Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui tips memilih souvenir pernikahan. Kenapa? Sebab souvenir pernikahan tidak bisa disediakan asal-asalan, kecuali kamu mau menyesal di akhir dan terkadang malah sampai kena cibiran para tamu.

7 Tips Memilih Souvenir Pernikahan

tips memilih souvenir pernikahan

Sumber thebridedept.com

Untuk memastikan itu tidak terjadi, kamu bisa memperhatikan beberapa tips memilih souvenir pernikahan berikut ini yang sekaligus juga menjadi langkah-langkah memutuskan mana souvenir yang akan kamu pilih:

  1. Sesuaikan souvenir pernikahan dengan budget

Pertama kali dalam memilih souvenir adalah melihat harganya. Kamu perlu sesuaikan dengan bugdet yang ada. Pasalnya acara pernikahan membutuhkan budget yang banyak dan tidak mungkin untuk dihabiskan hanya untuk membeli souvenir pernikahan.

Hal ini mencegah terjadinya overbudget. Kamu bisa memilih souvenir dengan harga yang terjangkau dan tentunya masih bisa bermanfaat bagi para tamu undangan. Contoh souvenir pernikahan yang tidak menghabiskan budget adalah sisir, gantungan kecil, bross, dan lain-lain.

  1. Sesuaikan souvenir pernikahan dengan tema pesta pernikahan

Selanjutnya kamu harus pandai menyesuaikan souvenir pernikahan dengan tema pesta pernikahan yang akan kamu gelar. Dengan begitu kamu jadi lebih mudah melakukan survay harga tentang souvenir pernikahan. Misal tema pernikahan kamu adalah princess wedding, kamu bisa memberikan souvenir pernikaha berupa gantungan kunci pernikahan raja dan ratu berinisial nama pengantin.

  1. Memesan souvenir pernikahan jauh hari

Ada baiknya kamu memesan souvenir pernikahan jauh hari sebelum pelaksanaan acara pernikahan. Hal ini untuk mencegah kamu terlewat memesan souvenir pernikahan dan pada waktu yang dekat pelaksanaan pernikahan kamu tinggal fokus saja.

Selain itu pemesanan souvenir pernikahan yang jauh hari pastinya memiliki harga yang lebih murah dibanding yang serba cepat dan dadakan. Otomatis harga pemesanan akan lebih mahal. Kamu bisa memperoleh souvenir pernikahan sesuai yang kamu mimpikan dari vendor yang bagus.

  1. Memilih souvenir pernikahan yang mudah dibawa

Tamu undangan yang datang ke pesta pernikahan kita pastinya tidak ingin kerepotan dalam membawa souvenir yang kita berikan. Apalagi mereka menjadi kesulitan saat mengambil makanan yang kita sajikan di pesta pernikahan.

Jadi ada baiknya, kamu memilih souvenir pernikahan yang mudah di bawa. Pilihlah ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa. Ataupun jika mengkehendaki ukuran souvenir yang besar, bisa kamu berikan voucher dan ditukarkan saat pulang.

  1. Pesan souvenir pernikahan sesuai jumlah undangan

Agar tidak terlalu overbudget dalam pembelian souvenir pernikahan adalah memesan souvenir sesuai jumlah undangan. Biasanya harga souvenir pernikahan semakin banyak semakin murah. Dan semakin sedikit semakin mahal. Misalnya tamu undangan kamu adalah 400 orang, maka kamu harus memesan souvenir sejumlah 400 ditambah 10% (40 buah) untuk jaga-jaga jika ada yang minta tambah.

  1. Memilih souvenir yang berguna

Terkadang aspek yang terlupakan dalam memilih souvenir adalah aspek manfaat. Kebanyakan orang memilih souvenir secara asal dan kurang memilih barang yang berguna. Nah ada baiknya, kamu memilih souvenir yang berguna bagi tamu undangan. Jadi selain digunakan sebagai cinderamata juga bisa digunakan dalam sehari-hari. Misalnya potongan kuku, sisir, pouch kecil, kipas.

  1. Memilih kemasan souvenir yang unik

Setelah menentukan hendak memberikan souvenir pernikahan seperti apa, kamu harus memilih kemasan yang unik. Kemasan yang unik akan memberikan kesan menarik pada souvenir pernikahan di pesta pernikahanmu. Tentunya para tamu undangan akan selalu terkenang. Kamu bisa menambahkan pita cantik dan tulisan yang menarik pada kemasan souvenir.

Itulah beberapa tips memilih souvenir pernikahan. Tentu akan sangat baik jika kamu bicarakan dengan pasangan secara terbuka.