7 Cara Isi Token Listrik Paling Mudah

Bagaimana cara isi token listrik yang paling mudah? Jawaban setiap orang pasti berbeda-beda, karena kini sudah tersedia banyak cara untuk mengisi token listrik di rumah Anda. Namun bagi para pengguna baru yang baru beralih dari listrik pasca bayar, mungkin mereka akan sedikit kebingungan mengenai cara pengisian token listrik ini. Tapi jangan khawatir, karena cara-caranya akan dibahas tuntas disini.

Apa Keuntungan Menggunakan Token Listrik

Ada dua jenis pembayaran listrik, yaitu pasca bayar dan prabayar (token). Menggunakan listrik pasca bayar mungkin akan terlihat lebih mudah, karena Anda hanya tinggal melihat tagihan dan langsung membayarnya. Namun nyatanya, ada beberapa keuntungan lain yang hanya bisa dirasakan oleh para pengguna listrik prabayar.

Mereka dapat menghemat listrik sesuai dengan budget yang telah dialokasikan. Tidak akan ada pemutusan sambungan listrik tiba-tiba karena telat bayar listrik bulanan. Para pengguna token akan diberitahu jika tokennya sudah mau habis, lampu LED pada meteran listrik akan berwarna merah sebagai tanda peringatan.

Cara isi token listrik tentunya sangat mudah, Anda tinggal membelinya lalu tekan seri angka yang diberikan oleh penjual token. Disini Anda bisa mengatur listrik sesuai budget, misalkan budget listrik untuk sebulan adalah 250 ribu. Maka Anda tinggal membeli token sebesar 250 ribu, dan pantau terus pemakaian listriknya agar tidak boros.

7 Langkah Mudah Mengisi Token Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mengisi token listrik itu sangat mudah. Anda tinggal membelinya lalu masukan seri nomor yang diberikan oleh penjual. Untuk penjelasan lebih detail, simak uraian di bawah ini.

  1. Beli Voucher Listrik

Langkah pertama tentunya Anda harus membeli voucher listrik terlebih dahulu. Tersedia di banyak gerai seperti di minimarket, toko agen pulsa listrik, marketplace online, ATM, dan masih banyak lagi.

  1. Masukan Kode Voucher

Setelah berhasil membeli voucher, Anda akan mendapat kode voucher yang terdiri dari 20 seri angka. Pastikan nomor tersebut lengkap dan tidak tertukar dengan nomor Id lain.

  1. Tekan ‘ENTER’

Anda bisa langsung menekan angka tersebut pada alat meteran listrik. Angka yang ditulis harus sesuai, karena jika tidak cocok maka akan otomatis tertolak dan token tidak terisi.

  1. Gunakan tombol ‘BACKSPACE’

Sama seperti keyboard di PC, pada alat meteran listrik terdapat tombol backspace yang berfungsi sebagai penghapus. Jika salah menekan angka maka bisa langsung dihapus, semua angka akan langsung hilang dan harus diulang dari awal.

  1. Muncul Tulisan “Accept”

Jika kode voucher yang dimasukan sudah sesuai, maka akan ada tulisan “Accept” atau “Benar” pada layar meteran listrik.

  1. Muncul Tulisan “Eject”

Jika kode voucher yang dimasukan keliru, maka alat meteran listrik akan otomatis menolaknya. Akan ada tulisan “Eject” atau “Salah” pada layar tersebut.

  1. Saldo Terisi

Jika pengisian token sudah berhasil, saldo pulsa listrik akan langsung bertambah. Anda bisa melihatnya melalui layar meteran, pastikan kwh sesuai dengan jumlah yang dibeli. Listrik yang mati karena habis token, akan otomatis menyala lagi.

Bagaimana, mudah bukan cara isi token listrik? Anda bisa lebih berhemat jika menggunakan listrik prabayar ini. Jika listrik akan segera habis, alat meteran akan langsung berbunyi untuk memperingati. Berbeda dengan listrik pasca bayar, Anda tidak akan menerima peringatan apapun meskipun pemakaian listrik boros.

mua parasayu