Duh lurusnya rambut kamu ladies setelah kemaren kamu melakukan smoothing. Ya, smoothing atau meluruskan rambut memang menjadi tren sekarang ini, apalagi banyak iklan yang memperlihatkan indahnya rambut lurus dan panjang. Tentunya hal ini menimbulkan pemikiran bahwa rambut yang indah adalah rambut yang lurus. Sementara rambut ikal atau keriting terlihat sebagai rambut yang berantakan dan tidak terawat. Akibatnya trend meluruskan rambut seperti rebonding dan smoothing menjamur.

Perawatan Rambut Kering Setelah Smoothing

Tapi tahukah ladies bahwa rebonding dan smoothing dapat menyebabkan kerusakan rambut dalam jangka panjang, misalnya rambut kering dan mudah rontok. Untuk itu pemilik rambut lurus setelah smoothing sebaiknya melakukan perawatan tepat. Berikut ini cara perawatan rambut kering setelah smoothing yang bisa kamu praktekkan:

  1. Menghindari melakukan hair styling yang berlebihan

Jika kamu ingin menghindari kerusakan rambut pasca smooting semakin parah, hentikan penggunaan alat penata rambut. Alat seperti hair dryer, catok atau alat pengeriting merusak keratin rambut sehingga rambut kering dan mudah rapuh. Ada baiknya, kamu menata rambut hanya dengan mengepang atau mengikat. Hindari juga mengikat rambut terlalu kencang pada rambut smoothing. Kamu bisa menggerai rambutmu agar bisa bernapas secara alami seperti bentuk aslinya. Setelah keramas, biarkan rambut kering dengan sendirinya saja.

Baca Juga : Langkah-Langkah Perawatan Rambut Rontok Berinyak

Baca Juga : Gunakan 6 Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing
  1. Memberikan perawatan ekstra pada rambut

Rambut dismoothing akan lebih mudah kering dan rusak akibat paparan bahan kimia berlebihan pada rambutmu. Jadi kamu harus memberikan perawatan ekstra. Seperti menggunakan hair tonic, vitamin rambut, dan masker rambut. Hal ini untuk mengembalikan keratin rambut yang hilang pada saat proses smoothing. Kamu bisa dapatkan beberapa produk perawatan rambut alami di apotek.

  1. Melakukan trim secara teratur

Trim adalah teknik memotong untuk membuang ujung rambut yang bercabang, kering dan rusak. Kamu bisa melakukan trim secara teratur. Agar rambutmu terlihat lebih sehat sehabis proses smoothing. Trim ini juga memperlambat rambut menjadi bercabang dan rusak. Lakukan trim paling tidak sebulan sekali. Tidak perlu memotong terlalu pendek, cukup pada ujung-ujung rambut yang rusak saja.

  1. Memakai sisir bergigi jarang

Penggunaan sisir yang salah juga dapat memperburuk kerusakan rambut smoothing. Rambut smoothing harus disisir dengan sisir bergigi jarang saat merapikan rambut. Sebab sisir bergigi rapat akan menyebabkan gesekan pada kulit rambut besar dan merobek lapisan luar rambut. Hindari juga menyisir saat rambut smoothing dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih rentan rapuh dan mudah patah.

  1. Menggunakan baby oil, minyak zaitun dan minyak kelapa

Menggunakan minyak nabati seperti minyak zaitun dan minyak kelapa pada rambut kering smoothing sangatlah bagus. Karena rambut lebih halus dan mudah diatur. Jika kamu tidak mempunyai minyak nabati, kamu dapat menggantinya dengan baby oil. Cukup oleskan baby oil pada akar hingga ujung rambut sehingga rambut menjadi lembut dan lembab/ tidak kering.

Baca Juga : Lakukan 10 Tips Ini Untuk Perawatan Rambut Kering Akibat Smoothing Agar Rambut Kembali Lembab

Baca Juga : 7 Bentuk Perawatan Rambut Kering Dan Ikal Secara Tepat
  1. Menghindari berenang

Berenang tidak bagus untuk rambut kering smoothing. Karena air yang ada di kolam renang mengandung klorin. Klorin hanya akan membuat keratin rambut semakin menghilang dan akibatnya rambut makin kering serta rusak.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk perawatan rambut kering setelah smoothing menggunakan lidah buaya. Biasakan memberikan eksta lidah buaya kala kamu sedang tidak sibuk sebelum kamu mandi. Baru setelah itu cuci rambut dengan bersih.