Cara melakukan perawatan wajah untuk kulit berminyak ada banyak jenisnya. Kamu bisa memilih yang paling instan atau yang paling ribet. Yang instan biasanya memiliki hasil yang sangat untuk menghialngkan minyak di wajah. Tapi keamanananya tidak bisa dijamis. Kalau kamu mau yang sedikit ribet, hasilnya pasti bagus dan tahan lama.

Cara alami perawatan wajah untuk kulit berminyak

Sebagaimana kita tahu, ada banyak jenis kulit yang dimiliki manusia, diantaranya kulit kombinasi, sensistif, berminyak, kering dan lain sebagainya. Kebanyakan orang, khususnya wanita menginginkan memiliki jenis kulit yang normal, karena kulit normal ini tidak ribet dalam perawatannya. Bagaimana dengan kulit yang berminyak? Kamu tidak perlu khawatir guys, karena artikel ini akan mengajarkan kamu bagaimana cara alami melakukan perawatan wajah untuk kulit berminyak. Yuk simak artikel berikut.

  1. Masker mentimun

Mentimun biasanya dijadikan teman untuk lalapan yang menemani makanan kamu. Ternyata, mentimun juga berkhasiat untuk merawat kecantikan wajah kamu, karena mentimun dapat mengatasi wajah berminyak. Hal ini karena sifat dari kandungan mentimum yang bisa membuat kulit mengurangi produksi minyak di wajah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu potonglah mentimun berbentuk bulat-bulat. Kemudian tempelkan pada wajah kamu kurang lebih limas belas menit, lalu bilaslah dengan air bersih.

Baca Juga : 5 Rahasia Perawatan Tubuh Ala Putri Keraton

Baca Juga : 10 Tips Cantik Ala Citra Kirana, Ini Rahasia Cantiknya
  1. Menggunakan jeruk nipis

Selain enak untuk dijadikan minuman, jeruk nipis juga berkhasiat dalam perawatan wajah. Cara ini pun bukan merupakan hal yang baru, karena sudah dari dahulu jeruk nipis banyak digunakan oleh nenek moyang kita dalam merawat kecantikan wajah dan rambut. Hal ini tak lain karena kandungan jeruk nipis yang memang efektif untuk merawat kulit.

Potonglah jeruk nipis menjadi bulat, kemudian campurkan putih telur. Jangan lupa diamkan beberapa menit sampai mongering. Setelah itu bilas dengan air bersih, dengan melakukan hal ini wajah kamu terasa halus, kesat dan minyak pun berkurang.

  1. Menggunakan air mawar

Bunga mawar selain indah rupanya, ternyata dapat dijadikan bahan kecantikan wajah loh. Bunga ini dapat mengurangi minyak yang terdapat pada wajah kamu.

Caranya dengan merendam bunga mawar, kemudian setiap pagi kamu harus rutin mencuci muka kamu dengan rendaman air bunga mawar tadi. Dimana air mawar yang mengandung astringent tersebut dapat membebaskan minyak dan mencerahkan wajah kamu sobat

  1. Dengan masker tanah liat

Tentunya kamu bingung, mengapa tanah liat dijadikan masker wajah? Nah, ternyata dibalik semua itu ada manfaat yang dapat kamu ambil, dimana tanah liat dapat merawat wajah kamu. Karena dapat menyerap kandungan minyak pada wajah, sehingga jangan heran untuk menjadikannya sebagai bahan dasar masker.

Cara membuat maskernya yaitu dengan mengambil satu sendok tanah liat, tambahkan tetesan air lemon, kemudian aduk jeruk nipis bersama air lemon menjadi sebuah pasta. Oleskan pada wajah dengan menggunakan kuas, jangan lupa, jangan sampai terkena mata yah. Diamkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Facial wajah

Melakukan perawatan pada wajah atau biasa di sebut dengan facial wajah juga baik untuk kesehatan. Akan tetapi, biasanya cukup menguras kantong kamu loh.

Jadi bagi kamu yang memang memiliki cukup financial untuk melakukan facial wajah, silahkan datangi klinik kecantikan yang pas dan cocok untuk kantong dan wajah kamu yah.

  1. Kurangi makanan berlemak

Terakhir, setelah kamu melakukan perawatan dari luar untuk wajah kamu, sebaiknya kamu perlu melakukan perawatan dari dalam diri loh. Yaitu dengan menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau minyak.

Seperti gorengan dan makanan lainnya, dimana makanan tersebut dapat menyumbat lemak di wajah kamu sehingga pori-pori tidak lancar.

Nah itulah beberapa cara melakukan perawatan wajah untuk kulit berminyak yang alami. Meski hasilnya memang membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketimbang perawatan modern, cara demikian lebih aman dan sehat untuk kulit.

Baca Juga Ini : Jenis-Jenis Kulit Wajah Agar Mudah Merawat Wajah