20 Cara Berpacaran yang Baik

Bagaimana gaya berpacaran anda dengan pasangan? Apakah selalu romantis atau justru saling bertengkar? Atau anda tipe orang yang berpacaran santai dan mengikuti alur saja? semua jenis pacaran sebenarnya sah-sah saja dilakukan tergantung dengan pribadi yang menjalaninya, karena itu jadi cara membuktikan rasa sayang atau sebaliknya. Namun anda harus ingat, hanya pasangan yang menjalani pacaran dengan baik yang bisa melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan dengan lancar. Lantas bagaimana sih cara berpacaran yang baik? Berikut ada 20 cara berpacaran yang elok dan bisa anda terapkan dalam hubungan anda. Check this out!

Cara Berpacaran yang Baik Agar Awet Sampai Menikah

  1. Komunikasi Terbuka

Kunci dari suatu hubungan adalah komunikasi. Jika anda menjalani hubungan dengan komunikasi yang lancar satu sama lain, sudah pasti anda bisa menyelesaikan masalah dengan lebih baik. Cara berpacaran yang baik dapat ditandai dengan keberanian masing-masing pasangan untuk membahas hal sekecil apapun bersama pasangannya. Sudah seharusnya anda bisa mengkomunikasikan keputusan dalam hidup anda bersama pasangan, apalagi jika keputusan tersebut menyangkut hubungan kalian.

  1. Saling Percaya

Kepercayaan yang dimaksud disini tidak hanya berpaku pada pasangan akan bertindak setia, tidak selingkuh atau membohongi anda. kepercayaan disini juga menyangkut keyakinan anda bahwa pasangan anda adalah satu-satunya yang ada dalam hati anda dan pasangan anda tidak akan menyakiti anda baik secara mental maupun secara fisik.

  1. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu akan kehidupan satu sama lain akan membuat hubungan anda awet. Entah hal itu hanya hal sehari-hari seperti kegiatannya, keinginan membeli sesuatu, atau kesehatannya hingga rencana masa depan. Dengan memiliki rasa ingin tahu terhadap pasangan, anda tidak akan kehabisan bahan obrolan, tidak akan kehabisan bahan diskusi dan tidak akan mengalami kebosanan saat menjalani hubungan pacaran.

  1. Saling Menghargai

Cara berpacaran yang baik selanjutnya adalah dengan menghargai satu sama lain. Anda tidak boleh merasa paling superior dalam hubungan. Hargai setiap pendapat pasangan dan diskusikan dengan baik. Anda juga tidak bisa membatasi ruang gerak pasangan anda karena bagaimanapun, pasangan anda memiliki waktu untuk sendiri dan anda harus menghargai itu.

  1. Perasaan Cinta dan Sayang

Rasa bosan dan jenuh pasti ada dalam suatu hubungan. Untuk itu, cara berpacaran yang baik selanjutnya adalah dengan selalu memupuk rasa cinta dan kasih sayang agar tidak mati. Lakukan hal baru bersama dengan pasangan anda jika sudah merasa bosan. Pergilah liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi atau ikuti kegiatan seru yang baru bersama-sama.

  1. Kerja Sama

Kerja sama juga diperlukan loh untuk berpacaran sehat. Kerja sama dalam hal ini adalah anda harus saling mendukung pasangan terutama ketika kesulitan datang.

  1. Selesaikan Masalah dengan Baik

Ketika menjalani hubungan, anda juga tidak akan terlepas dari suatu masalah baik masalah kecil maupun masalah besar. Dalam menyelesaikan masalah, anda harus menggunakan kepala dingin, tidak melibatkan emosi dan bersabar. Jangan memaksakan kehendak atas keputusan yang akan diambil nantinya. Yang paling penting, jangan menunda untuk menyelesaikan masalah. Selesaikan masalah dengan baik, sesegera mungkin agar tidak berlarut-larut.

  1. Jangan Selalu Serius

Melakukan cara berpacaran yang baik tidak melulu soal keseriusan. Sesekali, buat lelucon dan lakukan sesuatu dengan santai. Terlalu serius akan membuat hubungan anda terasa kaku dan membosankan.

  1. Hargai ‘Me Time’

Menjalani hubungan pacaran, bukan berarti segala sesuatu dalam hidup harus melulu tentang pasangan. Menjadi manusia tetap membutuhkan waktu sendiri atau ‘me time’ agar bisa mengenal diri lebih baik. Untuk itu, anda juga perlu menyediakan waktu ‘me time’ bagi anda dan pasangan anda agar tidak mudah bosan.

  1. Membuat Masing-Masing Menjadi Lebih Baik

Cara berpacaran yang baik selanjutnya adalah mengarahkan pribadi anda menjadi pribadi yang lebih baik. Jika dengan berpacaran lantas anda menjadi pribadi yang lebih buruk dari sebelumnya, artinya ada yang salah dari hubungan anda. Menjalani hubungan sudah seharusnya membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Tidak Menuntut Pasangan

Untuk menciptakan hubungan yang baik, anda juga tidak boleh menuntut dan memaksakan kehendak anda pada pasangan. Menjadi pacarnya bukan berarti anda bisa mengatur hidupnya sesuai dengan apa yang anda mau. Meskipun seorang pacar, pasangan anda juga individu yang memiliki keinginan dan hasrat sendiri untuk mengatur hidupnya. Selama yang dijalani pasangan anda bukan sesuatu yang buruk dan menyimpang, anda harus selalu mendukungnya dan memberikan saran positif untuk pasangan.

  1. Dekat dengan Orang Terdekat

Dekat dengan orang terdekat yang dimaksud disini adalah, sudah seharusnya anda juga mengenal dan akrab dengan keluarga dan teman-teman dari pasangan anda. Tidak hanya itu, anda juga bisa mulai mendekati lingkungan kegiatan pasangan anda agar anda bisa mengenal dekat dan akrab dengan kehidupannya.

  1. Stop Umbar Kemesraan

Mengumbar kemesraan di publik atau di sosial media mungkin terlihat sepele dan hal biasa saat ini. Padahal, hal ini justru tidak baik untuk hubungan loh. Cara berpacaran yang baik adalah dengan menyimpan kenangan berdua bersama pasangan tanpa mengumbar sesuatu yang berlebihan. Mengumbar kemesraan bisa membuat orang iri dan berujung menghancurkan hubungan anda bersama pasangan.

  1. Jangan Membandingkan

Hal satu ini biasanya banyak menghancurkan hubungan pacaran. Membandingkan pasangan anda dengan mantan anda atau orang lain bisa menjadi pemicu kemarahan pasangan loh. Lagipula, tidak ada manusia yang suka dibanding-bandingkan. Jika ada sesuatu yang ingin anda perbaiki dari diri pasangan, katakan dengan jujur dan baik dan bukan dengan membandingkannya dengan orang lain.

  1. Kurangi Skinship

Menjadi seorang kekasih tidak lantas membuat anda memiliki pasangan anda seutuhnya loh. Selama belum mengikat janji pernikahan, pasangan anda adalah milik mereka sendiri dan keluarganya. Untuk itu, kurangi kegiatan yang melibatkan skinship berlebihan yang mungkin akan anda sesali di kemudian hari.

  1. Mengetahui Batasan

Saat berpacaran, anda juga harus mengerti batasan antar pasangan. Jangan terlalu mencampuri urusan yangs sebenarnya jauh dari pengaruh hubungan anda seperti masalah keluarga atau masalah dengan sahabatnya. Anda hanya perlu memberikan saran dan nasihat yang menurut anda perlu dilakukan.

  1. Menjaga Kesetiaan

Cara berpacaran yang baik selanjutnya adalah dengan menjaga kesetiaan. Tidak hanya menuntut kesetiaan dari pasangan anda, anda juga harus memiliki komitmen dengan diri anda sendiri bahwa anda bisa setia dan pasangan anda adalah satu-satunya yang ada di hati anda.

  1. Menjalani Hubungan Bersama

Untuk berpacaran dengan sehat, anda juga harus menjalani hubungan bersama. Tidak ada yang memimpin hubungan atau dipimpin dalam hubungan. Tidak ada yang mendominasi dan didominasi. Kedudukan masing-masing adalah sama dan saling mendukung.

  1. Apa Adanya

Bersikap apa adanya juga penting dalam menjalani hubungan. Walau bagaimanapun, pacaran adalah tahap pengenalan satu sama lain. Jika anda bersikap palsu dan tidak apa adanya, hubungan juga akan menjadi buruk ketika pasangan mengetahui kebenarannya bukan?

  1. Merencanakan Pernikahan

Cara berpacaran yang baik yang terakhir adalah dengan merencanakan pernikahan. Tidak harus langsung melakukannya dalam waktu dekat, yang penting ketika anda berpacaran anda bisa mengarah kepada tujuan akhir berupa pernikahan. Dengan memiliki tujuan akhir untuk menikah, anda akan lebih menghargai hubungan pacaran anda dan menjalaninya dengan lebih baik.

Nah itulah tadi 20 cara berpacaran yang baik dan menambah potensi untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius. Hubungan pacaran adalah hubungan yang digunakan untuk saling mengenal pasangan satu sama lain sebelum menjajaki keseriusan hubungan pernikahan. Semoga tips diatas dapat membantu!

mua parasayu