Tips Memulai Usaha Souvenir Pernikahan, Cepat Balik Modal

Tips memulai usaha souvenir pernikahan pasti ada banyak sekali di situs-situs usaha. Tetapi tidak semuanya yang benar-benar kredible. Padahal Pernikahan hampir terjadi setiap hari sehingga bisnis souvenir pernikahan tidak akan pernah mati.

gif,GIF89a%01%00%01%00%80%00%00%00%00%00%FF%FF%FF%21%F9%04%01%00%00%00%00%2C%00%00%00%00%01%00%01%00%00%02%01D%00%3B - Tips Memulai Usaha Souvenir Pernikahan, Cepat Balik Modal

sumber huffpost.com

Balik modal hingga untung besar setiap bulannya dari bisnis yang satu ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menemukan strategi yang tepat. Berikut adalah tips memulai usaha souvenir pernikahan bagi kamu yang ingin cepat balik modal:

  1. Pertimbangkan Harga Jual

Ada dua tipe pengusaha souvenir, yaitu yang membuat produknya sendiri atau yang menjual produk orang lain. Kedua tipe tersebut memiliki kebutuhan modal yang berbeda sehingga berdampak pada harga jual.

Setelah anda mengetahui modal yang kamu butuhkan untuk setiap produknya, tentukan harga jual. Lakukan survey pasar untuk mengetahui harga yang layak. Jangan jual terlalu mahal karena produk kamu akan susah laku. Namun, juga jangan jual terlalu murah karena kamu bisa rugi.

  1. Jual Produk yang Unik

Agar produk kamu memiliki nilai lebih di mata pembeli, juallah produk yang unik. Agar dapat membuat produk yang unik dan menarik, kamu harus memiliki jiwa yang kreatif serta inovatif.

Kalau kamu merasa kurang kreatif, jangan putus asa. Kamu dapat mengikuti kursus membuat souvenir dan mencari ide souvenir di internet agar menambah kreativitas yang kamu miliki.

  1. Lakukan Promosi

Karena bisnis ini baru kamu rintis, tidak semua orang mengetahuinya. Karena itu, kamu perlu melakukan promosi. Lakukan promosi di sosial media yang banyak dipakai orang, mulai dari Instagram, Facebook, hingga Twitter.

Kamu juga dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut melalui teman atau pelanggan yang merasa puas. Promosi dari mulut ke mulut lebih efektif mendatangkan kepercayaan pelanggan.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Kalau kamu sudah berhasil melakukan promosi dan calon pembeli mulai datang, jangan sia-siakan kesempatan ini karena kamu telah mengeluarkan modal uang dan tenaga untuk melakukan promosi.

Layani calon pembeli dengan baik. Jika mereka menanyakan produk via chat, respons dengan cepat sehingga mereka merasa penting. Selain itu, pelanggan yang merasa puas akan pelayanan kamu akan merekomendasikan toko kamu ke kenalannya sehingga terjadilah promosi dari mulut ke mulut.

  1. Jaga Konsumen Lama

Meskipun pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup bagi kebanyakan orang. Namun, kamu tetap harus menjaga relasi dengan konsumen yang pernah membeli souvenir di toko kamu. Alasannya adalah strategi promosi dari mulut ke mulut. Dengan menjaga konsumen lama, kamu telah melakukan investasi panjang.

Anggap saja satu konsumen memiliki minimal 5 teman. Kalau dia puas dengan pelayanan yang kamu berikan, konsumen tersebut akan menceritakan bisnis kamu kepada lima kerabatnya tersebut.

Jika kita 2 saja orang yang tertarik dan membeli produk kamu hingga puas dengan pelayanan kamu lagi, mereka akan menceritakannya lagi kepada kenalan mereka yang lain hingga akhirnya bisnis souvenir pernikahan kamu memiliki rekam jejak yang bagus.

  1. Buat Brand

Tips memulai usaha souvenir pernikahan yang terakhir adalah bentuk sebuah brand yang menggambarkan identitas bisnis souvenir kamu. Buat nama dan logo yang mudah diingat oleh pelanggan.

Sisipkan logo brand bisnis souvenir pernikahan kamu di setiap produk yang terjual sehingga orang tahu bahwa bisnis kamu telah eksis.

Dari keenam tips memulai usaha souvenir pernikahan tersebut, hal yang paling penting adalah lakukan sekarang juga! Tanpa kamu memulai pergerakan untuk memulai bisnis souvenir pernikahan tersebut, kamu tidak akan pernah balik modal, apalagi mendapatkan untung.