7 Format Kata Pengantar Proposal Usaha

Bagi Anda yang sering berkutat dengan penulisan laporan, pasti tidak asing dengan kata pengantar proposal usaha. Penulisan kata pengantar pada laporan atau kata pengantar makalah memiliki tata cara yang berbeda dengan penulisan kata pengantar pada proposal penelitian. Sebab, tujuan penulisan laporan ini adalah untuk membuat usaha pekerjaan, sehingga isi yang terdapat dalam kata pengantarnya mencakup ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang diajak bekerja sama mendirikan usaha. Berbeda dengan

  1. Kata Pengantar Proposal Usaha

Untuk mendirikan suatu usaha, Anda perlu membuat sebuah proposal yang menjelaskan secara rinci tentang usaha yang mau Anda bangun. Proposal usaha ini harus ditulis mengikuti sistematika penulisan proposal usaha pada umumnya. Apalagi proposal ini nantinya akan Anda berikan pada pihak yang bersangkutan dengan usaha Anda. Jangan lupa tuliskan kata pengantar pada bagian depan setelah sampul proposal agar proposal Anda tampak ditulis oleh seorang profesional.

  1. Kata Pengantar Proposal Bisnis

Penulisan proposal bisnis berfungsi untuk mengajukan rencana bisnis yang akan Anda bangun ke berbagai pihak yang terkait dengan bisnis Anda. Karena fungsi inilah, penulisannya pun harus rapi dan tertata. Baik dari segi bahasa maupun tata letak, Anda harus perhatikan dengan detail, termasuk kata pengantar yang Anda gunakan. Jangan asal-asalan saat menulis kata pengantar, karena tulisan Anda ini akan dibaca oleh rekan bisnis Anda.

  1. Kata Pengantar Proposal Kerjasama

Ketika Anda ingin mengajak kerjasama orang, entah itu secara bisnis atau bukan, etika yang benar adalah mengajukan proposal kerjasama. Tanpa proposal, bentuk kerjasama yang mau Anda jalin dengan orang lain akan ditolak mentah-mentah. Anda bakal dianggap tidak menghargai orang lain, apalagi bila pihak yang Anda ajak kerjasama adalah perusahaan-perusahaan besar. Makanya, perlu untuk membuat proposal yang lengkap beserta dengan kata pengantarnya.

  1. Kata Pengantar Proposal Pengajuan UMKM

Sama halnya dengan proposal bisnis, membuat proposal pengajuan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pun wajib menerapkan tata cara dan sistematika penulisan proposal yang tepat. Anda tidak boleh sembarangan saat menulisnya. Sebab, proposal yang Anda tulis ini nantinya akan diberikan ke pihak berwenang seperti perangkat daerah. Oleh sebab itu, tulis bagian-bagian dalam proposal Anda secara lengkap dari mulai sampul, kata pengantar, pembukaan, isi, dan sebagainya.

  1. Kata Pengantar Proposal MoU

Proposal ini biasanya dibuat saat Anda ingin menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan. Entah itu kerjasama dalam bentuk pemasangan iklan, donatur usaha, dan lain sebagainya. Fungsi proposal MoU ini sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan usaha atau acara yang Anda buat. Makanya, proses penggarapan proposalnya pun harus dikerjakan secara serius agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

  1. Kata Pengantar untuk Proposal Usaha Franchise

Jenis usaha ini sedang berkembang pesat dan banyak penggemarnya. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda dengan cara yang cepat dan minim risiko, Anda bisa membuat proposal usaha franchise ini.

  1. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha yang Singkat

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME, karena berkat pertolongannya kami dapat menggagas suatu usaha yang diharapkan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor, dan masyarakat luas.

  1. Cuwi Snack adalah nama yang kami buat untuk usaha yang bergerak dalam bidang produksi makanan ringan ini.

Kami sangat berterima kasih pada seluruh pihak yang telah memberi dukungan, saran, dan kritikan-kritik yang membangun usaha ini menjadi lebih baik lagi.

Bandung, 11 Januari 2020

pop up mua parasayu 02