Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat Sesuai Syariat

Pembaca Parasayu yang budiman, shalat dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan dan keistimewaan. Allah SWT telah menjanjikan kecukupan rezeki bagi siapapun yang mengerjakan sholat dhuha ini. Sholat dhuha dapat dilakukan dengan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan salam setiap 2 rakaat. Pembahasan kali ini akan fokus pada tata cara sholat dhuha 4 rakaat. Bagaimana sih tata cara sholat dhuha 4 rakaat yang benar? Simak selengkapnya berikut ini.

Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat

  1. Niat sholat dhuha

Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

Arab-latin: Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Artinya:” Aku niat sholat sunat dhuha karena Allah ta’ala.”

Mengapa niatnya hanya 2 rakaat? Karena meskipun anda melakukan sholat dhuha 4 rakaat, anda harus melakukannya dengan 2 kali salam. jadi niat yang anda lakukan tetap hanya untuk 2 rakaat sholat.

  1. Takbiratul ihram

  2. Membaca doa iftitah

Membaca doa iftitah sifatnya sunnah, boleh dilakukan selayaknya sholat fardhu namun jika tidak dilakukan tidak akan membuat sholat dhuha tidak sah.

  1. Membaca surat al-fatihah

  2. Membaca surat pendek

Pada rakaat pertama sholat dhuha, anda dianjurkan untuk membaca surat ad-dhuha. Namun jika belum hafal anda bisa membaca surat pendek lainnya.

  1. Rukuk dengan tuma’ninah

  2. I’tidal dengan tuma’ninah

  3. Sujud dengan tuma’ninah

  4. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah

  5. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua

Setelah itu lakukan sama seperti rakaat pertama hingga sujud kedua. Pada rakaat kedua, anda dianjurkan untuk membaca surat pendek As-syams.

  1. Tasyahud akhir dengan tuma’ninah

Setelah sujud kedua di rakaat kedua, lakukan tasyahud akhir dengan bacaan sama dengan sholat fardhu.

  1. Salam

  2. Berdiri kembali

Untuk melakukan sholat dhuha 4 rakaat, berdiri kembali setelah salam dan lakukan niat kembali hingga salam. untuk bacaan surat pendek, anda bisa tetap membaca Ad-Dhuha dan As-Syams atau menggantinya dengan surat Al-Insyirah dan surat Al-Ikhlas atau ayat kursi.

  1. Membaca do’a setelah sholat dhuha

Bacaan doa setelah dhuha adalah sebagai berikut:

Yang artinya sebagai berikut :

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu. Keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada diatas langit maka turunkanllah, apabila berada didalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah. Dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang Shalih”.

Pertanyaan Seputar Shalat Dhuha

  1. Apa saja keutamaan shalat dhuha?

Diantara keutamaan sholat dhuha adalah dibuatkan istana di surga, diampuni dosanya, mencegah penyakit, memperlancar rezeki, termasuk waktu terbaik untuk berdo’a, mendapatkan pahala setara dengan ibadah umrah, menjadi sedekah untuk seluruh persendian tubuh, keuntungan besar yang tidak disebutkan, dan menjadi sholatnya orang-orang yang kembali taat.

  1. Apa hukum sholat dhuha?

Shalat dhuha hukumnya sunnah. Mendapat pahala jika dilakukan dan tidak mendapat apa-apa jika tidak melakukan.

  1. Kapan waktu dilaksanakannya sholat dhuha?

Sholat dhuha bisa dilaksanakan saat mulai meningginya matahari hingga beberapa saat sebelum zawal. Di Indonesia, sholat dhuha biasa dilaksanakan pukul 08.30 WIB hingga 10.30 WIB.

  1. Shalat Dhuha bacaannya keras atau lirih?

Semua sholat yang dilaksanakan di siang hari (saat terang) maka bacaannya adalah sirriyah atau lirih dan tidak dikeraskan. Hal ini bisa dikecualikan untuk anak-anak yang sedang belajar sholat dhuha dan melakukannya bersama-sama.

Demikian penjelasan lengkap mengenai tata cara sholat dhuha 4 rakaat. Semoga penjelasan diatas dapat menjadi panduan anda dan semoga anda selalu istiqomah untuk melaksanakan sholat dhuha 4 rakaat setiap hari.