Mempunyai rambut yang indah merupakan dambaan bagi setiap wanita, wajar rasanya karena memang rambut mempunyai peranan yang penting pada penampilan kita. Dengan mempunyai rambut yang sehat dan indah, penampilan kita akan terlihat lebih cantik dan menarik. Namun, tidak semua wanita mempunyai rambut yang indah terkadang kebiasaan kita sehari-hari tanpa disadari menjadikan rambut kita menjadi rusak. Rambut kering, rontok dan bercabang merupakan penyakit rambut yang sering dialami oleh kita. Rambut yang rusak terkadang membuat kita kesal sendiri, rambut rusak mejadikan kita tampil kurang percaya diri. Namun jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan beberapa tips melakukan perawatan rambut kering, rontok dan bercabang yang dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak.

Perawatan Rambut Kering Rontok Bercabang

Melakukan perawatan rambut dapat kita lakukan untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut. Banyak cara melakukan perawatan rambut rusak, dimulai dengan menggunakan bahan-bahan alami maupun dengan mengurangi kebiasaan kita yang tanpa disadari menjadikan rambut rusak. Dibawah ini ada beberapa cara melakukan perawatan rambut kering rontok bercabang yang dapat kita lakukan.

Hindari Kebiasaan Yang Dapat Merusak Rambut

Kebiasaan sehari-hari tanpa disadari membuat rambut kita menjadi rusak, adapun kebiasaan tersebut yang menjadikan rambut kering rontok dan bercabang yaitu seperti dibawah ini :

  1. Sering Mengunakan Pengering Rambut Hair Dryer

Perawatan Rambut

Mengeringkan rambut memang akan lebih mudah dengan menggunakan alat bantu hair dryer, namun tahukan kamu jika sering menggunakan pengering rambut hair dryer dapat merusak rambut kita? Udara panas yang dihasilkan oleh pengering rambut hair dryer tanpa disadari menjadikan rambut kita kekurang nutrisi pada rambut, sehingga rambut mudah rusak menjadi kering rontok dan bercabang. Untuk itu, dalam melakukan perawatan rambut baiknya kita menghindari penggunaan pengering rambut hair dryer.

  1. Hindari Menggunakan Catokan Rambut

Perawatan Rambut

Mempunyai rambut yang lurus memang membuat penampilan kita terlihat cantik dan menarik. Menggunakan catokan untuk meluruskan rambut ternyata dapat membuat rambut kita menjadi rusak lho. Panas yang terdapat pada catokan untuk meluruskan rambut dapat membuat rambut kehilangan nutrisi dan kelembabnya sehingga rambut menjadi kering, rontok dan bercabang. Untuk itu, hindari menggunakan catokan rambut jika kita tidak ingin rambut menjadi lebih rusak.

Baca Juga : 7 Tips Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Bergelombang

Baca Juga : 8 Tips Melakukan Perawatan Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab
  1. Hindari Mewarnai Rambut

Perawatan Rambut

Rambut berwana memang membuat rambut kita terlihat lebih menarik, lamun tahukah kamu kandungan yang terdapat dalam cat pewarna rambut dapat merusak rambut kita? Kandungan bahan kimia yang terdapat pada cat pewarna rambut dapat merusak rambut kita tanpa kita sadari. Rambut kering, rontok dan bercabang dapat terjadi jika kita sering menggunakan cat pewarna secara berlebihan.

  1. Hindari Kebiasaan Mengikat Rambut Dengan Kencang

Perawatan Rambut

Mempunyai rambut panjang membuat kita menjadi lebih cepat panas, agar tidak terlalu gerah rambut panjang biasanya kita lakukan dengan cara mengikat rambut atau mengkepang rambut. Namun, tahukah kamu jika kita sering mengikat rambut ternyata dapat merusak rambut? Dengan sering menggikat rambut dengan kecang membuat rambut kita mudah patah, rontok dan bercabang. Untuk itu, dalam masa perawatan rambut baiknya kita menghindari mengikat rambut secara kencang jika tidak ingin rambut kita menjadi rusak lebih parah lagi.

Perawatan Rambut Rusak Kering Rontok dan Bercabang

Rambut rusak memang membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, melakukan perawatan rambut merupakan solusi yang tepat untuk memulihkan rambut yang rusak. Adapun beberapa tips melakukan perawatan rambut yang rusak yaitu :

  1. Gunakan Shampoo Yang Tepat Untuk Rambut Rusak

Melakukan perawatan rambut dapat kita lakukan dengan cara sederhana, menggunakan shampoo yang tepat untuk rambut yang rusak merupakan solusi yang dapat kita lakukan. Namun yang perlu kita perhatikan yaitu, gunakanlah shampoo yang tepat dalam menggunakan shampoo. Dengan menggunakan shampoo yang tepat dengan jenis kerusakan rambut dan kulit rambut kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Kondisioner Rambut

Jika dirasa kurang dalam menggunakan shampoo untuk perawatan rambut rusak, kita bisa menggunakan kondisioner yang tepat. Dengan menggunakan kondisioner yang tepat dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut serta dengan kita menggunakan kondisioner dapat melembabkan rambut yang kering sehingga rambut kita menjadi lembab dan menjadikan rambut mudah diatur.

  1. Menggunakan Vitamin Rambut

Rambut yang rusak kering, rontok dan bercabang terjadi karena rambut kekurang nutrisi dan vitamin yang penting untuk rambut. Untuk itu menggunakan vitamin rambut menjadi solusi yang tepat untuk member nutrisi dan vitamin yang penting agar rambut kembali sehat seperti sediakala. Gunakan vitamin rambut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 10 Cara Mudah Melakukan Perawatan Rambut Kering Tradisional

Baca Juga : 9 Tips Cantik Rambut Keriting Yang Dapat Membuat Kamu Terlihat Lebih Cantik
  1. Potong Rambut Secara Berkala

Perawatan Rambut

Memotong rambut secara berkala selain dapat membuat penampilan kita lebih up to date juga dapat menjadi salah satu cara merawat rambut yang rusak. Dengan rutin memotong rambut dapat mengurangi kerusakan yang terjadi diujung rambut sehingga kerusakan yang terjadi pada rambut dapat berkurang.

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Melakukan perawatan rambut dapat kita lakukan dengan menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya sudah terbukti secara ampuh untuk mengurangi kerusakan rambut yang rusak seperti rambut kering, rontok dan bercabang. Cara melakukan perawatan rambut dengan gel lidah buaya juga cukup mudah yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya yang sudah kita disiapkan pada kulit rambut dan rambut kita, diamkan beberapa saat kemudaian bilas bersih rambut kita.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal sejak zaman dahulu menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk melakukan perawatan kecantikan. Namun tidak sampai disitu, minyak zaitun juga baik lho untuk perawatan rambut. Kandungan yang terdapat pada minyak zaitun dapat melembabkan rambut sekaligus membuat rambut menjadi kuat dan sehat. Cara penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut juga cukup mudah yaitu, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut kemudian pijat secara perlahan setelah itu diamkan beberapa saat dan bilas bersih rambut kita.

Nah, itu dia beberapa tips dalam melakukan perawatan rambut kering rontok bercabang yang dapat kamu coba. semoga informasi ini bermanfaat ya dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.