Tips Resepsi Pernikahan Di Rumah, Murah Tapi Berkesan

Demi mempersiapkan acara resepsi yang matang dan dengan biaya murah, kita perlu tips resepsi pernikahan di rumah. Mengapa? Sebab semua acara butuh persiapan, apalagi itu sekelas resepsi pernikahan pasti membutuhkan persiapan yang benar-benar matang.

Jika sekarang makin banyak orang yang mengadakan resepsi pernikahan di gedung, kamu justru dapat melakukannya sendiri di rumah. Menggelar resepsi pernikahan di rumah memang lebih merepotkan, namun memiliki nilai lebih terutama budget yang bisa disesuakan. Berikut ini adalah beberapa tips resepsi pernikahan di rumah yang dapat membantu kamu:

  1. Buat daftar tamu

Sebelum kamu memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan di rumah, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jumlah tamu yang akan datang. Jangan sampai resepsi pernikahan jadi berantakan karena jumlah tamu melebihi perkiraan.

Dengan mengetahui jumlah tamu, kamu dapat menentukan seberapa besar tenda yang diperlukan, jumlah kursi, hingga katering yang akan dihidangkan.

  1. Siapkan kamar tamu

Menggelar resepsi pernikahan di rumah berarti kamu juga harus bersiap dengan tamu yang akan menginap. Kebanyakan tamu seperti itu adalah saudara dekat. Persiapkan kamar tamu yang nyaman dan bersih untuk mereka beristirahat. Jangan lupa pula membersihkan seluruh isi rumah, terutama kamar mandi agar tamu betah di rumah.

Jika jumlah saudara yang akan menginap melebihi jumlah kamar tamu yang ada, sebaiknya siapkan kasur atau alas tidur tambahan sehingga mereka tetap dapat beristirahat dengan baik meskipun berada di ruang tamu atau ruang lainnya.

  1. Sediakan lahan parkir

Selain mempersiapkan katering, kamu juga harus memastikan tersedianya lahan parkir yang cukup luas dan dekat dari lokasi pesta. Kamu dapat meminta bantuan beberapa tetangga atau pemuda setempat untuk mengatur kendaraan yang akan parkir ketika pesta resepsi pernikahan digelar. Jangan sampai tamu jadi kerepotan mencari tempat parkirnya sendiri, ya.

  1. Gunakan jasa wedding organizer

Jika kamu ingin mendapatkan pengalaman resepsi pernikahan yang benar-benar idaman, sebaiknya mintalah bantuan wedding organizer. Wedding organizer akan mempersiapkan segalanya untukmu, mulai dari busana, tenda, pelaminan, hingga dokumentasi.

Jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu dapat mendiskusikannya pada pihak wedding organizer sehingga mereka tetap akan memberikan layanan terbaik sesuai dengan dana yang kamu miliki. Namun pastikan bahwa wedding organizer yang kamu gunakan memiliki kredibilitas yang tinggi, ya. Kamu dapat meminta rekomendasi dari beberapa teman yang telah menggunakan jasa WO.

  1. Minta bantuan kerabat sebagai panitia

Daripada menghabiskan dana untuk menyewa usher event sebagai penyambut tamu undangan, lebih baik kamu meminta bantuan kerabat terdekat. Mereka tentu juga akan merasa lebih senang karena dapat berpartisipasi dalam sebuah resepsi pernikahan yang menyenangkan. Persiapkan pakaian yang serasi dengan tema resepsi pernikahan agar penampilan mereka semakin menarik.

  1. Minta izin

Hal penting lain yang wajib kamu lakukan sebelum menggelar resepsi pernikahan di rumah adalah meminta izin pada kepala lingkungan setempat dan tetangga sekitar. Jangan sampai mereka merasa terganggu akibat acara yang kamu gelar. Apalagi jika halaman rumah mereka kamu perlukan untuk tenda atau tempat parkir, maka sudah seharusnya kamu meminta izin pada mereka terlebih dahulu.

Namun jika rumah kamu berada di lokasi yang akan menimbulkan keramaian hingga mengakibatkan gangguan lalu lintas, maka kamu juga perlu meminta izin dari pihak kepolisian agar resepsi pernikahan tetap dapat berjalan dengan baik.