Hari pernikahan adalah hari yang dinanti-nanti oleh semua pasangan calon pengantin. Tentunya calon pengantin wanita ingin tampil secantik mungkin di hari bahagianya. Namun terkadang terdapat perbedaan pandangan mengenai batas-batas yang diperbolehkan untuk mempercantik diri khususnya untuk calon pengantin muslimah. Ada beberapa calon pengantin muslimah yang ingin makeup senatural mungkin namun ada juga yang ingin terlihat pangling di hari pernikahannya. Namun walaupun makeup secara natural bukan berarti nantinya tidak tampil cantik. Jelas sangat bisa tampil cantik walau dengan makeup natural pengantin muslimah. Nah pada kesempatan kali ini ParasayuNet ingin berbagi cara agar tampil cantik di hari bahagia dengan makeup natural pengantin muslimah.

Makeup Natural Pengantin Muslimah

  1. Makeup Dasar
  • Base Makeup

Sebelum memulai makeup natural pengantin muslimah alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu membersikan kulit wajah, karena dengan kulit wajah yang bersih akan lebih memudahkan proses makeup dan untuk menghindari masalah-masalah kulit seperti jerawat. Setelah wajah bersih gunakan pelembab wajah dengan cara usapkan dengan jari tangan secara merata keseluruh bagian kulit wajah. Selanjutnya penggunaan base makeup atau prime makeup yang bertujuan untuk mengikat foundation agar tahan lama di kulit wajah. Cara pengaplikasiannya dengan menggunakan spon usapkan secara merata keseluruh kulit wajah.

  • Foundation

Langkah selanjutnya makeup natural pengantin muslimah yaitu penggunaan foundation atau alas bedak. Pilihlah warna foundation yang satu tinggkat lebih cerah dari warna kulit wajah. Dengan menggunakan spon, ratakan foundation keseluruh permukaan kulit wajah. Setelah itu gunakan kuas khusus foundation untuk lebih meratakan foundation agar hasilnya lebih halus dan rapih. Langkah berikutnya menggunakan concealer untuk menyamarkan pada bagian kantung mata dan menutupi flek-flek pada kulit wajah.

Baca Juga : Tips Cantik Memakai Eyeliner Sesuai Dengan Bentuk Mata

Baca Juga : 8 Langkah Mudah Makeup Natural Hijabers Yang Dapat Kamu Coba

  • Contouring Wajah
Makeup

Sumber Gambar : www.clevver.com

Contouring wajah adalah teknik makeup yang menonjolkan bagian-bagian wajah yang bertujuan agar bentuk tampilan wajah terlihat lebih sempurna. Langkah-langkah dalam contouring wajah yaitu membentuk tulang pipi, memberi shadow pada kening, membentuk hidung agar lebih mancung, dan membentuk rahang.

  • Powder

Penggunaan powder atau bedak pada makeup natural pengantin muslimah terdiri dari loose powder atau bedak tabur dan compact powder atau bedak padat. Pilihlah warna bedak yang sesuai dengan warna kulit kita. Terlebih dahulu gunakan loose powder, dengan menggunakan spon bedak usapkan secara merata keseluruh kulit wajah. Kemudian usapkan compact powder dengan menggunakan kuas ke seluruh kulit wajah agar hasil lebih halus dan rapih.

  1. Makeup Mata

Makeup

Makeup

Hasil Makeup instagram.com @mariskayr

  • Eyeshadow

Pemilihan warna eyeshadow pada makeup natural pengantin muslimah sangatlah penting agar tampilan mata tidak terlihat berlebihan. Sebelumnya gunakan terlebih dahulu eyeshadow base agar eyeshadow menempel pada mata dengan baik dan tahan lama. Gunakan eyeshadow warna coklat muda dengan sedikit glitter pada bagian kelopak mata, aplikasikan dengan menggunakan kuas eyeshadow. Selanjutnya gunakan eyeshadow warna cokelat tua pada bagian sudut luar mata, dengan menggunakan kuas dibaur agar hasilnya halus, tidak tebal dan tidak ngeblok.

  • Eyeliner

Langkah selanjutnya adalah penggunaan eyeliner. Ada terdapat banyak jenis eyeliner, untuk makeup natural pengantin muslimah gunakanlah eyeliner jenis liquid pencil eyeliner atau yang lebih dikenal dengan eyeliner spidol karena mudah dalam pengaplikasiannya sehingga cocok untuk karakter makeup natural. Selain itu agar eyeliner tahan lama, pilihlah eyeliner yang bersifat waterproof atau tahan air. Pada pengaplikasiannya, bentuk garis eyeliner dari sudut pangkal kelopak mata semakin menebal kearah sudut luar kelopak mata atau membentuk winged. Pada eyeliner bawah mata gunakan eyeliner pencil warna silver dengan sedikit bergeliter dan pada ujung luar sudut mata bawah diberi eyeliner warna hitam tapi tidak full. Hal ini bertujuan agar tampilan mata terlihat lebih besar dan tajam namun tetap terlihat natural.

  • Maskara dan Bulu Mata

Sebelum menempelkan bulu mata pada makeup natural pengantin muslimah, terlebih dahulu jepit bulu mata menggunakan penjepit bulu mata agar bulu mata terlihat lebih lentik. Setelah itu tempelkan bulu mata dengan bantuan lem bulu mata dan pinset. Pilihlah bulu mata palsu yang tidak terlalu tebal agar mata terlihat natural. Kemudian satukan bulu mata asli dan bulu mata palsu dengan menggunakan maskara.

  • Eyebrow (Alis Mata)

Terdapat tiga langkah dalam membentuk alis mata yaitu menentukan titik awal alis dengan cara diambil garis lurus dari cuping hidung kearah ujung sudut mata bagian dalam, menentukan titik akhir alis dengan cara diambil garis lurus dari cuping hidung kearah ujung sudut mata bagian luar dan menentukan lengkungan alis dengan cara diambil garis lurus dari cuping hidung kearah tengah mata. Setelah itu bingkai alis menggunakan eyebrow atau pensil alis. Kemudian isi alis dengan eyebrow powder menggunakan kuas.  Pada pangkal alis dibaur agar warna dan bentuk alis terlihat natural. Hal terpenting dari makeup natural pengantin muslimah adalah alis yang tidak dicukur, untuk mensiasatinya yaitu dengan menutup alis menggunakan foundation agar bentuk alis tetap indah walah tanpa dicukur.

  1. Makeup Akhir
  • Shading

Setelah makeup dasar dan makeup mata selesai, langkah selanjutnya yaitu membentuk shading luar. Sebelumnya shading dalam sudah kita buat dengan contouring. Shading pada makeup natural pengantin muslimah jangan dibuat terlalu berlebihan agar kesan natural tetap terlihat. Shading pada bagian hidung, pipi dan rahang agar bentuk wajahmu menjadi lebih sempurna dengan hidung yang mancung, tulang pipi yang menonjol dan rahang yang tirus. Shading pada hidung dibentuk dengan dimulai dari cuping hidung mengarah ke pangkal hidung.

  • BlushOn

Dalam penggunaan blushon, pilihlah warna blushon yang natural namun tetap memberikan kesan pipi merona yang segar dan cerah. Pada makeup natural pengantin muslimah, gunakan warna pink muda dan warna peach atau orange muda. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menggunakan kuas atau brush sapukan blushon pada area tulang pipi, kemudian diabur agar terlihat halus dan menyatu dengan shading tanpa terlihat garis pembatas antara blushon dan shading.

Baca Juga : Tips Agar Cantik Dengan Makeup Natural Jepang

Baca Juga : Cara Makeup Simple Tapi Cantik Untuk Digunakan Sehari-hari
  • Lipstik

Langkah terakhir makeup natural pengantin muslimah adalah penggunaan lipstik. Sebelumnya gunakan lipliner untuk membingkai bibir sehingga bentuk bibir terlihat proporsional. Setelah itu baru diisi dengan lipstik. Pilihlah warna natural seperti pink, pink muda dan peach atau orange muda. Jika kita memiliki bentuk bibir yang tebal gunakan jenis lipstik matte, namun apabila kita memiliki bentuk bibir yang tipis gunakanlah jenis lipstik glossy.

Makeup

Hasil Makeup instagram.com @mariskayr

Nah itulah langkah-langkah cara agar tampil cantik di hari bahagia dengan makeup natural pengantin muslimah. Walau dengan menggunakan makeup yang natural namun tetap tidak menghilangkan kecantikan di hari specialmu.