Bertanya soal bagaimana mengatasi rambut rontok hingga akar? Mari kita pahami beberapa hal terlebih dahulu. Indikator rambut indah adalah rambut yang lebat, halus berkilau dan sehat. Sehatnya rambut, bisa diukur dari tidak adanya masalah rambut seperti rontok, berketombe atau bahkan berkutu. Dari semua masalah rambut itu, yang paling sering kita alami adalah masalah rambut rontok.

Rambut rontok biasanya disebabkan oleh kurangnya protein yang di sebut keratin. Rambut sebenarnya merupakan sel-sel mati yang menancap pada folikel. Lalu ada juga kelenjar sebacea yang memiliki fungsi untuk menjadikan rambut tampak cerah dan berkilau. Kelenjar ini juga lah yang membuat rambut tampak berminyak. Kering atau berminyaknya rambut bergantung pada produksi sebum.

Merawat Rambut: Mengatasi Rambut Rontok Hingga Ke Akar

Banyak dari kaum hawa berlomba lomba untuk memperindah rambut mereka, perawatan yang dilakukan pun beragam, bahkan ada yang harus merogoh kocek yang dalam demi memperoleh rambut yang diidamkan. Diantara perawatan rambut yang marak dan banyak dijumpai adalah dengan memakai obat obatan kimia. Namun tahukah anda jika perawatan rambut bisa dengan obat herbal atau bahan bahan alami yang sering kita jumpai di sekitar kita? Tentu saja ini bisa dijadika alternatife, karena selain murah, mudah didapatkan, juga tentunya aman untuk kesehatan kulit rambut kita sekaligus mengatasi rambut rontok hingga ke akar. Apa saja itu? Here we go..

  1. Santan Kelapa

Yang pertama yang bisa dicoba adalah santan kelapa. Anda pasti pernah menggunakannya untuk tambahan bahan masakan atau untuk jajanan bukan? Nah ternyata selain untuk campuran bahan makanan, siapa sangka ternyata santan kelapa juga bisa memperindah rambut anda lho.

Di dalam santan kelapa terdapat kandungan baik untuk menjaga rambut dan juga kulit kepala. Ada protein nabati, zat besi dan juga mangan di dalamnya, bahan-bahan ini merupakan kandungan yang diperlukan dalam merawat dan menjadikan rambut kembali dalam kondisii yang sehat. Selain itu didalamnya terkandung pula Vitamin E, K, B6, Thiamin, Niasin, Kolin, Asam Patotenat dan Kalsium yang sangat baik bagi kesehatan kulit kepala rambut anda maupun kesehatan tubuh anda.

Untuk melakukan perawatan menggunakan bahan ini, pertama-tama, hangatkan terlebih dahulu santan kelapa lalu pijatkan santan hangat ke rambut secara merata dan tunggu selama satu setengah jam. Lalu bersihkan.

  1. Jeruk Nipis

Obat herbal yang kedua adalah jeruk nipis. Di dalam  jeruk nipis terdapat zat asam yang bermanfaat untuk membuat rambut tampak berkilau dan sehat. Buah jeruk nipis biasanya berwarna hijau hingga kekuning-kuningan  yang tentunya memilki kandungan vitamin C serta banyak mengandung minyak atsiri limonin dan linalol yang sangat baik untuk kulit kepala.

Selain itu juga daun, buah dan bungan jeruk nipis juga mengandung minyak terbang, asam amino, asam sitrat, minyak atsiri, asam sitrun, lemak, fosfor, damar, belerang, glikosida, besi, Vitamin B1 dan Vitamin C. Cukup pakai perasan air jeruk nipis pada kulit kepala anda disertai pijaan perlahan lalu diamkan selama 30 menit kemudian bersihkan rambut anda dengan air bersih.

  1. Lidah Buaya

Selanjutnya adalah lidah buaya. Tanaman lidah buaya atau aloe vera memang telah dikenal sejak dahulu sebagai bahan untuk merawat rambut. Lidah buaya mengandung aneka bahan yang bermanfaat bagi keseluruhan kesehatan kita seperti zat anti bakteri yang disebut mannans asetat, lektin, polymannans, antrakuinon, dan zat saponin.

Seiring dengan semakin majunya teknologi di bidang pembuatan kosmetika, bahan alami ini kemudian diolah secara modern menjadi tonik rambut, shampoo, atau krim perawatan kulit lainnya. Tetapi jika Anda lebih menyukai menggunakan lidah buaya secara langsung. Kita masih bisa menggunakanya.

Caranya: Ambillah satu batang lidah buaya kemudian cuci sampai bersih lalu potong menjadi dua bagian untuk diambil lendirnya. Oleskan pada rambut dari akar hingga ujung rambut secara merata sambil dipijit lembut. Setelah itu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 15 menit sampai setengah jam sebelum dibilas hingga bersih.

Nah, demikian itulah sobat kaum hawa obat herbal untuk perawatan rambut sekaligus mengatasi rambut rontok hingga ke akar, yang selain harganya murah juga mudah didapatkan. Hasilnya? Pasti ngga kalah dengan obat obatanan kimia yang  lebih mahal. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya ?

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut

Baca Juga : 5 Cara Alami Mengatasi Rontok Bagi Wanita Berhijab

Baca Juga : 7 Cara Menanggulangi Kerusakan Rambut Secara Dini