Smoothing menjadi cara banyak wanita masa kini dalam memperindah tampilan rambut. Tujuanya adalah untuk mendapatkan rambut lurus. Di Indonesia, smoothing banyak dilakukan. Hal ini tak lepas dari anggapan para perempuan bahwa rambut yang lurus memiliki nilai keindahan lebih bila dibandingkan bentuk rambut lainya. Apalagi banyak iklan sampo mempertontonkan keindahan rambut yang hitam dan lurus.

Sayangnya, melakukan smoothing bukanlah tanpa dampak negatif. Salah satunya adalah masalah rambut rontok akibat smoothing. Hal ini karena selama proses smoothing, rambut terkena paparan sinar panas yang dipancarkan oleh alat-alat smoothing.

Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing

Tapi tenang saja, kerontokan rambut akibat smoothing bisa di atasi. Kamu tinggal menggunakan beberapa langkah mengatasi rambut rontok akibat smoothing di bawah ini:

  1. Melakukan hair mask atau creambath

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut rontok akibat smoothing adalah melakukan hair mask atau creambath secara rutin. Hair mask atau creambath bertujuan untuk membersihkan sisa obat smoothing yang mengandung bahan kimia yang merusak rambut.  Kamu bisa melakukan hair mask atau creambath di salon langgananmu. Waktunya paling tidak dua minggu sekali. Tenang saja, hair mask seharusnya tidak akan merusak hasil smoothing kamu.

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Kering Setelah Smoothing

Baca Juga : Gunakan 6 Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Rambut Rontok Akibat Smoothing
  1. Bisa juga melakukan masker rambut dengan bahan alami

Bahan alami yang ada di sekitar kita bisa digunakan untuk masker rambut. Bahan alami tersebut bagus untuk mengatasi rambut rontok akibat smoothing. Contoh bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker rambut: lidah buaya, minyak zaitun, madu, minyak kemiri bakar, dan sebagainya. Kamu bisa memilih menggunakan masker rambut adengan bahan alami yang cocok dengan rambutmu. Menggunakan masker alami juga efektif untuk mengatasi rambut rontok akibat smoothing.

  1. Menggunakan sisir yang berujung bulat dan bergigi jarang

Sisir yang berujung bulat dan bergigi jarang berfungsi untuk menyisir tanpa menimbulkan luka lecet pada kulit kepala. Dan tidak mematahkan rambut kering akibat smoothing sehingga tidak rontok. Ujung sisir bulat juga menyisir rambut dengan rapi, halus dan lembut. Jadi jangan sekali-kali memilih sisi dengan gigi yang rapat ya.

  1. Menggunakan shampoo dan kondisioner yang tepat

Kondisi rambut akibat smoothing biasanya kering, kusam dan mudah rontok. Oleh karena itu gunakan shampoo dan kondisioner untuk kondisi rambut kering dan rontok. Di apotek tersedia jenis sampo semacam ini. kamu tinggal bilang saja ke aptekernya jika kamu ingin sampoo dan kondisioner khusus rambut rontok.

  1. Melakukan keramas secara rutin dan teratur

Melakukan keramas secara rutin dan teratur untuk menjaga kebersihan rambut. Keramas rutin dan teratur juga dapat menjaga kelembaban dan kekeringan pada rambut kering akibat smoothing.

  1. Menggunakan vitamin rambut

Vitamin rambut yang dijual bebas dipasaran berguna untuk menutrisi rambut akibat smoothing. Rambut menjadi kering, rusak dan rontok akibat smoothing jadi perlu diberi nutrisi berupa vitamin rambut. Pilihlah vitamin rambut yang mengandung vitamin B dan E yang bagus untuk kesuburan dan kesehatan rambut.

Baca Juga : Lakukan 10 Tips Ini Untuk Perawatan Rambut Kering Akibat Smoothing Agar Rambut Kembali Lembab

Baca Juga : 7 Bentuk Perawatan Rambut Kering Dan Ikal Secara Tepat
  1. Menggunakan minyak rosemary

Minyak rosemary berguna untuk menstimulus akar rambut agar rambut tumbuh subur. Sehingga minyak rosemary ini cocok untuk mengatasi rambut rontok akibat smoothing. Rambutmu akan tumbuh kembali dengan subur. Kamu cukup mengoleskan minyak rosemary ke seluruh bagian rambut dari akar-ujung.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok akibat smoothing. Ada baiknya kamu memilih produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami. See you ladies.