Perempuan selalu ingin tampil cantik dimanapun ia berada. Banyak cara yang mereka lakukan untuk mewujudkannya. Dari pergi perawatan ke salon, membawa make up kemanapun, hingga melakukan perawatan sendiri dirumah. karena jika kulit wajah kita ingin sehat tanpa ada masalah, maka kitapun harus rajin-rajin merawatnya.

Perawatan kulit wajah ada banyak macamnya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentu ini harus disesuaikan pula dengan jenis kulit masing-masing orang. Ada yang memiliki wajah jerawat, berminyak, kusam, kulit gelap karena cahaya matahari, dan masih banyak lagi. Nah.. dari berbagai jenis dan keluhan soal kulit tersebut, banyak dari wanita khususnya di Indonesia menempuh jalan yang instan untuk menjadikan kulit wajah putih, mulus, berseri, cerah dan sehat. Masalahnya adalah cara instan tersebut belum tentu baik untuk kulitmu.

Bagaimana cara merawat wajah secara alami?

Di bawah ini ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk perawatan kulit wajahmu. Lakukan sesuai dengan jenis kulitmu yaa. Berikut ulasannya:

Untuk kulit berjerawat

  1. Madu

Madu berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat pada wajah. selain itu. Madu dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan kotoran membandel pada wajah kita. Untuk itu, bagi kalian yang memiliki wajah berjerawat. Gunakanlah madu sebagai masker pada malam hari untuk merawat wajahmu.

Baca Juga : Tips Cantik Untuk Remaja, Harus Kamu Lakukan Tiap Hari

Baca Juga : Tips Cantik Ke Sekolah SMA : Cukup Dandan Sederhana Saja
  1. Jeruk nipis

Zat-zat alami seperti vitamin C, asam sitrat dan zat astrigen pada jeruk nipis mampu menyembuhkan jerawat dengan cepat. Jeruk nipis juga mampu mengangkat minyak pada wajah sehingga wajah akan tampak berseri tanpa jerawat.

  1. Air mawar

Air mawar juga dapat merawat kulit wajah berjerawat. Anti bakteri yang terkandung dalam air mawar dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan dapat mengurangi efek kemerahan akibat jerawat. Air mawar biasanya dijual di toko kosmetik dalam bentuk botol. Cara menggunakannya sangat mudah. Tuangkan air mawar pada kapas secukupnya, lalu usapkan pada wajah sama seperti saat kamu membersihkan wajah.

Untuk kulit berminyak dan kusam

  1. Papaya

Zat yang terkandung dalam papaya seperti enzim papain, ternyata dapat memutihkan kulit. Cara membuatnya, haluskan satu sendok makan papaya mentah dan satu sendok makan papaya matang. Setelah itu gunakan sebagai masker pada wajah. tunggu 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

  1. Kentang

Bahan yang satu ini, selain enak dimakan juga berfungsi sebagai pemutih wajah, lho. Cara membuat maskernya, parut satu buah kentang dan tambahkan dengan satu sendok madu. Campurkan lalu ulaskan pada wajah. tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air.

  1. Bengkoang

Sudah tidak diragukan lagi khasiat dari bengkoang ini untuk memutihkan wajah. Biasanya, masker bengkoang banyak dijual di pasaran dalam bentuk bubuk ataupun krim. Tapi kamu bisa membuat sendiri di rumah. Parut satu buah bengoang, peras hasil parutan tersebut. Endapkan hasil perasan. Setelah mengendap, buang airnya dan gunakan endapan bengkoang itu sebagai masker.

Untuk kulit kering

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun berkhasiat untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Selain itu juga dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati pada wajah. Cara menggunakannya, bisa langsung kamu oleskan pada wajah saat malam. Atau bisa kamu campur dengan kuning telur dan tetesan jeruk lemon. Gunakan sebagai masker.

  1. Alpukat

Alpukat juga bisa digunakan untuk perwatan kulit kering kamu. Caranya yaitu dengan menghaluskan setengah alpukat lalu haluskan. Gunakan sebagai masker wajah dan tunggu 20 menit, selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat.

Itulah beberapa bentuk parawatan wajah untuk berbagai masalah kulit. Kamu bisa mengaplikasikanya sesuai dengan jenis masalah yang kamu hadapi.

Baca Juga : Tips Cantik Tanpa Lipstik, Ini Caranya!