Rambut yang sehat merupakan dambaan bagi setiap wanita, mempunyai rambut yang sehat selain membuat kita makin cantik rambut yang sehat juga dapat menambah rasa kepercayaan diri kita. Kebiasaan yang sering kita lakukan terkadang tanpa disadari secara tidak langsung merusak kesehatan rambut kita. Rambut kering maupun rambut rontok merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada rambut. Melakukan perawatan rambut merupakan suatu hal yang sering kita lakukan pada saat rambut menjadi rusak. Begitu banyak jenis perawatan rambut rusak menjadikan kita lebih mudah untuk memperbaiki rambut yang rusak maupun rambut yang bermasalah.

Perawatan Rambut Kering dan Mengembang

Rambut kering dan mengembang yang tidak beraturan menjadikan kita kurang percaya diri, rambut kering dan mengembang yang tidak beraturan terlihat seperti kita baru bangun tidur. Nah itu kali ini kita akan memberikan tips cara perawatan rambut kering dan mengembang tidak beraturan yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasannya dibawah ini.

  1. Mengurangi Pengering Rambut Menggunakan Hair Dryer

Akifitas pengeringan rambut menggunakan hair dryer merupakan salah satu penyebab rambut kita kering dan mengembang lho. Dengan kita mengurangi penggunaan hair dryer kita dapat mengurangi kerusakan rambut kering secara tidak langsung. Untuk itu mulai sekarang kurangi ya penggunaan pengering rambut menggunakan hair dryer, agar rambut kamu tidak mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

  1. Hindari Aktivitas Mengikat Rambut

Mengikat rambut memang menjadi kebiasan kita dalam sehari-hari, namun tahukah kamu jika aktivitas mengikat rambut justru membuat rambut kita menjadi kering dan mengembang? Nah untuk itu, baiknya kamu menghindari aktivitas mengikat rambut untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada rambut.

Baca Juga : 8 Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Dengan Bahan Alami

Baca Juga : 8 Faktor Penyebab Rambut Menjadi Rontok Yang Harus Kamu Ketahui
  1. Hindari Keramas Menggunakan Air Hangat

Keramas memang salah satu cara untuk membersikan kotoran yang menempel pada rambut, namun yang perlu kamu hindari yaitu keramas menggunakan air hangat. Keramas menggunakan air hangat dapat mengurangi nutrisi pada rambut, sehingga rambut menjadi kering dan mengembang dengan tidak beraturan. Untuk itu keramas menggunakan air hangat perlu kamu hindari agar rambut tidak menjadi rusak akibat nutrisi rambut berkurang dengan keramas menggunakan air hangat.

  1. Menggunakan Shampoo dan Conditioner

Keramas menggunakan shampoo merupakan salah satu cara bagi kamu untuk mengurangi rambut rusak yang kering dan mengembang. Pilih shampoo yang cocok untuk kamu dan juga shampoo yang dapat melembabkan rambut serta membuat rambut menjadi lembut. Setelah keramas menggunakan shampoo baiknya kamu menggunakan contionernya, karena dengan kita menggunakan conditioner shampoo akan memberi nutrisi kepada rambut serta yang dapat melembabkan rambut dan membuat rambut menjadi lembut.

  1. Mengunakan Minyak Zaitun

Rambut kering terjadi karena rambut kekurang nutrisi, untuk itu dengan kamu menggunakan minyak zaitun rambut akan diberi nutrisi oleh minyak zaitun. Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun terbukti ampuh untuk melembabkan rambut serta menjadikan rambut lembut dan kuat. Menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut kering dan mengembang juga sangat mudah sekali, yaitu kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit rambut, pijat dengan lembut, setelah itu diamkan, kemudian bilas bersih. Mudah kan?

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Menggunakan gel lidah buaya dapat menjadi salah satu pilihan kamu untuk melakukan perawatan rambut kering dan mengembang. Gel lidah buaya dapat memberi nutrisi untuk rambut, sehingga rambut menjadi lembab dan lembut. Menggunakan gel lidah buaya juga dapat dengan mudah kita lakukan karena tumbuhan ini mudah sekali untuk kita jumpai. Selain dapat membuat rambut menjadi lembab dan lembut, gel lidah buaya juga dapat menguatkan rambut kita sehingga tidak mudah rontok.

  1. Potong Rambut Berkala

Rambut kering dan mengembang tentunya rentan terhadap kerontokan, untuk meminimalisir kerusakan rambut menjadi rontok, baiknya kamu memotong rambut secara berkala. Selain dapat mengurangi kerusakan rambut, kamu juga dapat merubah rambut kamu dengan tampilan yang lebih trendi.

Nah itu dia 7 tips cara perawatan rambut rusak kering dan mengembang yang dapat dengan mudah kamu lakukan. Dengan rutin melakukan tips diatas, rambut yang rusak dapat kita atasi dengan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Kusam Yang Bisa Kamu Coba Dirumah