Begini Susunan Acara Tunangan yang Lengkap dan Tepat

Pernikahan merupakan moment yang ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai. Sebelum melangsungkan pernikahan, biasanya kedua calon mempelai tersebut melakukan acara tunangan terlebih dahulu. Prosesi tunangan atau lamaran biasanya dilakukan 3 bulan atau 6 bulan sebelum acara pernikahan. Banyaknya hal yang pikirkan oleh kedua mempelai terkadang membuat bingung bagaimana cara membuat susunan acara tunangan yang benar.

Susunan Acara Tunangan dari Awal hingga Akhir

Menyusun acara lamaran atau tunangan berfungsi untuk memudahkan acara pada proses lamaran. Hal ini perlu dilakukan agar pada hari yang sudah ditetapakan di acara tersebut dapat lancar tanpa ada kendala. Bagi teman parasayu yang masih bingung menyusun langkah apa saja yang dilakukan pada acara tunangan, pada pembahasan kali ini kita akan memberikan susunan acara tunangan yang dapat anda tiru. Untuk lebih lengkapnya simak ulasanya dibawah ini.

  1. Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Pria

Prosesi lamaran diawali dengan kedatangan keluarga calon mempelai pria di tempat yang sudah ditentukan, baik itu dirumah maupun di tempat lainnya. Selanjutnya, keluarga dari pihak mempelai wanita mempersilahkan dari keluarga pria untuk masuk ke tempat acara.

  1. Keluarga Pria Menyerahkan Seserahan

Selanjutnya, setelah datang ketempat acara, keluarga pihak pria menyerahkan seserahan barang yang sudah dibawa kepada pihak wanita. Kemudian, pihak keluarga wanita menerima seserahan yang diberikan dari pihak pria.

  1. MC Membuka Acara Tunangan

Setelah semua berada ditempat acara, MC membuka acara tunangan dan mempersilahkan kepada pihak keluarga untuk duduk. Kemudian MC membacakan dengan singkat urutan acara yang akan dilakukan.

  1. Perwakilan Pihak Keluarga Pria Menyampaikan Maksud dan Tujuan sekaligus Memperkenalkan Keluarga Pihak Kelurga Pria

Pihak MC memberikan kesempatan kepada perwakilan pihak pria untuk mengutarakan maksud dan tujuan. Kemudian, pihak pria mengutarakan maksud dan tujuan mereka datang kepada pihak keluarga wanita. Pada kesempatan ini juga, perwakilan dari pihak pria juga memperkenalkan satu persatu dari pihak keluarga pria.

  1. Perwakilan Pihak Keluarga Wanita Menanggapi maksud dan Tujuan sekaligus Memperkenalkan Keluarga Kepada Pihak Keluarga Pria

Selanjutanya, setelah pihak keluarga pria menyampaikan maksud dan tujuan. Sebelum menanggapi maksud dan tujuan keluarga pria, perwakilan dari pihak keluarga wanita memperkenalkan keluarga dan pihak wanita kemudian dilanjutkan dengan pihak keluarga wanita menganggapi tujuan dan maksud yang diutarakan oleh pihak pria.

  1. Bertukar Cicin sebagai Pengikat

Setelah perwakilan pria dan wanita berkomunikasi, selanjutnya pihak pria dan wanita bertukar cincin sebagai pengikat bahwanya kedua keluarga sudah menyetujui untuk melangkah ke jenjang selanjutnya yaitu pernikahan. Sebagai informasi, bentuk pengikat tidak harus berupa cincin saja. Hal ini bisa digantikan dengan bentuk lainnya seperti plakat dan sebagainya.

  1. Penutupan Sekaligus Pembacaan Do’a

Setelah proses tukar cincin, kemudian acara ditutup dengan membaca do’a agar semua lancar pada hari pernikahan.

  1. Pihak Keluarga Pria Mengucapkan Berpamitan Kepada Pihak Keluarga Wanita

Setelah berdo’a, pihak keluarga pria menghaturkan terima kasih telah disambut dengan baik dan diterima maksud tujuan mereka. Kemudian berpamitan sebagai tanda acara tunangan tersebut telah usai.

  1. Pihak Keluarga Wanita Mengucapkan Terima Kasih

Pihak keluarga wanita menghaturkan terima kasih telah berkunjung dan mengutaran maksud serta tujuan tersebut.

  1. Pihak Keluarga Wanita Memberikan Seserahan Balik Kepada Pihak Pria

Selum acara selesai, pihak keluarga wanita memberikan seserahan atau bingkisan kepada pihak pria. Sebagai tanda terima kasih telah berkunjung dan bersilahturahmi.

  1. Ramah Tamah sekaligus Makan Besama-sama

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan ramah taman dan makan bersama antar kedua keluarga.

  1. Dokumentasi Berupa Photo Bersama Kedua Keluarga Mempelai

Sebelum acara usai, pihak keluarga mendokumentasi acara tunangan dengan foto bersama.

Susunan acara tunangan diatas dapat anda gunakan agar acara yang anda lakukan lebih tersusun dan rapih. Dalam acara tunangan, tentunya anda ingin terlihat cantik dan menawan , jika anda membutuhkan make up acara lamaran, anda bisa menghubungi kami mua.parasayu.net untuk mendapatkan make up yang memukau di moment yang spesial. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga lancar sampai hari pernikahan.

makeup pernikahan adat sunda