Rambut adalah mahkota, begitulah kata-kata yang sering kita dengar karena rambut merupakan salah satu bagian penting penunjang penampilan kita. Mempunyai rambut yang sehat dan indah dapat menjadikan penampilan kita terlihat cantik dan menarik. Aktivitas yang padat terkadang membuat kita lupa untuk melakukan perawatan rambut, alhasil rambut kita sangat rentan akan kerusakan. Rambut kering, kusam dan rontok merupakan beberapa kerusakan rambut yang sering terjadi. Terlebih bagi wanita yang menggunakan kerudung atau hijab, kerusakan rambut akan rentan terjadi jika kita tidak pandai melakukan perawatan rambut. Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan memberikan beberapa tips melakukan perawatan rambut rontok untuk wanita berhijab.

Perawatan Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab

Rambut rontok sering terjadi pada kita dikarenakan oleh banya faktor, pola hidup yang kurang sehat terkadang tanpa disadari dapat merusak rambut kita. Terlebih bagi wanita yang menggunakan hijab atau kerudung, dibutuhkan perawatan yang baik agar rambut senantiasa sehat dan kuat. Dibawah ini ada beberapa tips perawatan rambut rontok untuk wanita berhijab yang dapat kamu lakukan agar rambut menjadi sehat dan kuat, langsung aja yuk simak ulasannya dibawah ini.

  1. Menggunakan Shampoo Untuk Rambut Rontok

Melakukan perawatan rambut secara sederhana dapat kamu lakukan dengan cara keramas menggunakan shampoo yang tepat. Shampoo khusus rambut rontok dapat menjadi pilihan kamu dalam melakukan keramas sehari-hari, selain dapat membersihkan kotoran yang menempel pada rambut dengan menggunakan shampoo khusus rambut rontok juga dapat mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut. Namun yang perlu diperhatikan yaitu, gunakanlah produk shampoo yang benar-benar cocok dengan jenis rambut kamu dan tidak membuat kulit kepala menjadi sensitif yang dapat menimbulkan masalah baru bagi rambut kamu.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sejak zaman dahulu mempunyai khasiat yang baik untuk perawatan kecantikan. Namun tidak sampai disitu lho, minyak zaitun juga baik untuk menguatkan rambut dan menyehatkan rambut. Bagi kamu yang mempunyai masalah pada rambut, minyak zaitun dapat menjadi solusi untuk mengurangi kerusakan pada rambut. Penggunaanyanya juga cukup mudah yaitu oleskan minyak zaitun pada rambut, pijat dengan lembut, kemudian diamkan selama beberapa saat. Lakukan dengan rutin, maka kerusakan yang terjadi pada rambut perlahan-lahan akan membaik.

Baca Juga : 10 Cara Mudah Melakukan Perawatan Rambut Kering Tradisional

Baca Juga : 9 Tips Cantik Rambut Keriting Yang Dapat Membuat Kamu Terlihat Lebih Cantik
  1. Menggunakan Masker Rambut

Menggunakan hijab memang membuat kulit kepala lebih cepat berkeringat, sehingga dapat membuat rambut menjadi lepek dan rentan akan kerontokan. Namun dengan kita melakukan perawatan rambut dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada rambut. Menggunakan masker rambut dapat menjadi solusi bagi kita dalam melakukan perawatan rambut, dengan rutin menggunakan masker rambut dapat mengurangi kerusakan rambut dan mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut.

  1. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah dikenal sejak zaman dahulu baik untuk perawatan rambut. Minyak kemiri selain dapat membuat rambut menjadi lebat dan menghitamkan rambut juga dapat menguatkan rambut. Minyak kemiri dapat menjadi solusi bagi kita dalam mengurangi kerontokan yang terjadi pada rambut, cara penggunaannya juga cukup mudah, yaitu oleskan minyak kemiri pada rambut dan kulit rambut, pijat dengan lembut kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu bilas bersih rambut kita.

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Rasanya tidak lengkap jika melakukan perawatan rambut tidak menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya sudah terbukti ampuh untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut, baik itu mengurangi kerontokan pada rambut maupun kerusakan lainnya. Proses penggunaannya juga cukup mudah yaitu, belah lidah buaya menjadi beberapa potong kemudian pisahkan gel lidah buaya tersebut pada mangkuk atau sejenisnya, oleskan gel lidah buaya tersebut pada rambut dan kulit rambut, pijat dengan lembut dan diamkan selama beberapa saat setelah itu bilas bersih rambut menggunakan shampoo untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel pada rambut dan untuk menghilangkan aroma pada rambut.

  1. Keringkan Rambut Sebelum Menggunakan Hijab

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan hijab yaitu keringkan rambut terlebih dahulu pada saat menggunakan hijab. Dengan menggunakan hijab pada saat rambut sudah kering dapat mengurangi kerusakan rambut sekaligus menghindarkan rambut menjadi lepek dan aroma rambut yang kurang segar. Begitu juga sebaliknya, jika kita terbiasa menggunakan hijab pada saat rambut basah akan membuat rambut menjadi lebih rusak.

  1. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Mengikat rambut pada saat menggunakan hijab memang sudah biasa kita lakukan, namun yang perlu kita perhatikan yaitu ikatan rambut jangan terlalu kencang. Hal itu dikarenakan dengan kita mengikat rambut dengan kencang, rambut kita akan mudah patah dan berguguran sehingga akan membuat rambut rusak lebih parah. Untuk itu, hindari mengikat rambut dengan kencang pada saat menggunakan hijab jika tidak ingin rambut kamu menjadi rusak lebih parah.

Baca Juga : 8 Cara Merawat Rambut Kering Habis Rebonding Agar Rambut Kembali Sehat

Baca Juga : 7 Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Cowok Dengan Mudah Dan Sederhana
  1. Gunakan Kain Hijab Yang Dapat Menyerap Keringat

Kain hijab sangat berpengaruh terhadap kulit kepala dan rambut, dengan menggunakan kain hijab yang nyaman dan menyerap keringat dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut. Selain dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut, dengan menggunakan kain hijab yang dapat menyerap keringat membuat kita nyaman meski aktivitas kita padat karena keringat pada kulit kepala dapat dengan mudah diserap oleh kain hijab.

Nah itu dia tips perawatan rambut rambut rontok untuk wanita berhijab, dengan kita rutin melakukan perawatan rambut dan menggunakan kain hijab yang baik, dapat meminimalisir kerusakan rambut dengan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat ya dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.