Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi wanita. Karena rambut adalah mahkota para wanita. Pastilah sudah ada banyak cara yang kamu coba untuk bisa memiliki rambut yang cantik nan indah. Bahkan tak jarang karena terlalu sering melakukan perawatna rambut yang kurang tepat menyebabkan timbulnya berbagai masalah baru untuk rambut kamu.

Permasalahan rambut sangatlah beragam. Diantaranya adalah rambut kering dan patah. Mungkin kedua masalah rambut tersebut sedang kamu alami saat ini. Rambut kering dan mudah patah bias disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya penggunaan produk kecantikan yang mengandung bahan kimia secara berlebihan, penggunaan catok dan juga hair dryer saat menata rambut, kurangnya nutrisi rambut akibat kebiasaan makan yang buruk, terlalu stress dan juga kemungkinan adanya penyakit.

Tapi bagi kamu yang ingin melakukan perawatan rambut kering dan patah atau rontok, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Masker rambut alami

Masker mampu memberikan kelembaban pada kulit kepala, sehingga mampu mengurangi resiko rambut kering dan juga patah. ada banyak bahan alami yang mudah didapatkan yang bias digunakan ebagai bahan utama untuk masker rambut. Bahan-bahan tersebut adalah madu, telur, papaya, lidah buaya, minyak zaitun, minyak almond, dan juga minyak kelapa. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setidaknya penggunaan masker rambut adalah 2 kali dalam 1 minggu.

Baca Juga : Cara Melakukan Perawatan Rambut Kering Karena AC Menggunakan Bahan Alami

Baca Juga : Bahaya Rebonding Yang Tidak Disadari dan Cara Perawatan Rambut Akibat Rebonding

2. Pilih produk sampo

Dipasaran saat ini sudah beredar ribuan merk sampo yang tentunya mempunyai kegunaan yang berbeda untuk setiap merknya. Buat kamu yang mempunyai masalah dengan rambut kering dan rontok, pilihlah produk sampo yang mengandung pelembab sehingga mampu memenuhi nutrisi dan juga mengembalikan kilau rambut kamu.

3. Gunakan conditioner

Condisioner merupakan produk perawatan rambut yang mampu menghaluskan rambut karena kandungan pelembabnya yang tinggi. Biasanya produk onditioner dijual dengan berpasangan bersama sampo untuk jenis rambut yang sama. Penggunaan condisioner pun harus tepat, jangan sampai mengenai kulit kepala. Karena hal itu mampu menyebabkan timbulnya masalah ketombe.

4. Jaga asupan nutrisi

Konsumsi makanan yang sehat pastilah akan memberikan manfaat yang baik buattubuh kamu. Salah satunya mampu menyehatkan rambut. Buat kamuyang mempunyai masalah dengan rambut kering dan rontok, cobalah konsumsi kacang merah, ikan salmon, dan produk kacang-kacangan lainnya. Karena didalam tanaman kacang-kacangan terkandung senyawa sodium yang sangat bermanfaat untuk rambut kamu.

5. Potong rambut secara teratur

Buat kamu yang suka dengan rambut panjang, pastikan kalau kamu juga memperhatikan tatanan rambut kamu. Potonglah ujung rambut kamu setiap enam minggu sekali, hal ini untuk menghindari rambut patah karena rapuh.

6. Kelola stress

Stress adalah suatu kebiasaan yang sering dirasakan beberapa orang saat menerima suatu tantangan atau tugas yang berat. Tanpa disadari stress merupakan salah satu faktor yang beresiko menyebabkan kerusakan rambut. Ada banyak hal yang bias kamu lakukan untuk menghindari stress diantaranya adalah janganlah terlalu serius dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Untuk bias terhindar dari msalah rambut kaibat stress ada baiknya agar kamu bias mengelola stress kamu dengan dialihkan pada hal-hal yang bisa membuat kamu senang.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut kering dan patah yang bisa kamu coba di rumah. Tidak mahal bukan? Yang kamu perlu lakukan hanya meluangkan sedikit waktu dan melakukanya secara rutin. Semoga berhasil.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Berlebih Akibat Pewarna Dengan Bahan Alami