Cara Atasi Token PLN Error agar Tetap Aman

Apakah Anda pernah mengalami token PLN error? Mungkin beberapa orang akan panik menanggapinya, karena memikirkan keamanan listrik yang bisa saja korslet dan menimbulkan percikan api. Setiap token listrik yang error tentu memiliki penyebab yang berbeda-beda. Namun ada beberapa solusi umum yang bisa Anda lakukan sendiri, mari cari tahu lebih lanjut cara isi token listrik yang paling aman!

Penyebab Umum Kerusakan Token PLN

Ada banyak penyebab mengapa token PLN di tempat Anda bisa error. Namun penyebab yang paling umum, yaitu karena keterlambatan pengisian pulsa listrik. Saat meteran token listrik sudah habis, sebaiknya Anda harus sesegera mungkin mengisinya. Jangan menunggu sampai token benar-benar kosong, hal ini dapat memicu kerusakan pada meteran listrik.

Kehadiran listrik prabayar ini memang memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat. Mereka dapat menghemat listrik dan budget pengeluaran untuk membayar listrik. Namun ketika token sudah berbunyi, tidak jarang orang malas pergi ke toko untuk membeli pulsa. Hal inilah yang menjadi awal mula kerusakan token, dan yang paling banyak dialami oleh masyarakat.

Sistem listrik token atau prabayar dirancang berdasarkan teknologi terbaru. PLN juga sudah menyediakan meteran menggunakan pulsa token. Namun tidak sedikit masyarakat yang malah resah akan sistem tersebut, mereka merasa lebih nyaman menggunakan listrik pascabayar yang biasanya lebih boros.

Cara Atasi Token Listrik Error

Jika token listrik Anda error, sebaiknya tidak perlu terlalu panik karena masih ada solusi yang bisa dilakukan sendiri. Berikut ini beberapa cara mudah untuk memperbaiki token yang error:

  1. Matikan Saklar Listrik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan sendiri, yaitu mematikan saklar listrik. Bergini langkah-langkahnya:

  • Matikan semua perangkat yang terhubung pada listrik.
  • Matikan saklar yang terhubung pada meteran, kurang lebih selama 10 menit.
  • Hubungkan atau nyalakan kembali saklar seperti semula.
  • Restart alat meteran listrik dengan mengetik 07 pada tombolnya, lalu tekan enter.
  • Jika sudah berhasil, pasangkan kembali perangkat yang membutuhkan tenaga listrik.
  1. Putuskan Sambungan SR

Ada cara kedua yang bisa dilakukan jika cara pertama tidak berhasil. Cara ini akan cukup rumit, sebaiknya Anda meminta tolong bantuan orang lain agar lebih cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lepas SM dengan cara memutuskan SR, sehingga alat meteran listrik ada pada kondisi netral.
  • Tunggu hingga kurang lebih 10 menit, dan sambungkan kembali SM.
  • Jika prosesnya berhasil, layar token PLN error akan hilang.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan kode meteran dengan nomor sebanyak 20 digit.
  • Hubungi pihak PLN untuk menanyakan nomor meteran tersebut.
  • Error pada token sudah selesai diatasi.
  1. Hubungi Pihak PLN

Jika Anda terlalu takut untuk mengatasi error pada token sendirian, sebaiknya hubungi pihak PLN langsung. Layanannya tersedia 24 jam, Anda bisa menghubungi nomor 123, kemudian mereka akan mengarahkan apa saja solusi untuk error yang harus Anda lakukan.

Jika dirasa masih terlalu sulit, pihak PLN akan langsung datang ke tempat Anda untuk memperbaikinya. Listrik akan dilas tanpa terputus, sementara Anda tidak akan menggunakan meteran. Alat meteran yang rusak biasanya akan diganti dalam waktu beberapa hari. Anda pun akan mendapat ID pelanggan dan nomor token yang baru.

Permasalahan pada listrik menjadi suatu hal yang sensitif, jika sekiranya Anda takut sebaiknya minta petugas untuk datang. Anda sendiri juga harus menjaga alat meteran listrik agar tidak cepat. Mengisi pulsa listrik secara langsung ketika sudah ada peringatan, merupakan salah satu kontribusi yang paling bagus.

mua parasayu