10 Tips Cara Perawatan Wajah Setelah Peeling

Ada beberapa cara perawatan wajah setelah peeling yang harus kamu ketahui. Peeling merupakan perawatan yang dilakukan dengan mengangkat sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru. Perawatan yang satu ini dilakukan agar bagian tubuh terlihat makin muda dan halus. Namun, 10 perawatan ini harus kamu lakukan setelah melakukan prosedur peeling:

  1. Biarkan Kulit Mengelupas

cara perawatan wajah setelah peeling

sumber bp-guide.id

Cara perawatan wajah setelah peeling pertama yang bisa kamu lakukan adalah membiarkan kulit mengelupas dengan sendirinya. Sesuai pengertiannya, proses perawatan ini pasti akan membuat kulit terkelupas.

Mungkin masih ada beberapa kulit mati yang akan terkelupas. Jangan tarik dengan jari. Biarkan saja mengelupas sendiri agar tidak terjadi luka dan infeksi.

  1. Pakai Pembersih yang Lembut

cara melentikan bulu mata tanpa alat

sumber alodokter.com

Kulit menjadi sangat sensitif ketika kamu baru saja melakukan peeling. Memakai sabun muka yang kasar akan membuat kulit jadi iritasi. Karena itu, gunakanlah pembersih muka atau sabun badan yang halus.

Gunakan pembersih wajah untuk kulit kering untuk sementara dan kamu juga harus memastikan kalau kamu menggunakan pembersih muka yang bebas dari bahan kimia berbahaya.

  1. Buat Kulit Tetap Lembap

cara melentikan bulu mata tanpa alat

sumber popbela.com

Menjaga kelembapan pasca proses peeling sangat penting agar kulit tidak mudah terluka. Ada beberapa produk yang bisa kamu pakai, salah satunya adalah moisturizer. Kulit juga akan semakin cepat kering setelah prosedur peeling sehingga kamu harus memakai produk yang satu ini secara rutin. Karena kulit masih sensitif, baiknya kamu gunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif.

  1. Pakai Sunscreen

cara melentikan bulu mata tanpa alat

sumber editorial.femaledaily.com

Sinar UV sangat berbahaya bagi kulit yang baru cabut secara paksa. Proses peeling akan membuat kulit kamu rentan terluka dan sensitif terhadap sinar matahari. Bila kamu memang harus beraktivitas di bawah sinar matahari, jangan lupa memakai sunscreen yang memiliki SPF yang tinggi. Karena kulit belum stabil dan cendrung sensitif, baiknya kamu menggunakan sunscreen untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan.

  1. Manfaatkan Serum

cara melentikan bulu mata tanpa alat

sumber kitakini.news

Serum bisa kamu manfaatkan untuk membuat kulit yang kering menjadi lebih cepat pulih. Setelah proses peeling, kulit rentan mengalami perubahan pigmentasi warna atau muncul noda hitam pada bagian yang diproses. Untuk mengatasinya, kamu harus rajin memakai serum, terutama yang mengandung vitamin C.

  1. Jangan Sentuh Kulit

cara melentikan bulu mata tanpa alat

sumber mediaindonesia.com

Seperti yang sudah sering dikatakan kalau kulit sangat sensitif pasca proses peeling dilakukan sehingga satu sentuhan saja bisa membuat kulit jadi iritasi, apalagi kalau tangan kamu kotor. Karena itu, sebisa mungkin hindari menyentuh langsung kulit yang baru kamu peeling.

  1. Scrubbing Kulit

Scrubbing Kulit

sumber style.tribunnews.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah scrubbing kulit dengan produk yang berkualitas. Scrubbing mengharuskan kamu untuk menggosok kulit dengan butiran yang halus. Proses ini berfungsi untuk membantu mengelupaskan sel kulit mati yang tidak boleh kamu kelupas dengan paksa. Karena kulit wajah kering, maka gunakanlah masker alami untuk kulit kering untuk membantu kulit wajah menjadi lembab.

  1. Makan Makanan Sehat

Makan Makanan Sehat

sumber lifestyle.okezone.com

Memakan makanan sehat harusnya kamu lakukan secara rutin untuk mendapatkan muka yang bersih. Makanan sehat lebih harus kamu prioritaskan kalau kamu baru saja melakukan proses peeling. Makanan sehat dapat membantu proses penyembuhan kulit yang kering setelah melakukan proses peeling.

  1. Minum Air Putih

Minum Air Putih

sumber tribunnews.com

Minum air putih yang cukup juga bisa membuat kulit tetap lembap. Hal ini karena kulit juga menyerap air yang kamu minum. Sebisa mungkin untuk selalu mencukupi kebutuhan air setiap harinya dan jangan sampai kamu mengalami dehidrasi.

  1. Konsultasi Ke Dokter

Konsultasi Ke Dokter

sumber limone.id

Kalau kamu baru saja melakukan medium peeling atau deep peeling yang memang butuh konsultasi dengan dokter, biasanya efek yang terasa akan lebih parah. Kalau rasa sakit, kulit kering, dan kemerahan tidak juga hilang, kamu harus berkonsultasi kepada dokter yang ahli.

Itulah 10 cara perawatan wajah setelah peeling yang bisa kamu lakukan. Ingat untuk selalu berkonsultasi dengan dokter dan mengetahui risiko melakukan peeling.