10 Peran dan Tugas Penting Sebagai Wedding Organizer

Salah satu bisnis yang sedang berkembang belakangan ini adalah wedding organizer. Peluang bisnis yang satu ini semakin dilirik karena setiap tahunnya pasti ada orang yang akan menikah. Menjadi wedding organizer memang bisa memberikan pemasukan yang sangat banyak.

Namun, tentunya pekerjaannya tidak mudah. Kamu harus mengetahui 10 peran dan tugas penting wedding organizer berikut ini dahulu sebelum membuka jasanya:

  1. Membuat Rencana

wedding organizer membuat rencana

sumber insider.com

Wedding organizer memiliki tugas untuk membuat rencana sebuah acara pernikahan, mulai dari konsep acara, biaya, MC, foto, video, dekorasi, katering, dan urusan lainnya.

Kamu harus memberikan perencanaan tersebut dan berdiskusi dengan calon mempelai. Bila calon mempelai tidak menyetujui, kamu harus siap melakukan perubahan rencana.

  1. Menjadi Koordinator

wedding organizer menjadi koordinator

sumber weddingwire.com

Kamu yang akan mengurus calon mempelai, keluarga kedua pihak, pengisi acara, dan semua vendor. Kamu harus memberitahu kepada mereka kapan waktu untuk bersiap-siap.

Menjadi koordinator bagi semua orang tentu tidak mudah, kamu membutuhkan ketepatan waktu yang sangat tinggi serta tim yang kuat agar dapat melaksanakan tugas ini.

  1. Membuat Rundown Acara

Wedding Organizer Membuat Rundown Acara

sumber thespruce.com

Wedding organizer memiliki tugas utama untuk membuat rundown acara pernikahan. Kamu harus siap membuat acara mulai dari kapan acara dimulai, isi acaranya, hingga penutupan acara.

Rundown acara yang kamu buat harus sesuai dengan rencana yang telah kamu buat bersama calon mempelai serta menyesuaikan setelah mengkoordinasikan dengan semua pihak.

  1. Membuat Anggaran

Wedding Organizer Membuat Anggaran

sumber jovemeyerevents.com

Setelah kamu selesai membuat rencana acara pernikahan, menghubungi semua vendor, dan membuat rundown acara, kamu juga harus membuat anggaran yang harus dikeluarkan oleh mempelai.

Wedding organizer harus memastikan kalau anggaran yang dikeluarkan untuk membuat acara pernikahan sesuai dengan diskusi yang telah dilakukan dengan pihak mempelai.

  1. Menentukan Lokasi Pernikahan

Wedding Organizer Menentukan Lokasi Pernikahan

sumber corsinievents.com

Kamu juga harus mencarikan dan mengusulkan lokasi pernikahan yang sesuai dengan keinginan kedua calon suami istri. Kalau kamu sudah mengusulkan, sisanya tinggal klien kamu yang menentukan.

Kamu juga harus memastikan gedung tersebut dapat dipakai pada tanggal yang sudah ditentukan dan biaya yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran.

  1. Meringankan Beban Mempelai

Meringankan Beban Mempelai

sumber ukawp.com

Tugas paling penting dari wedding organizer adalah membantu calon mempelai untuk meringankan beban mereka ketika membuat acara, menyusun rundown, menentukan lokasi, serta mencari vendor. Meringankan beban mempelai merupakan tugas yang paling penting bagi wedding organizer.

  1. Mengatur Jadwal Gladi Bersih

Mengatur Jadwal Gladi Bersih

sumber resumeok.com

Agar acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar, tentu harus dilakukan simulasi terlebih dahulu. Itulah fungsi dari gladi bersih. Kamu juga harus menentukan waktu gladi bersih dan memastikan kalau lokasi pernikahan tersedia untuk gladi bersih.

  1. Memimpin Seluruh Panitia

Memimpin Seluruh Panitia

sumber vaticanbanquethall.com

Panitia biasanya juga terdiri dari keluarga kedua mempelai, meski telah memakai jasa wedding organizer. Karena mereka belum berpengalaman mengurus pesta pernikahan, kamulah yang harus memimpin dan mengarahkan mereka. Pastikan kalau mereka bisa mengikuti arahan dan menyukseskan acara.

  1. Memastikan Semua Proses Terlaksana

Memastikan Semua Proses Terlaksana

sumber beloved-yiingg.blogspot.com

Wedding organizer tidak hanya mengurus pesta pernikahan saja, kamu juga harus mengurus semua proses pernikahan yang diperlukan. Proses pernikahan harus dilakukan mulai dari pemberkatan sesuai dengan kebutuhan agama masing-masing. Kamu yang harus mengurus hal tersebut.

  1. Penengah Kedua Mempelai

 

penengah kedua mempelai

sumber davincibridal.com

Kamu juga harus bisa menjadi penengah untuk kedua mempelai karena pasti ada perbedaan pendapat antara kedua mempelai. Tugas wedding organizer adalah membuat usulan yang bagus dan dapat diterima oleh kedua mempelai.

Itulah 10 tugas dan penting yang harus dilakukan oleh wedding organizer. Untuk mengembangkan bisnis ini, kamu harus memiliki koordinasi dan tim yang kuat.