Biaya Nikah di KUA dan Sejumlah Persyaratannya

Siklus hidup yang dijalani oleh sejumlah besar manusia adalah menikah. Dan ada banyak sekali hal-hal penting yang harus Anda persiapkan sebelum menikah. Salah satunya adalah mengetahui berapa biaya nikah di KUA dan bagaimana tata cara serta suntuk syarat menikah di KUA.

Persyaratan Menikah di KUA

makeup pernikahan adat sunda

Banyak sekali pasangan yang ingin menikah tapi belum terlaksana karena masalah biaya. Banyak orang yang berpikir bahwa biaya untuk menikah itu mahal. Misalnya biaya-biaya seperti undangan, tempat, katering, dan sebagainya.

Padahal biaya menikah untuk bisa tercatat secara hukum tidaklah mahal. Bahkan Anda bisa mendapat biaya gratis jika menikah langsung di KUA. Sebelum menikah, sebaiknya tentukan dahulu lokasi pernikahan Anda. Karena lokasi tersebut akan menentukan dokumen dan surat apa saja yang harus disiapkan.

Apabila lokasinya sudah ditentukan maka KTP domisili harus sama dengan lokasi akad nikah, karena jika berbeda maka Anda harus mempersiapkan surat rekomendasi dari KUA terkait. Siapkan juga beberapa surat penting sebelum menikah, yang diantaranya yaitu:

  • Surat pengantar yang berasal dari ketua RT setempat.
  • Surat pernyataan belum menikah dari RT/RW setempat dengan materai 6000.
  • Surat keterangan untuk menikah dari kelurahan yaitu N1, N2, dan N4.
  • Surat izin dari orang tua jika anak yang menikah belum berusia 21 tahun.
  • Surat cerai dari pengadilan agama jika pasangan yang akan menikah sudah bercerai.
  • Surat kematian dari kelurahan apabila calon mempelainya pernah menikah dan pasangan sebelumnya meninggal.
  • Surat dispensasi poligami dari Departemen Agama jika calon pengantin prianya sudah memiliki istri.
  • Surat rekomendasi menikah dari KUA jika alamat di KTP tidak sesuai dengan alamat untuk melangsungkan akad nikah.
  • Surat izin dari atasan atau komandan jika merupakan anggota TNI dan Polri.
  • Fotocopy KTP dan KK serta orang tua.
  • Pas foto masing-masing calon pengantin 2×3 sebanyak 5 lembar.
  • Pas foto berwarna calon pengantin sebanyak 6 lembar 4×6.
  • Akta kelahiran.
  • Fotocopy KTP untuk saksi nikah.

Baca Juga : Pilihan Ballroom Jakarta Terbaik untuk Wedding

Baca Juga : Tips Memilih Rias Pengantin Murah

Biaya Nikah di KUA Terbaru

mua parasayu

Biaya untuk menikah di KUA ini telah tercantum di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Departemen Agama.

Di sana sudah tercantum bahwa biaya menikah adalah gratis selama akad nikahnya dilangsungkan di KUA. Maka jika akad nikah akan dilangsungkan di rumah, masjid, atau gedung tetap dipungut biaya yaitu Rp.600.000,-. Anda juga bisa melangsungkan pernikahan di KUA secara gratis jika memilih hari kerja atau Senin sampai Jumat.

Biaya ini akan langsung masuk ke dalam kas negara, dan menjadi Pendapatan Negara Bukan Pajak atau PNBP dari Kementrian Agama. Pendaftaran menikah di KUA dilakukan selambat-lambatnya 10 hari sebelum tanggal pernikahannya ditentukan. Jika kurang dari 10 hari kerja, maka harus ada surat dispensasi dari Kantor Kecamatan.

Anda harus lebih waspada pada pungutan liar yang sering terjadi di KUA. Tak jarang mereka meminta uang di luar Rp.600.000,- pada para calon pengantin yang akan menikah. Padahal hal itu tidak dibenarkan dan tidak ada di dalam Peraturan Pemerintahnya, dalam menentukan biaya nikah di KUA.

Jika Anda sudah mantap memutuskan untuk menikah di KUA atau di rumah/masjid/gedung, sebaiknya putuskan juga jasa MUA untuk pernikahan Anda nantinya. Rekomendasi MUA terbaik untuk saat ini adalah Parasayu, yang bisa Anda lihat portofolio dan hasilnya di mua.parasayu.net. Hubungi kontak yang ada di sana untuk keterangan lebih lanjut.