Gedung Arsip Nasional, Tempat Pernikahan di Tengah Kota

Berbicara mengenai pernikahan tentu tidak lepas dari lokasi dimana tempat pernikahan dilangsungkan. Pada sekarang ini, banyak dari calon mempelai menggunakan gedung pernikahan sebagai tempat melangsungkan acara pernikahan. Dari sekian banyak tempat pernikahan di kota Jakarta, gedung arsip nasional menjadi tempat favorit bagi calon mempelai untuk menyelenggarakan pesta pernikahannya. Dengan bangunan khas Eropa pada zaman dahulu, membuat gedung ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Meski saat ini dikenal sebagai tempat menyelenggarakan pernikahan, namun pada zaman dahulu gedung ini sempat mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Sebelum lanjut, ada sedikit informasi untuk calon mempelai pengantin. Jika anda sedang mencari make up artist profesional untuk prewedding, pesta dan rias pengantin. Anda dapat menggunakan MUA Parasayu. Dengan MUA yang berpengalaman dan berkualitas, tentu hasil riasan pada hari pernikahan akan tampak cantik memukau. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu dinomor telepon/WA 0895404100004 atau menghubungi website https://mua.parasayu.net/.

Sejarah Singkat Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional dibangun pada abad ke 18, pada zaman kolonial Hindia Belanda. Pada awalnya, gedung ini diperuntukan sebagai kediaman gubernur jendral VOC yang di jabat oleh Reinier de Klerk. Pada tahun 1900, gedung ini sempat akan dibongkar untuk dijadikan sebagai pertokoan. Namun, Reinier de Klerk pada saat itu turun tangan untuk menyelamatkan gedung ini dari pembongkaran.

Pada tahun 1925, gedung ini digunakan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda sebagai tempat Lands Archief (arsip negeri). Kemudian setelah kemerdekaan Indonesia, tempat ini digunakan sebagai tempat arsip nasional.

Kemudian pada tahun 1975, tempat arsip nasional dipindahkan ke tempat yang baru. Sehingga membuat bangunan ini tidak terpakai. Dari tahun 1979 hingga 1990an gedung ini dibiarkan kosong, kemudian lambat laun bangunan ini nampak tidak terawat. Hingga sempat terdengar kabar bawah pada tahun 1990 di zaman Presiden Soeharto, tempat ini akan di bongkar dan akan dijadikan tempat pertokoan.

Kabar tesebut ternyata terdengar sampai ke negeri Belanda. Hingga kelompok usawahan Belanda mendirikan Stichting Cadeau Indonesia atau yayasan hadiah Indonesia dan mengumpulkan dana untuk renovasi gedung Arsip Nasional. Hadiah tersebut diberikan tepat pada ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 50.

Renovasi gedung Arsip Nasional selesai di lakukan pada tahun 1998. Pada saat ini, gedung Arsip dikelola oleh yayasan bangunan arsip nasional. Yayasan tersebut bertanggung jawab untuk memelihara bangunan sekaligus sebagai penanggung jawab.

Pada saat ini juga, gedung arsip sering di gunakan oleh masyarakan umum untuk menggelar acara pameran atau pernikahan. Pada bagian gedung arsip nasional terdapat taman atau kebun yang bisa dikunjungi oleh masyarakat, adapun jam buka dari kebun arsip nasional yaitu pada pukul 8 pagi hingga 4 sore hari.

Gedung Arsip Nasional Wedding

gedung arsip nasional

foto by popbela.com

Selain sebagian cagar budaya, gedung arsip nasional sering di jadikan sebagai tempat pernikahan oleh masyarakat umum. Gedung arsip nasional merupakan salah satu tempat favorit untuk menyelengarakan pernikahan. Bukan tanpa sebab, gedung ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh gedung-gedung pernikahan lainnya. Adapun keunggulan yang dari gedung seperti berikut:

  1. Lokasi Gedung Pernikahan

Salah satu aspek yang penting dalam mencari gedung pernikahan yaitu lokasinya yang mudah dijangkau. Gedung arsip nasional sendiri teletak di tengah kota Jakarta sehingga membuat lokasinya mudah diakses oleh para tamu undangan. Tidak hanya itu, lokasi menuju gedung arsip nasional juga dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Adapun alamat lengkap dari gedung ini yaitu di Jl. Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

  1. Lahan Parkir yang Luas

Selain mempunyai lokasi yang strategis. Gedung arsip nasional juga mempunyai lahan parkir yang sangat luas. Seperti yang kita ketahui, lahan parkir merupkan bagian yang penting dalam melancarkan acara pesta pernikahan. Dengan mempunyai lahan parkir yang luas, membuat tamu undangan tidak kesulitan dalam memarkirkan kendaraannya.

  1. Terdapat Area Indoor dan Outdoor

Keunggulan lainnya dari gedung pernikahan ini yaitu mempunyai dua lokasi yaitu indoor dan outdoor. Calon mempelai dapat mengexplore seluruh tempat dari gedung ini untuk membuat pesta pernikahan yang berkesan. Dari ruangan yang bernuansa eropa hingga taman yang cantik dapat digunakan sebagai tempat pesta pernikahan.

  1. Banyak Vendor Pernikahan

Jika anda ingin melangsungkan pesta pernikahan ditempat ini, anda juga tidak perlu memusingkan dalam menggunakan vendor pernikahan. Digedung pernikahan ini juga terdapat vendor yang sudah bekerja sama dengan pengelola gedung. Dari vendor catering, dekorasi, fotograpi pernikahan dan hiburan semua sudah tersedia di tempat ini. Dan anda tidak perlu khawatir dengan kualiatas vendor yang tersedia, karena pihak gedung mempunyai stardar yang baik dalam bekerja sama dengan pihak vendor.

Itu dia seputar informasi mengenai gedung arsip nasional yang sering dijadikan wedding venue.

Jika anda sedang membutuhkan make up artist untuk acara pernikahan, anda dapat menggunakan MUA Parasayu. MUA Parasayu sudah berpengalaman dalam merias pengantin adat maupun riasan pengantin nasional lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi MUA Parasayu  di nomor telepon/WA 0895404100004 atau mengunjungi website mua.parasayu.net.