Undangan, yaa undangan dari teman sekolah, dari teman kantor atau dari saudara, yaa pokoknya tentu kita sering mendapatkan undangan untuk hadir ke acara pesta kerabat kita. Acara pesta memiliki arti yang luas, bisa merupakan pesta ulang tahun, pesta khitanan, pesta perayaan sesuatu dan pesta pernikahan, namun untuk pesta pernikahan identik dengan kata kondangan. Untuk kaum hawa terkadang suka merasa bingung untuk dapat tampil cantik ketika datang ke acara kondangan. Biasanya hal utama yang menjadi perhatian adalah bagaimana makeup untuk kondangan yang digunakan. Nah Teman Parasayu, ingin tampil cantik ketika pergi kondangan? Inilah langkah mudah makeup untuk kondangan yang dapat kamu coba di rumah.

Makeup Untuk Kondangan

  • Foundation

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika makeup untuk kondangan adalah membersihkan kulit wajah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kosmetik menyerap ke kulit sehingga hasil makeup akan lebih maksimal. Setelah kulit wajah sudah bersih, selanjutnya gunakan foundation atau alas bedak. Pilihlah warna foundation yang sesuai dengan warna kulit kita. Ratakan foundation dengan menggunakan spon ke seluruh permukaan kulit wajah, untuk mendapatkan hasil yang lebih halus atau flawless ratakan dengan menggunakan brush atau kuas. Apabila terdapat kantung mata atau flek- flek pada kulit wajah, untuk menyamarkannya kita dapat menggunakan concealer.

  • Powder

Berikutnya setelah penggunaan foundation pada makeup untuk kondangan dilanjutkan dengan penggunaan powder atau bedak. Gunakan terlebih dahulu loose powder atau bedak tabur. Pilihlah warna bedak sesuai dengan warna kulit kita agar hasil makeup tidak terlihat terlalu putih atau kegelapan. Dengan menggunakan spon bedak, usapkan bedak secara merata keseluruh permukaan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selanjutnya gunakan compact powder atau bedak padat. Dengan menggunakan brush sapukan dengan rata keseluruh permukaan kulit wajah agar hasilnya terlihat lebih halus dan rapih.

Baca Juga : Tampil Cantik Dihari Bahagia Dengan Makeup Natural Muslimah

Baca Juga : Tips Cantik Memakai Eyeliner Sesuai Dengan Bentuk Mata
  • Eyeshadow

Ketika kita melakukan makeup untuk kondangan, ada 2 jenis pemilihan warna eyeshadow. Pertama, menggunakan eyeshadow warna natural seperti warna cokelat muda, cokelat, pink muda dan peach atau orange muda. Kedua, menggunakan eyeshadow dengan warna yang disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan. Sedikit tips, ketika makeup untuk kondangan acara pagi atau siang sebaiknya menggunakan eyeshadow tanpa glitter agar menghindari kesan berlebihan pada mata. Namun ketika makeup untuk kondangan acara sore atau malam, baiknya gunakan eyesahdow bergliter untuk memberikan kesan mewah.

  • Eyeliner dan Maskara

Langkah makeup selanjutnya adalah penggunaan eyeliner. Gunakanlah eyeliner spidol agar mempermudah sewaktu pengaplikasian. Agar tahan lama pilih eyeliner yang bersifat waterproof atau tahan air. Cara penggunaan eyeliner ketika makeup untuk kondangan yaitu dengan membentuk winged atau cat eyes. Hal ini bertujuan agar membentuk tampilan mata yang lebih besar dan tegas. Selanjutnya penggunaan maskara untuk membuat tampilan bulu mata terlihat lebih bervolume. Sebelumnya, jepit terlebih dahulu bulu mata agar menjadi lentik. Berikutnya aplikasikan maskara dengan gerakan ke atas agar bulu mata terlihat menjadi lebih lentik. Apabila menginginkan bulu mata yang lebih bervolume, kita dapat menambahkan dengan pemakaian bulu mata.

  • Eyebrow (Alis Mata)

Langkah pertama dalam membentuk alis pada makeup untuk kondangan yaitu membentuk bingkai alis. Dengan menggunakan eyebrow pencil atau pensil alis buatlah bingkai mata yang disesuaikan dengan bentuk wajah. Kemudian langkah berikutnya adalah mengisi alis mata menggunakan eyebrow powder. Gunakan kuas untuk mengisis warna alis, pada bagian pangkal alis dibaurkan agar bentuk alis terlihat rapih dan indah.

Baca Juga : Cara Makeup Simple Tapi Cantik Untuk Digunakan Sehari-hari

Baca Juga : Ini Dia Langkah Makeup Natural Zaskia Sungkar Yang Dapat Kamu Lakukan
  • Shading dan BlushOn

Pada makeup untuk kondangan gunakan shading pada bagian hidung, pipi dan rahang agar bentuk wajah terlihat lebih proposional. Buatlah hidung agar terlihat lebih mancung, tulang pipi terbentuk atau lebih menonjol, dan rahang yang tirus. Pada bagian tulang pipi, aplikasikan blushon untuk membuat kesan pipi merona. Untuk blushon pilihlah warna pink muda atau peach agar tidak memberikan kesan menor. Jika ingin terlihat glowing, dengan menggunakan brush kita bisa menambahkan shimmer pada bagian atas tulang pipi, kehing, tengah hidung dan dagu.

  • Lipstik

Langkah terakhir makeup untuk kondangan yaitu penggunaan lipstik. Untuk acara kondangan, warna lipstik yang digunakan bebas sesuai dengan selera. Jika kita memiliki bentuk bibir yang tebal, disarankan untuk  menggunakan jenis lipstik matte, namun apabila kita memiliki bentuk bibir yang tipis gunakanlah jenis lipstik glossy. Hal ini bertujuan agar menghindari penggunaan lipstik yang berlebihan tidak sesuai dengan bentuk bibir.