Cara Mengisi Token Listrik Gratis Mudah dan Cepat

Sudah tahukah Anda cara mengisi token listrik gratis? Sejak pertengahan tahun 2020, pemerintah memberikan listrik gratis kepada 31 juta pelanggan PLN, hal ini seiring adanya virus covid-19 yang menghambat kegiatan masyarakat. Mungkin beberapa dari Anda masih ada yang belum mengetahui cara isi token listrik. Tapi jangan khawatir karena caranya sangat mudah dan cepat, simak selengkapnya disini.

Tarif Listrik Gratis bagi Para Pelanggan PLN

Pemerintah awalnya menyediakan dana sebesar 3.5 triliun rupiah untuk program listrik gratis. Program tersebut mulai berjalan sejak maret hingga Juni 2020, namun kini program tersebut diperpanjang sehingga banyak masyarakat yang terbantu. Sebanyak 24 juta pelanggan dengan penggunaan daya 450 V sudah terbantu.

Sedangkan 7 juta pelanggan dengan pemakaian 900 VA, mendapat subsidi sebesar 50 persen. Program ini bisa didapatkan oleh pengguna listrik reguler (pascabayar) dan token (prabayar). Hanya saja ada sedikit perbedaan untuk pelanggan listrik reguler 450 V, mereka tidak harus membayar selama tiga bulan berapapun pemakaiannya.

Sedangkan untuk pengguna listrik prabayar 450 V, mereka mendapatkan pembebasan tarif selama 3 bulan dengan adanya token gratis. Besaran token yang diberikan setara dengan pemakaian daya listrik tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Masing-masing pelanggan akan mendapat token yang berbeda-beda, sesuai dengan pemakaiannya.

Setelah tiga bulan berlalu, ada kabar bahwa pemerintah memperpanjang program bantun ini. Masyarakat tentu sangat antusias menyambut kebijakan yang bar ini. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap menghemat listrik untuk menjaga planet bumi hunian manusia ini.

Cara Mengisi Token Listrik Gratis dan Subsidi

PT PLN sendiri sudah mengumumkan secara rinci mengenai cara mengisi token listrik gratis. Termasuk untuk para pengguna token, yang nantinya akan mendapat token gratis. Anda bisa mendaftarkan ID pelanggan ke website resmi PLN, yaitu www.pln.co.id. Atau bisa juga mendaftar melalui nomor WhatsApp 08122-123-123.

Jika sudah berhasil terdaftar, Anda akan otomatis mendapat token gratis sejumlah pemakaian tertinggi selama tiga bulan terakhir. Hal tersebut berlaku untuk pengguna listrik 450 V, sedangkan untuk pengguna 900 VA akan mendapat potongan harga sebesar 50%. Nilai tagihannya akan otomatis dikurangi setengahnya.

Berikut ini adalah cara detail untuk mendaftarkan ID pelanggan agar mendapat listrik gratis dan subsidi:

  1. Melalui Website Resmi PLN

  • Buka situs resminya melalui alamat website www.pln.co.id.
  • Cari menu pelanggan, lalu langsung masuk ke opsi “stimulus covid-19”.
  • Masukan ID pelanggan atau nomor meter Anda.
  • Token gratis akan langsung muncul pada layar.
  • Anda harus langsung memasukan token gratis tersebut ke alat meteran listrik.
  1. Melalui WhatsApp

  • Save nomor 08122-123-123.
  • Kemudian kirim pesan pertanyaan, dan Anda akan diminta untuk mengikuti petunjuk.
  • Ikuti petunjuk sampai akhir, dan jangan lupa masukan ID pelanggan dengan benar.
  • Nomor token gratis akan langsung dikirim ke WhatsApp Anda.
  • Masukan langsung token gratis tersebut ke meteran listrik.

Mungkin Anda akan menjumpai error atau loading yang sangat lama. Hal ini sangat wajar terjadi, karena 31 juta pelanggan PLN sedang melakukan registrasi yang sama. Namun tenang saja, karena Anda akan pasti mendapatkan program bantuan pemerintah yang satu ini.

Adanya covid-19 yang muncul pada awal 2020, berhasil mengubah keadaan dunia termasuk Indonesia. Seluruh kegiatan masyarakat menjadi terhambat, terutama bagi para pekerja yang terpaksa diliburkan. Cara mengisi token listrik gratis ini tentu sanga membantu bagi masyarakat semua agar merasa mendapat keringanan.

mua parasayu