Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Pada umumnya jenis rambut terbagi menjadi 4 yaitu jenis rambut normal, jenis rambut berminyak, jenis rambut kering dan jenis rambut kombinasi. Pada setiap jenis rambut memiliki cara perawatannya masing-masing agar tetap sehat. Di zaman sekarang ini sudah banyak tersedia produk-produk untuk perawatan rambut, namun tetaplah akan lebih baik dan sehat bila melakukan perawatan rambut secara tradisional. Perawatan rambut secara tradisional yaitu memanfaatkan bahan alami yang akan digunakan untuk merawat rambut.

Untuk kesempatan kali ini ParasayuNet ingin berbagi tips mengenai cara mudah melakukan perawatan rambut kering tradisional. Yuk kita lihat 10 cara mudah melakukan perawatan rambut kering tradisional.

Perawatan Rambut Kering Tradisional

1. Minyak Zaitun
Cara pertama melakukan perawatan rambut kering tradisional yaitu dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah tidak asing lagi digunakan untuk perawatan tubuh khususnya rambut. Minyak ini kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu merawat kesehatan kulit dan rambut. Pada rambut tidak hanya dapat menjaga kelembapan rambut, namun juga dapat memperbaiki lapisan rambut yang telah rusak.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan sambil dipijat perlahan agar lebih meresap kandungannya. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap sebelum melakukan keramas rutin atau dua hari sekali.

2. Minyak Kelapa
Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk perawatan rambut kering tradisional adalah minyak kelapa. Pada umumnya kandungan nutrisi minyak kelapa dengan minyak zaitun sama. Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut yaitu dapat membantu mengatasi masalah rambut kering dan kasar, serta dapat mencegah munculnya ketombe dan kerontokan rambut.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut hampir sama dengan menggunakan minyak zaitun, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh rambut dan permukaan kulit kepala secara merata. Diamkan dulu sekitar 15 menit agar menyerap dengan baik. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Baca Juga : 9 Tips Cantik Rambut Keriting Yang Dapat Membuat Kamu Terlihat Lebih Cantik

Baca Juga : 7 Tips Melakukan Perawatan Rambut Gugur Dan Kering Menggunakan Bahan Alami

3. Madu
Madu merupakan bahan alami yang banyak sekali manfaatnya bagi manusia. Kandungan di dalam madu sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam penggunaannya dapat diolah secara tradisional sehingga menjadi masker madu dan dikonsumsi secara langsung untuk kesehatan tubuh. Manfaat kandungan vitamin E dalam madu untuk rambut yaitu mengatasi rambut yang kering dan kasar, serta menguatkan akar rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Selain itu madu kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu melancarkan sirkulasi pada bagian kulit kepala, sehigga akan meningkatkan produksi minyak alami rambut.

Cara menggunakan madu untuk perawatan rambut yaitu lakukan terlebih dahulu proses keramas seperti pada umumnya, setelah itu bilas rambut hingga bersih. Selanjutnya oleskan madu ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap sebelum melakukan keramas rutin. Gunakan cara ini secara rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kuning Telur
Cara berikutnya untuk melakukan perawatan rambut kering tradisional yaitu dengan menggunakan kuning telur. Kuning telur mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Meskipun kuning telur memiliki bau yang tidak sedap, namun jika telaten rambut akan terlihat sehat alami dalam waktu sekitar 2 bulanan.

Cara menggunakan kuning telur untuk perawatan rambut yaitu dengan sebelumnya melakuan proses keramas, kemudian rambut dioleskan kuning telur ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan sambil dipijat perlahan agar lebih meresap kandungannya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan air sampai bersih. Sedikit tips kamu bisa menambahkan sedikit perasan lemon atan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kuning telur.

5. Lidah Buaya
Ketika berbicara mengenai perawatan rambut tentu tidak lengkap jika tidak menyebutkan lidah buaya. Lidah buaya sudah dari sejak dulu dikenal sebagai bahan alami yang sangat berkhasiat untuk kesehatan rambut. Kandungan dalam gel lidah buaya dapat bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan kelembutan rambut, serta mencegah kekusaman rambut.

Cara menggunakan gel lidah buaya ini sama halnya dengan cara-cara melakukan perawatan rambut sebelumnya yaitu dengan mengoleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit sambil dipijat perlahan. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih dan dilanjutkan dengan proses keramas.

6. Kemiri
Untuk melakukan perawatan rambut kering tradisional selain menggunakan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan dapat juga menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yaitu kemiri. Pada rambut kemiri berkhasiat untuk mengatasi masalah rambut yang kering dan kasar, serta dapat berguna untuk menebalkan rambut.

Cara menggunakan kemiri untuk perawatan rambut yaitu pertama-tama kemiri diolah terlebih dahulu sehingga menjadi minyak kemiri. Selanjutnya oleskan minyak kemiri pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit agar minyak kemiri keresap ke rambut dan kulit kepala. Kemudian bilaslah rambut sampai bersih dan lanjutkan dengan proses keramas.

7. Seledri
Selain digunakan sebagai bumbu dapur yang berfungsi sebagai penyedap masakan, ternyata seledri memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Dengan menggunakan seledri sebagai bahan alami untuk perawatan rambut kering tradisional dapat mengatasi rambut yang kering dan kasar. Kandungan mineral dan nutrisi yang terdapat pada seledri baik untuk kelembaban rambut dan penghitam warna rambut secara alami.

Cara menggunakan seledri untuk perawat rambut yaitu terlebih dahulu daun seledri di rebus kemudian ambil air rebusan seledri yang mengandung sari daun seledri. Tunggu sampai cukup dingin untuk bisa dipakai. Oleskan air rebusan daun seledri tersebut pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih. Setelah itu dilanjutkan dengan proses keramas seperti biasa.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rusak Kering Dan Mengembang Yang Dapat Kamu Coba

Baca Juga : 12 Produk Perawatan Shampoo Untuk Perawatan Rambut Rontok Parah

8. Buah Alpukat
Biasanya buah alpukat dikonsumsi secara langsung atau juga diolah menjadi jus segar. Buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut yaitu untuk melembabkan rambut sehingga rambut terbebas dari masalah kering dan kasar, selain itu buah alpukat juga dapat mengatasi rambut rontok dan mencegah timbulnya ketombe.

Cara menggunakan buah alpukat untuk perawatan rambut kering tradisional sangatlah mudah yaitu dengan memakai buah alpukat yang sudah matang, kemudian haluskan daging buah alpukat dengan dicampurkan air secukupnya sehingga menjadi adonan masker. Selanjutnya oleskan masker buah alpukat secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Kemudian diamkan sekitar 30 menit supaya meresap dan setelah itu dibilas dengan air sampai bersih.

9. Jeruk Nipis
Sama seperti buah alpukat, cara perawatan rambut kering tradisional dengan jeruk nipis ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Kandungan yang terdapat pada jeruk nipis bermafaat untuk mencegah kekeringan dan kekusaman pada rambut serta menghindari rambut dari masalah ketombe. Bagian dari jeruk nipis yang digunakan yaitu airnya.

Cara menggunakan air jeruk nipis sangatlah sederhana. Oleskan air jeruk nipis pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 10 sampai 20 menit, sambil menunggu pijat rambut dengan lembut. Setelah itu dibilas dengan air sampai bersih. Selanjutnya dapat dilanjutkan dengan proses keramas.

10. Minyak Gandum
Cara melakukan perawatan rambut kering tradisional yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak gandum. Minyak gandum ini memiliki khasiat untuk menyehatkan rambut yang kering dan kasar. Kandungan nutrisi dan mineral yang ada di dalam minyak gandum bermanfaat untuk membantu menjaga kelembaban rambut sehingga rambut tampak lebih sehat.

Cara menggunakan minyak gandum yaitu dioleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan sekitar kurang lebih 15 menit kemudian rambut dibilas sampai bersih. Langkah berikutnya dilanjutkan dengan proses keramas menggunakan shampo.

Nah itulah 10 cara mudah melakukan perawatan rambut kering tradisional. Cara-cara diatas dapat dilakukan sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana yang tentunya mudah untuk didapatkan.