya perlu menunggu hingga surat pernyataan belum menikah Anda selesai dibuat.

Jika berkas Anda lengkap dan tidak ada kendala maka Surat Pernyataan Belum Menikah Anda akan selesai dalam jangka waktu 15 Menit.

Namun ini bukanlah waktu mutlak, untuk waktu selesainya sendiri menyesuaikan pada kebijakan dari kecamatan setempat. Anda juga dapat menanyakan mengenai hal ini pada petugas kecamatan untuk mendapatkan informasi valid seputar kapan selesainya surat pernyataan belum menikah.

Nah, jika surat pernyataan belum menikah untuk KUA sudah di tangan, Anda menjadi selangkah lebih dekat dengan pernikahan impian Anda. Mengurus dokumen untuk menikah memang mudah untuk dilakukan sendiri.

Setelah selesai dengan pembuatan dokumen. Anda tentunya perlu mengurus persiapan acara pernikahan Anda. Persiapan pernikahan ini seperti mencari dan menentukan vendor penyedia paket riasan pengantin atau wedding package yang berkualitas namun terjangkau.

Kalau itu yang sedang Anda cari, Anda tidak perlu repot-repot mencari ke sana kemari, karena semua kebutuhan Anda untuk urusan pernikahan ada di mua.parasayu.net.

Tersedia berbagai paket pernikahan dan riasan pengantin untuk berbagai pilihan adat seperti rias pengantin adat jawa, sunda, Betawi dan masih banyak lagi. Bukan hanya riasan adat namun tersedia juga paket riasan islami yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Bukan hanya riasan pengantin. Anda juga dapat memesan jasa paket dokumentasi pernikahan dalam bentuk photoshoot maupun videoshoot.

Bukan hanya itu, jika Anda masih bingung untuk mencari jasa catering pernikahan yang menawarkan menu variatif nan lezat semua juga tersedia di mua.parasayu.net.

Wah, one stop solution, bukan?

Menyiapkan sebuah pernikahan memang tidak boleh main-main. Semua harus dipersiapkan dengan matang. Baik dari urusan pengurusan Surat Pernyataan Belum Menikah untuk KUA sampai ke pengurusan perlengkapan acara.

Persiapkan dengan baik pernikahan Anda dan raihlah momen pernikahan yang berkesan dalam hidup Anda.

makeup pernikahan adat sunda