Contoh Susunan Acara Akad Nikah

Bagi sebagian orang, menyusun acara akad nikah bukanlah perkara yang mudah. Terlebih pada momen ini, sangat sakral bagi kedua pasangan dan keluarga mempelai. Susunan acara akad nikah merupakan rangkaian acara yang akan dilakukan oleh calon suami istri untuk dalam melaksanakan acara ijab qabul. Hal ini di perlukan agar acara dapat dengan lancar dan hikmat dari awal hingga akhir.

Sedikit informasi, jika anda sedang mencari rias pengantin untuk acara pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tampil cantik di hari pernikahan dapat kita wujudkan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor telepon/WA 0895404100004 atau website mua.parasayu.net.

Contoh susunan acara akad nikah

Susunan acara akad nikah ini berbeda dari rundown acara pernikahan secara keseluruhan. Untuk itu, agar prosesi acara ijab qabul lancar dan hikmat, dibutuhkan susunan acara yang matang. Bagi anda yang masih bingung membuat susunan acara akad nikah, berikut contoh susunan acara akad nikah yang dapat anda contoh.

  1. Pembukaan

Sebelum masuk pada acara inti, acara akad nikah akan dibuka oleh MC. Pada acara ini akan di buka dengan bacaan bismillah dan doa dari tokoh agama yang sudah ditunjuk oleh pihak keluarga.

  1. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Kemudian acara di lanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Biasanya ayat yang dibacakan mengenai pernikahan yang tercantum dalam Al-Qur’an. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an biasanya di lakukan oleh qori yang sudah di tunjuk oleh keluarga.

  1. Ceramah pernikahan singkat atau Khutbah nikah

Setelah pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilakukan, maka acara dilanjutkan oleh khutbah singkat oleh penghulu atau tokoh pemuka agama yang sudah ditunjuk. Ceramah singkat ini biasanya akan memberikan nasihat-nasihat kepada kedua mempelai.

  1. Pembacaan istighfar dan syahadat

Kemudian setelah itu, petugas penghulu akan memimpin pembacaan istighfar dan syahadat kepada calon mempelai pria. Prosesi ini dilakukan agar pada prosesi ijab qabul lancar dan dimudahkan oleh Allah SWT. Setelah selesai, maka acara akan dilanjutkan kepada prosesi inti yaitu acara ijab qabul pernikahan.

  1. Ijab qabul

Setelah serangkaian acara sudah dilakukan, kemudian masuk pada acara inti yaitu ijab qabul. Acara ini akan dipimpin oleh penghulu, kemudian pihak mempelai pria, wali nikah serta saksi yang sudah disiapkan.

  1. Pembacaan doa setelah ijab qabul

Singkatnya setelah acara ijab qabul sukses dilaksanakan maka acara dilanjutkan dengan pembacaan doa pernikahan. Pembacaan doa ini bisanya dipimpin oleh penghulu atau tokoh agama yang sudah ditentukan oleh pihak keluarga.

  1. Penandatanganan berkas pernikahan

Kemudian setelah acara doa selesai, maka acara dilanjutkan dengan penandatangan berkas-berkas pernikahan. Penghulu dari KUA akan memberikan sejumlah berkas yang harus ditanda tangani oleh kedua pengantin, baik itu buku nikah dan yang lainnya.

  1. Serah terima mahar pernikahan

Acara kemudian dilanjutkan dengan pihak pengantin pria memberikan mahar yang sudah ditentukan kepada pihak mempelai wanita. Untuk menghemat waktu, biasanya acara penyerahan mahar di lakukan secara simbolis.

  1. Tukar cincin

Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan tukar cincin. Kedua pengantin, akan bergantian memberikan sekaligus memasangkan cincin pernikahan kepada pasangannya.

  1. Nasihat pernikahan

Kemudian acara dilanjutkan dengan ceramah dan nasihat pernikahan yang dilakukan oleh tokoh agama yang sudah ditentukan. Pada momen ini, tokoh agama akan memberikan ceramah singkat kepada tamu hadirin secara umum dan terkhusus bagi kedua calon mempelai. Dari mulai cara membangun rumah tangga yang baik menurut agama Islam serta hal yang lainnya.

  1. Penutup

Setelah semua rangkaian acara dilaksanakan, maka acara yang terakhir yaitu penutup. Acara ini akan dipandu oleh MC, sekaligus akan menunjuk tokoh agama untuk memimpin doa penutup. Tidak lupa MC berterima kasih kepada seluruh hadirin yang mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Nah, itu dia contoh susunan acara akad nikah yang dapat anda gunakan. Dengan susunan dan perencanaan yang matang, proses acara akad dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Bagi anda yang sedang mencari jasa make up artist untuk rias pengantin, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan, MUA yang profesional tentu riasan pengantin anda akan tampak cantik memukau. Untuk informasi paket pernikahan selengkapnya, anda dapat menghubungi MUA Parasayu di nomor telepon/WA 0895404100004, atau anda dapat menghunjungi website mua.parasayu.net.